Lompat ke konten
Home » Blog » Flora dan Fauna » 15 Hewan Dengan Mata Paling Tajam yang Memiliki Penglihatan Super

15 Hewan Dengan Mata Paling Tajam yang Memiliki Penglihatan Super

15 Hewan Dengan Mata Paling Tajam yang Memiliki Penglihatan Super – Setiap hewan yang ada di dunia memiliki keunikan dan kemampuan yang berbeda. Tentu kemampuan ini disesuaikan dengan cara hidup mereka, seperti untuk berburu maupun bertahan hidup.

Ada hewan yang memiliki pendengaran luar biasa, kecepatan menakjubkan, hewan yang mengeluarkan bau untuk melindungi diri, atau bahkan hewan bermata tajam yang mempunyai penglihatan super.

Seperti beberapa hewan dengan mata paling tajam yang memiliki penglihatan super berikut, dikutip dari PetsLicious:

1. Elang Botak (Bald Eagle)

Elang Hewan Dengan Mata Paling Tajam yang Memiliki Penglihatan Super

Hewan bermata paling tajam dalam daftar ini adalah Elang botak, alias Bald Eagle.

Para ahli berpendapat bahwa elang botak termasuk hewan yang memiliki mata tajam. Bahkan, ketajaman pandangannya bisa sampai 7-8 kali lebih baik dari manusia.

Burung paling berbahaya ini mempunyai mata tajam yang berguna untuk memburu mangsa di darat maupun di air. Meskipun beberapa mangsanya dapat berkamuflase dengan baik, namun elang dapat tetap melihat mereka dari ketinggian.

Penglihatan yang sangat baik ini diperoleh karena hampir sebagian besar tengkorak elang diisi oleh mata. Selain itu, burung ini memiliki pandangan binokular, yang artinya mereka dapat melihat berbeda dengan kedua matanya.

Setiap mata memiliki dua titik fokus, yang disebut fovea. Mereka diatur sehingga satu fovea diarahkan ke depan, dan fovea lainnya diarahkan pada suatu sudut. Ini memungkinkan burung untuk melihat ke dua arah secara bersamaan.

Kepadatan sel saraf di bagian belakang mata, retina, sangat tinggi. Elang juga dapat menjaga kepala mereka tidak bergerak untuk sementara waktu, berkonsentrasi pada objek, yang membantu mereka mendapatkan gambaran yang jelas.

Yang lebih menakjubkan lagi, Elang dapat melihat warna standar, serta dalam spektrum sinar ultraviolet.

2. Katak

Katak hewan bermata paling tajam

Hewan bermata tajam selanjutnya dalam daftar adalah katak. Mata katak yang besar, tidak cuma sebagai estetika saja, tetapi sangat berguna dalam beberapa hal.

Pertama, karena amfibi ini menghabiskan banyak waktu di dalam air yang penuh kotoran, sehingga ia memerlukan perlindungan untuk matanya.

Katak memiliki tiga kelopak mata, dua kelopak mata transparan dan satu kelopak mata semi transparan.

Membran semitransparan ini dikenal sebagai membran nictitating. Ia bisa menutup sepenuhnya sehingga mata katak dapat terlindung saat ia di dalam air.

Posisi mata katak juga memberikan bidang pandang yang lebih baik.

Matanya terletak di atas sisi kepala mereka, sehingga mereka mendapatkan tampilan 360 derajat penuh. Bahkan, katak dapat melihat apa yang terjadi di luar saat terendam air.

3. Hiu Martil

Hiu-Martil

Hiu martil merupakan ikan berbahaya dengan tampilan unik. Ia memiliki bentuk kepala yang cukup aneh namun menarik. Berbentuk seperti palu pipih dengan mata terbuka lebar.

Namun dibalik keanehan bentuk kepalanya tersebut, ternyata sangat membantu dalam soal penglihatan.

Hal tersebut menjadikan hiu martil sebagai hewan dengan mata paling tajam diantara jenisnya.

Pandangan mata yang begitu luas memberikan hiu martil penglihatan terbaik untuk berburu mangsa, serta persepsi kedalaman yang luar biasa seperti manusia.

Selain hiu martil yang memiliki pandangan menakjubkan, jenis lainnya yaitu Hiu Greenland termasuk hewan yang berumur panjang.

Beberapa hal uni tentang hiu bisa Anda baca di: Fakta Ikan Hiu

4. Kambing

Kambing

Apakah pupil Kambing yang berbentuk persegi panjang tampak aneh bagi Anda? Anda mungkin menjawab YA! Karena memang bentuknya aneh.

