Home » Blog » Ikan Hias » Ikan Jack Dempsey Cichlid: Panduan Pemeliharaan Lengkap

Ikan Jack Dempsey Cichlid: Panduan Pemeliharaan Lengkap

Electric Blue Jack Dempsey
Electric Blue Jack Dempsey

Ikan Jack Dempsey Cichlid: Panduan Pemeliharaan Lengkap – Terdapat banyak pilihan ikan predator yang dapat menghuni aquarium air tawar, salah satunya adalah jack dempsey. Simak terus bagaimana cara memelihara ikan jack dempsey cichlid berikut ini!

Mengenal Jack Dempsey

Sebelum masuk ke tahap pemeliharaan, mari kenalan dulu dengan si jack dempsey…

Ikan Jack Dempsey adalah spesies ikan menarik yang habitat alaminya berada di Amerika Utara dan Amerika Tengah. Terutama di Honduras, Meksiko selatan, Amerika Serikat dan ditemukan juga di Australia. Namun kini sudah populer di seluruh dunia sebagai penghuni aquarium penghobi.

Di habitat alaminya, ia mendiami perairan tenang seperti rawa dan dasar sungai berlumpur atau berpasir. So, kalau Anda mau memeliharanya di aquarium, maka Anda bisa menciptakan kondisi ideal mirip habitat alaminya.

Jack Dempsey memiliki nama ilmiah Rocio octofasciata, termasuk dalam famili Cichlidae. Seperti keluarga cichlid kebanyakan, ikan ini bisa bertindak agresif terhadap penghuni tank lainnya.

Jika dirawat dengan baik, si jack dempsey dapat menemani hidup Anda selama 8 sampai 10 tahun ke depan. Sedngkan ukurannya rata-rata mencapai 25 sampai 38 cm.

Dari segi ukuran, ikan jantan umumnya lebih besar daripada betina.

Penampilannya jika dilihat sekilas mirip ikan green terror atau ikan louhan. Yups, itu karena memang masih satu keluarga.

Jenis-jenis Jack Dempsey

Ikan dengan nama latin Rocio octofasciata memiliki beberapa jenis warna. Di antaranya Jack Dempsey merah muda, Jack Dempsey merah muda elektrik, Jack Dempsey platinum, Jack Dempsey kuning, biru elektrik (electric blue jack dempsey), dan bahkan ada kemungkinan Albino!

Warna ikan Jack Dempsey dapat berubah-ubah tergantung pada suasana hatinya. Umumnya hal ini dipengaruhi oleh stres serta usia ikan.

Karakteristik

Rata-rata ikan jack dempsey memiliki tempramen yang cukup agresif khas ikan cichlid. Terlebih, mereka juga tipe ikan yang teritorial.

Perhatikan saja namanya “Jack Dempsey”!

Nama tersebut seperti nama petinju di tahun 1920-an. Ya, nama tersebut memang menggambarkan ikan jack dempsey ini.

Di akuarium, ikan agresif ini suka berada di bagian belakang maupun tengah aquarium. Artinya mereka tidak terlalu suka tampil di depan Anda.

Meskipun jenis ikan teritorial, bukan berarti jack dempsey tidak bisa hidup berdampingan. Ia dapat berdampingan dengan ikan yang sejenis.

Dengan memberikan banyak tempat persembunyian di aquarium, akan membuat perilaku teritorial jack dempsey agak mereda.

Baca Juga: Cara Memelihara Yellow Electric Cichlid

Cara Memelihara Ikan Jack Dempsey

Setelah mengenal ikan cichlid ini, sekarang kita akan masuk ke cara memelihara ikan jack dempsey di aquarium.

Kondisi Akuarium

Untuk membuatnya bahagia, maka Anda bisa setting aquarium seperti pada habitat alaminya.

Anda bisa menjaga air tetap pada kondisi tropis, menyediakan bebatuan untuk tempat bersembunyi, dan substrat berpasir.

Agar menambah kesan alami, Anda juga bisa menambahkan akar-akaran maupun tanaman air.

