Home » Blog » Ikan Hias » Electric Blue Acara: Panduan Pemeliharaan Lengkap

Electric Blue Acara: Panduan Pemeliharaan Lengkap

Electric Blue Acara

Electric Blue Acara: Panduan Pemeliharaan Lengkap – Sesuai dengan namanya, electric blue acara memiliki warna khas biru elektrik yang begitu kontras dengan ikan-ikan lain di aquarium.

Karena kecantikannya itulah, cichlid ini menjadi favorit para penghobi untuk memeliharanya di aquarium.

Selain itu, electric blue acara juga termasuk salah satu jenis ikan air tawar yang gampang dipelihara, sehingga pemula sekali pun dapat merawat ikan ini.

Di samping mudah pemeliharaanya, cichlid ini pun relatif kuat dan mampu bertahan hidup hingga 10 tahun dengan perawatan yang baik.

Dikenal dengan nama ilmiah andinoacara pulcher hybrid, ikan ini merupakan variasi buatan manusia yang mulanya berasal dari blue acara atau acara biru biasa.

Sedangkan blue acara sendiri berasal dari Kolombia, Venezuela, maupun negara-negara Amerika Selatan lainnya.

Jika berencana ingin membeli ikan hias cantik ini, sebaiknya baca dulu panduan cara memelihara ikan electric blue acara berikut ini!

Ciri Fisik

Warna-warni biru elektrik dari electric blue acara adalah salah satu warna terindah yang dapat Anda temukan pada ikan akuarium air tawar.

Selain itu, garis-garis cantik juga membalut tubuh ikan ini, mulai dari oranye, cokelat, hitam sampai abu-abu.

Mereka memiliki warna sirip yang sama dengan sirip di punggungnya. Sirip punggung mereka dilengkapi dengan duri tajam yang berfungsi untuk melindungi diri dari mangsa.

Bentuk tubuhnya agak lonjong, terlihat seperti ikan gempal montok dan kekar.

Jika Anda lihat sekilas, andinoacara pulcher hybrid ini hampir sama dengan cichlid lainnya, seperti ikan green terror, hanya saja ikan ini memiliki warna unik yang menonjol.

Dari segi ukuran, ikan ini bisa mencapai ukuran 12 sampai 18 cm.

Perilaku Ikan

Ikan dari jenis cichlid biasanya memiliki perilaku yang agresif, tetapi tidak dengan electric blue acara.

Ikan ini jarang menunjukkan perilaku agresif dan hampir selalu rukun dengan ikan lain dari berbagai ukuran, tetapi kadang-kadang akan bertindak teritorial jika tidak ada cukup ruang di akuarium (terutama jantan).

Untuk mencegah ikan bertindak teritorial, maka Anda perlu menyiapkan aquarium yang lebih luas, serta menambahkan tempat persembunyian untuk ikan.

Tapi meskipun banyak tempat untuk bersembunyi, electric blue acara tidak akan selalu “ngumpet”.

Mereka termasuk perenang yang cukup aktif, artinya mereka bukanlah ikan pemalu.

Selain termasuk ikan yang cukup ramah, cichlid ini juga merupakan ikan penggali. Mereka suka menggali substrat!

Kondisi Aquarium Ideal

Berhubung si andinoacara pulcher hybrid adalah penggali yang ulung, maka Anda perlu menyediakan substrat berupa pasir lembut. Ini bertujuan agar tidak terjadi luka saat cichlid ini sedang asik menggali.

Sebagai dekorasi dan bertujuan untuk meniru habitat alami, Anda dapat menambahkan vegetasi lebat dalam aquarium. Tetapi tetap sediakan ruang terbuka agar electric blue acara bisa berenang tanpa hambatan.

Anda juga dapat menambahkan bebatuan maupun kayu-kayu agar kondisi aquarium semakin mirip dengan habitat aslinya.

Untuk rekomendasi ukuran aquarium ideal, Anda bisa menyediakan aquarium yang bisa menampung setidaknya 30 galon, atau aquarium yang berukuran 91.4 x 30.5 x 40.6 cm.

Suhu air bisa Anda jaga di 22 derajat Celcius, sampai 30 derajat Celcius. Cocok dengan suhu air di Indonesia. KH 0 – 10, dan pH 6,0 – 7,2.

Baca Juga:

Makanan Electric Blue Acara

Cichlid cantik ini merupakan ikan omnivora, namun mereka lebih suka makanan berdaging yang mengandung protein tinggi.

Anda bisa memberinya pakan buatan seperti pelet, namun jangan lupakan pakan alami dan sayur-sayuran.

Beberapa makanan yang cocok untuk electric blue acara seperti:

  • Pelet
  • Udang laut/tawar
  • Kubis rebus
  • Kacang rebus
  • Tubifex
  • Cacing tanah
  • Larva serangga
  • Bayam rebus
  • Cacing beku

Berikanlah pakan sebanyak 3 sampai 4 kali per hari. Namun jika Anda tidak sempat, 2 kali sehari pun sudah cukup.

Perlu Anda perhatikan, jangan pernah memberi makan ikan secara berlebihan, karena benar-benar tidak ada manfaatnya!

Tank Mates

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, meskipun termasuk jenis cichlid, tetapi electric blue acara termasuk ikan damai, sehingga mereka hampir cocok dengan semua ikan. Kecuali ikan besar agresif dan predator.

Mereka pun cukup akur dengan sesama jenisnya. So, Anda tak perlu khawatir terjadi perkelahian, selama Anda memberikan ruang yang cukup.

Andinoacara pulcher hybrid biasanya tidak agresif atau teritorial, tetapi mereka mungkin mengejar ikan lain jika merasa ada yang mengganggu wilayah mereka, atau jika sedang musim kawin.

Hal ini biasanya dapat dihindari jika Anda memastikan terdapat cukup ruang, tanaman air, bebatuan, dan tempat persembunyian.

Baca Juga:

Kesimpulan Cara Memelihara Electric Blue Acara

Cara memelihara ikan electric blue acara sebenarnya relatif mudah, bahkan cocok untuk pemula sekali pun.

Selain mudah perawatannya, ikan ini pun termasuk ikan kuat yang mampu beradaptasi dengan kondisi air yang tidak terlalu baik. Tetapi menjaga kondisi air tetap ideal sangatlah disarankan.

Tidak seperti cichlid lainnya yang cenderung agresif, jenis ini termasuk yang damai. So, mereka cocok untuk ditempatkan di aquarium komunitas, maupun dipelihara dengan sesama jenisnya.

Secara tampilan, tak usah diragukan lagi, andinoacara pulcher hybrid termasuk salah satu ikan cichlid yang sangat cantik, terutama dari segi warna.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk memelihara electric blue acara?