Tetapi, bentuk yang aneh tersebut justru memberikan keuntungan tersendiri dalam soal penglihatan.

Untuk hewan yang merumput seperti kambing, penglihatan terbaik adalah kekuatan yang paling diinginkan. Sebab, bagi hewan penggembala seperti kambing, peluang terjadinya serangan dari hewan predator lebih tinggi.

Pupilnya yang berbentuk persegi panjang, memberikan Kambing penglihatan panorama yang detail, yang membantu mereka mendeteksi bahaya dari kejauhan.

Selain itu, perputaran mata yang efektif dapat membantu kambing mendeteksi gerakan aneh di sekitarnya.

Dengan begitu, Kambing punya cukup waktu untuk melarikan diri dari hewan pemangsa.

5. Cheetah

Cheetah Hewan Dengan Mata Paling Tajam yang Memiliki Penglihatan Super

Pemangsa ini terkenal ulung dalam mendapatkan buruannya. Wajar saja, itu karena cheetah merupakan salah satu hewan bermata tajam. Bahkan, mereka memiliki pandangan yang sangat baik meskipun sedang berlari.

Karena lokasi mata Cheetah, pemangsa ini memiliki penglihatan binokular. Cheetah dapat melihat mangsa yang terletak hingga 5 km jauhnya.

Untuk mendukung penglihatan selama pengejaran, cheetah memiliki struktur tambahan di daerah vestibular. Itulah yang membantu mereka menjaga kepala tetap lurus dan tetap fokus pada suatu objek.

Garis air mata Cheetah menyerap sinar matahari dan melindunginya agar tidak dibutakan oleh cahaya terang.

Salah satu alasan mengapa cheetah dijuluki sebagai hewan dengan penglihatan terbaik, ialah karena karena kucing besar ini memiliki kepadatan sel fotoreseptor tertinggi di retina mereka, ketimbang kerabat mereka yang lain.

Namun sayangnya, Cheetah memiliki penglihatan yang buruk pada malam hari. Tapi itu tidak masalah, karena Cheetah memang bukan hewan yang aktif pada malam hari.

Baca Juga: 10 Hewan Paling Lucu dan Imut yang Menggemaskan

6. Tokek

Tokek

Hewan bermata tajam selanjutnya adalah tokek. Ada sekitar 1.500 jenis tokek yang hidup di daerah beriklim hangat di dunia.

Kebanyakan tokek aktif di malam hari (nokturnal).

Untuk beradaptasi dengan gaya hidup ini, tokek diberkahi penglihatan terbaik yang mengagumkan.

Tepatnya, mata mereka 350 kali lebih sensitif daripada ambang penglihatan manusia dan penglihatan warna.

Bahkan, mereka dapat melihat warna dalam cahaya redup dengan kualitas luar biasa. Itu bukanlah kemampuan yang dimiliki bagi kebanyakan satwa.

Baca Juga: 7 Hewan Lucu Tapi Berbahaya yang Sebaiknya Tidak Diganggu

7. Capung

Capung hewan bermata tajam

Salah satu hal menakjubkan tentang capung adalah matanya yang besar dan bulat. Dibalik keindahan bentuknya, serangga ini ternyata juga menyimpan kemampuan yang luar biasa.

Setiap mata capung terbuat dari 30.000 segi dan ditempatkan ke arah yang berbeda.

Hasilnya adalah penglihatan 360 derajat yang luar biasa. Ini memungkinkan capung untuk mendeteksi gerakan sekecil apa pun di lingkungan mereka.

Binatang ini juga dapat mendeteksi UV dan cahaya terpolarisasi yang berada di luar spektrum visual manusia. Semua keunggulan ini sangat berperan untuk navigasi capung.

Baca Juga: Burung Terbesar di Dunia, Salah Satunya Berasal dari Indonesia

8. Ular Derik

Ular Derik

Hewan bermata tajam selanjutnya dalam daftar ini ialah ular derik.

Berbeda dari hewan lain yang memiliki pandangan luar biasa, ular derik dapat mendeteksi mangsanya dengan panas (termal).

Biasanya, ular memiliki penglihatan yang relatif buruk dibandingkan dengan kadal, burung, dan mamalia. Namun, mereka memiliki keunggulan, yaitu visi inframerah yang berkembang dengan baik.

