Lompat ke konten
Home » Blog » Ikan Hias » Ikan Sumpit: Panduan Pemeliharaan dan Cara Berburunya yang Unik

Ikan Sumpit: Panduan Pemeliharaan dan Cara Berburunya yang Unik

Cara Memelihara ikan sumpit

Ikan Sumpit: Panduan Pemeliharaan dan Cara Berburunya yang Unik – Seperti namanya, ikan sumpit alias ikan pemanah (archer fish), merupakan ikan air tawar yang unik, di mana mereka memiliki kemampuan untuk menembak mangsanya dari air.

Umumnya buruannya adalah serangga yang ada di atas air. Ikan pemanah ini menembak dengan air yang kekuatannya sanggup merobhokan mangsa hingga jatuh ke air, lalu kemudian memakannya.

Di samping membidik mangsa dengan tepat dan kuat, terkadang ikan ini juga bisa melompat jika mangsanya berada cukup dekat dari permukaan air.

Volume tembakan yang dihasilkan ikan sumpit biasanya bergantung pada ukuran tubuhnya. Semakin besar ikan, maka semakin banyak semburan air yang bisa dihasilkannya.

Ikan air tawar ini suka mendiami daerah teduh yang memiliki tanaman yang menggantung di dekat permukaan air.

Jika memeliharanya dengan baik, archer fish dapar hidup sampai 10 tahun lamanya. Panjangnya bisa mencapai 30 cm di alam liar, sedangkan di aquarium atau kolam kemungkinan hanya 12 sampai 18 cm saja.

Habitat Alami Ikan Sumpit

Habitat alami ikan sumpit banyak ditemui di India, Filipina, Australia, Polinesia dan Thailand. Mereka lebih suka di area peraiairan yang gelap, di mana ikan ini akan lebih mudah menyerang mangsa karena tak terlihat dari atas air.

Ikan pemanah ini suka mendiami perairan yang banyak tanaman menggambang di permukaan air. Namun kadang-kadang ikan juga suka berenang ke laut terbuka yang tak jauh dari sungai.

Ciri Fisik Ikan Sumpit

Secara fisik, ikan sumpit ini memiliki tubuh memanjang yang tampak agak pipih, dengan bagian kepala agak meruncing di sekitar mulut.

Tidak seperti kebanyakan ikan lain, sirip punggung ikan pemanah ini terletak lebih jauh ke belakang dan ekornya membulat dengan sempurna.

Secara ukuran, archer fish dapat tumbuh sampai 30 cm di alam liar, dan di media perawatan bisa tumbuh sekitar 18 cm saja.

Ada berbagai spesies ikan pemanah dan setiap spesies memiliki pola tubuh yang unik. Umumnya archer fish memiliki tubuh yang tampak keperakan dengan warna seperti emas di punggungnya, dengan empat hingga enam garis yang membentang vertikal di tubuhnya.

Kebiasaan Ikan

Ikan sumpit suka berenang secara bergerombol. Biasanya mereka berkelompok lebih dari 5 ekor dalam satu kawanan, dan bahu-membahu mencari mangsa. Dalam satu kelompok umumnya terdiri dari ikan yang ukurannya sama besar.

Selain serangga, kawanan ikan sumpit ini juga berburu ikan-ikan kecil.

Karena kawanan archer fish suka berada di permukaan air, maka mereka begitu rentan terhadap serangan pemangsa dari udara. Namun mereka cukup lihai untuk bersembunyi dari burung-burung pemangsa.

Cara Memelihara Ikan Sumpit

iKAN SUMPIT

Bicara soal perawatan, tentu Anda harus menyiapkan media pemeliharaan yang ideal, makanan, tank mates, maupun parameter air yang ideal. Mari kita bahas lebih dalam mengenai cara memelihara ikan sumpit!

Media Pemeliharaan

Pada dasarnya, archer fish bisa Anda pelihara di aquaruim maupun kolam. Jika di aquarium, Anda perlu menyediakan aquarium yang berukuran 1 meter lebih, atau yang memuat setidaknya 110 galon air. Kalau memeliharanya di kolam, ukurannya bisa lebih besar lagi.

Anda dapat menyediakan tanaman air agar menyerupai habitat alaminya. Ini juga berfungsi sebagai tempat berlindung bagi ikan.

Dari segi pencahayaan, mereka tidak butuh cahaya yang terik. Anda bisa memberikan lampu redup hingga sedang.

Untuk arus dalam aquarium, mereka bisa Anda berikan arus rendah. Jadi itu akan membuat air dalam aquarium bergerak dengan tenang.

Sedangkan untuk substrat, Anda bisa beri pasir halus atau bebatuan. Pada dasarnya si pemanah ulung ini tidak akan berinteraksi dengan substrat, karena mereka tipe ikan menengah dan permukaan.

Parameter Air Ideal

Dalam cara memelihara ikan sumpit, Anda perlu memperhatikan paramater air yang baik. Idealnya, kondisi air tersebut setidaknya mirip dengan habitat alaminya.

Sediakanlah air dengan suhu 22 sampai 28 derajat Celcius. Sebenarnya sangat cocok dengan kondisi air di Indonesia yang bersuhu tropis.

Tingkat keasaman bisa Anda pertahankan di pH 6,0 – 7,5.

Baca Juga:

Makanan Ikan Sumpit

Urusan makanan, archer fish lebih memelih makanan yang berprotein alias daging-dagingan. Mereka pada dasarnya lebih suka berburu mangsa ketimbang hanya diam saja dan menunggu jam makan.

Jika memeliharanya di aquarium, Anda bisa beri makan ikan sumpit berupa:

  • Krustasea (Udang-udangan)
  • Serangga
  • Ikan yang lebih kecil
  • Laba-laba
  • Jangkrik
  • Ulat

Tank Mates

Berhubung archer fish adalah ikan pemangsa atau predator, sehingga ide buruk jika menggabungkannya dengan ikan-ikan kecil.

Anda bisa mencampurnya dengan ikan damai lain, asalkan ukurannya sama besar atau lebih besar darinya.

Hati-hati juga, ikan pemanah bisa sangat agresif jika dipelihara hanya sendiri. So, ada baiknya kalau Anda memelihara ikan sumpit lebih dari seekor, 4-5 ekor dalam satu akuarium akan membuat ikan ini lebih nyaman dan tidak agresif.

Nah, itulah sekilas mengenai ikan sumpit dan bagaimana cara memelihara ikan pemanah ini dengan baik dan benar. Semoga meanambah wawasan Anda!