Penglihatan inframerah ular derik dianggap salah satu yang terbaik karena hal berikut:

  • Ular berbisa, seperti ular beludak lainnya, memiliki apa yang disebut organ pit yang terletak di antara mata dan lubang hidung.
  • Setiap organ pit mengandung membran dengan beberapa reseptor suhu yang sangat sensitif.
  • Organ ini memiliki struktur yang mirip dengan kamera lubang jarum.
  • “Lubang jarum” pada kamera visual cukup besar sehingga mencakup banyak titik termal.
  • Informasi dari organ pendeteksi panas dan informasi visual murni diintegrasikan ke dalam struktur saraf tertentu yang disebut tektum optik.
  • Gambar terintegrasi yang diperoleh bahkan dapat lebih detail dan akurat daripada gambar yang diperoleh dengan bantuan penglihatan mamalia biasa.

9. Burung Hantu

Burung Hantu

Burung Hantu juga merupakan hewan dengan penglihatan terbaik. Matanya yang bulat besar dan menghadap ke depan, begitu menjadi daya tarik burung malam ini.

Burung malam ini memiliki ketajaman visual yang tinggi, menurut beberapa sumber, sekitar 100x lebih tajam dari manusia. Mereka juga dapat melihat mangsa potensial sekitar 500 meter jauhnya.

Penempatan mata burung hantu memberikan keuntungan besar bagi mereka, seperti penglihatan binokular yang baik atau kemampuan untuk melihat objek dengan kedua mata dengan persepsi kedalaman yang luar biasa.

Untuk hewan atau burung dengan mata di sisi kepalanya, tidak akan mendapatkan visi sebagus ini.

Anehnya, alih-alih memiliki bola mata, mata burung hantu justru berbentuk seperti tabung.

Dan juga, mata mereka tidak bisa digerakkan seperti mata kita. Tapi, mereka bisa memutar kepalanya 270 derajat ke kiri dan ke kanan. Dengan demikian, burung hantu mendapatkan penglihatan yang jauh lebih luas.

Untuk beradaptasi dengan kehidupan nokturnal, burung hantu juga memiliki penglihatan malam yang sangat baik, itu berkat jutaan batang retina yang peka cahaya.

Kemampuan visi yang mengagumkan ini sangat membantunya dalam berburu mangsa di malam hari, terutama mangsanya yang lebih kecil.

Meskipun burung hantu aktif di malam hari, kepekaan visual mereka dalam gelap kira-kira 2,2 kali lebih signifikan daripada penglihatan manusia karena pupil yang lebih besar.

Baca Juga: Burung Paling Cantik di Dunia

10. Gurita

Gurita Hewan Dengan Mata Paling Tajam yang Memiliki Penglihatan Super

Selain dikenal sebagai hewan yang cerdas, ternyata gurita merupakan salah satu hewan bermata tajam dengan visi yang mengagumkan.

Gurita sangat baik dalam hal kamuflase dan merupakan predator yang efektif. Itu berarti mereka juga memiliki penglihatan yang baik di bawah air dengan segudang fitur pendukungnya.

Mata gurita relatif lebih besar dan bisa mencapai diameter hingga 20 mm. Mereka juga memiliki mata bilik tunggal dengan lensa bulat. Retina gurita terbalik dan memiliki fotoreseptor yang lebih sederhana dibandingkan dengan vertebrata.

Fotoreseptor dalam gurita adalah struktur yang memungkinkan hewan untuk mendeteksi cahaya terpolarisasi.

Mata Gurita bergerak secara independen, memiliki penglihatan binokular kecil dan bidang visual terpisah yang besar untuk setiap mata.

Meskipun Gurita buta warna, tetapi kemampuannya untuk mengubah bentuk pupil dan iris serta struktur fotoreseptor memungkinkan mereka untuk melihat cahaya terpolarisasi dan membedakan perubahan warna.

11. Bunglon

Bunglon hewan bermata tajam

Bunglon, sangat terkenal dengan kemampuan adaptasi dengan mengubah warnanya menyerupai lingkungan sekitar (mimikri). Tapi tidak hanya itu, sistem visual mereka juga sama menakjubkannya.

Reptil ini dapat menggerakkan matanya secara mandiri. Artinya, mereka dapat fokus pada dua objek berbeda dalam dua arah berbeda pada waktu yang sama.

Kekuatan mata bunglon yang luar biasa ini memberikannya penglihatan 360 derajat. Bunglon juga dapat fokus pada objek dengan kecepatan luar biasa.

12. Udang Mantis

Udang Mantis

Selanjutnya dalam daftar hewan bermata paling tajam ialah udang mantis. Udang mantis memiliki sistem visual paling fantastis di dunia hewan.

Manusia, memiliki tiga reseptor warna, tetapi krustasea yang tidak biasa ini memiliki 12 reseptor warna berbeda.

Hal itu membuat udang mantis dapat melihat lebih banyak warna yang tidak bisa kita lihat.

Mata indah udang mantis juga dapat berputar secara mandiri ke arah yang berbeda pada waktu yang sama.

Kapasitas rotasi mata berukuran hingga 70 derajat, sehingga memberikan udang laut ini penglihatan terbaik yang lebih luas.

Selain itu, udang mantis juga dapat mendeteksi inframerah, U.V, dan cahaya terpolarisasi.

13. Ikan Sumpit (Archer Fish)

Hewan Dengan Mata Paling Tajam yang Memiliki Penglihatan Super Ikan Sumpit

Ikan sumpit adalah ikan kecil berwarna perak dengan garis hitam yang membalut tubuhnya. Mereka hidup di air payau di kawasan Indo-Pasifik, terutama di hutan bakau dan muara sungai.

Archerfish memiliki strategi berburu yang unik, di mana ia menembak mangsanya dengan aliran air, bisa dibilang “meludah” ke arah mangsanya. Untuk melakukan hal ini, tentunya ikan sumpit harus memiliki pandangan yang baik untuk melihat keluar air.

Tidak semua hewan dapat memiliki penglihatan yang baik di dalam maupun di luar air. Tetapi si ikan sumpit ini memiliki keduanya.

Mata archerfish dapat mendeteksi mangsa kecil di luar air dengan latar belakang yang kompleks, dengan daun dan benda lainnya. Ini yang kebanyakan hewan air lain tidak memilikinya.

Ada berbagai jenis fotoreseptor dengan sensitivitas yang berbeda di berbagai area mata ikan archerfish, sehingga membuatnya mampu membedakan objek di udara dan di bawah air.

Ikan sumpit memiliki resolusi visual yang sangat tinggi. Mereka memiliki area tertentu, area centralis, yang membantunya memproses gambar dalam resolusi tinggi.

Ketajaman archerfish adalah 3,5 siklus per derajat. Sebagai perbandingan, ketajaman spesies ikan lain kurang dari 1-2 siklus per derajat.

14. Kupu-kupu Segitiga Biru

Kupu-kupu Segitiga Biru

Siapa sangka hewan cantik ini memiliki mata yang tajam. Secara umum, kupu-kupu memiliki penglihatan warna yang berkembang dengan baik karena mereka mengandalkan bunga untuk makanannya.

Namun, common bluebottle butterfly asal Australia ini memiliki pandangan yang lebih baik daripada kerabatnya yang lain.

Beberapa hal yang membuat kupu-kupu segitiga biru ini menjadi hewan bermata tajam. Di antaranya:

  • Ommatidia kupu-kupu masing-masing memiliki sembilan sel reseptor.
  • Setiap ommatidia memiliki sifat yang berbeda dan mengandung pigmen yang berbeda.
  • Semua fotoreseptor dalam kupu-kupu ini dapat diklasifikasikan menjadi enam kelas: merah, biru, hijau, sinar ultraviolet, ungu, dan biru-hijau.
  • Ada total 15 jenis fotoreseptor di kelas-kelas tersebut.
  • Karena kupu-kupu memiliki mata dengan setidaknya tiga jenis ommatidia dan 15 jenis fotoreseptor yang berbeda, kemampuan serangga ini untuk mendeteksi corak warna dan sifat sangat berkembang dengan baik.

15. Ikan Bermata Empat

Bagaimana tidak ikan ini memiliki penglihatan yang baik? Matanya saja empat!

Ikan kecil bermata empat yang hampir transparan ini hidup di daerah tropis Amerika, seperti Meksiko selatan hingga Honduras dan Amerika Selatan bagian utara. Mereka menghuni sungai-sungai dan air payau.

Ikan ini memiliki mata yang terangkat di bagian atas kepala, dan dibagi menjadi dua bagian yang berbeda, sehingga mereka dapat melihat di bawah dan di atas permukaan air pada saat yang bersamaan.

Beberapa fakta menakjubkan tentang ikan bermata empat ini:

  • Mata ikan ini besar dan menonjol.
  • Pupil di setiap mata terbagi, sehingga seolah-olah ikan memiliki empat mata, bukan dua.
  • Ada “papan” tulang yang tidak lengkap di orbit tengkorak ikan yang membagi mata menjadi dua.
  • Pupil dan kornea di mata diduplikasi.
  • Ada fotoreseptor yang berbeda di bagian atas dan bawah mata yang terbagi.
  • Bagian atas mata disesuaikan untuk melihat di atas air, sedangkan bagian bawah disesuaikan dengan penglihatan bawah air.

Menakjubkan bukan, daftar hewan dengan mata paling tajam yang memiliki penglihatan super di atas? Sungguh kekuasaan Sang Pencipta tak ada tandingannya!