Ukuran aquarium minumum untuk memelihara ikan jack dempsey adalah 121.9 x 33 x 50.8. Lebih besar lebih baik, apalagi kalau Anda memeliharanya lebih dari seekor.

Pertahankan suhu air di 22 sampai 30 ºC, dengan tingkat keasaman 7.0 sampai 7.5 dan kekerasan di 9-20 dGH.

Makanan Jack Dempsey

Jack dempsey termasuk ikan karnivora, yang berarti mereka akan makan daging-dagingan untuk bertahan hidup.

Hampir semua jenis daging dapat dilahap oleh ikan predator ini, yang penting sesuai dengan ukuran mulutnya. Berarti, dia bukan termasuk ikan yang pemilih soal makanan.

Itu berarti Anda bisa memberinya makan berupa:

  • Serangga
  • Udang
  • Ikan kecil
  • Cacing
  • Maupun makanan beku lainnya

Dari semua makanan di atas, si jack dempsey paling suka memakan cacing darah atau bloodworm. Cacing darah dilengkapi protein yang cukup tinggi, sehingga bagus untuk pertumbuhan ikan.

Berapa kali ikan diberi makan?

Untuk ikan dewasa, Anda dapat memberinya satu hingga dua kali sehari dengan porsi secukupnya. Sedangkan untuk anakan atau remaja yang masih dalam tahap pertumbuhan, Anda dapat memberinya dua sampai tiga kali sehari.

Ikan Jack Dempsey

Penyakit Ikan

Biasanya penyakit yang sering menimpa ikan ini adalah Ich ektoparasit atau white spot. Ini adalah jenis penyakit yang umum ditemui pada kebanyakan ikan hias.

Ciri-cirinya adalah terdapat banyak bintik putih pada sekujur tubuh ikan. Biasanya ketika terkena penyakit ini, ikan akan lesu dan tidak terlihat aktif.

Penyebabnya yang paling utama adalah kondisi air yang buruk. So, sangat penting untuk menjaga akuarium Anda tetap bersih dengan menggunakan sistem filtrasi yang baik.

Pembiakan Jack Dempsey Cichlid

Tanda yang jelas bahwa betina dan jantan siap untuk kawin dapat terlihat dari warna yang berubah menjadi gelap.

Cara terbaik untuk membantu proses perkawinan adalah dengan memastikan kondisi aquarium tetap ideal. Misalnya dengan mengatur suhu air yang tepat, dan air harus tetap bersih dan segar.

Jack dempsey akan lebih mudah mengejar betina jika ukurannya lebih besar. Jika semuanya berjalan dengan baik, ikan ini bisa saja memiliki sekitar 500 telur yang akan menetas 3 hari kemudian.

Telur akan menempel pada semua jenis permukaan datar di dalam akuarium.

Hal yang menarik tentang cara Jack Dempsey berkembang biak adalah bahwa ikan betina dan ikan jantan sama-sama bertanggung jawab atas bayi setelah menetas. Mereka akan menjaganya tetap aman dari spesies lain di dalam akuarium.

Untuk mendukung hal tersebut, ada baiknya Anda memberikan tempat yang sesuai, seperti gua buatan, maupun batuan yang dapat dijadikan tempat berlindung.

Ikan yang Cocok dengan Jack Dempsey

Untuk memeliharanya dalam aquarium komunitas, Anda perlu berhati-hati dan selektif dalam pemilihan ikan.

Ikan yang cocok dengan jack dempsey seperti, jack dempsey lainnya, Cichlid lainnya, Angel fish, Cascarudo, Rasboras.

Spesies dari famili Synodotis juga bisa jadi pilihan menarik. Begitu pula spesies famili Loricariidae, ikan Silver Dollar dan Tinfoil Barbs.

Agar Anda lebih yakin dengan tank mates yang sesuai dengan jack dempsey, ada baiknya Anda bertanya kepada penjual tentang kecocokan ikan. BIasanya pengalaman penjaga toko dapat memberi Anda informasi tambahan yang bermanfaat.

Baca Juga:

Kesimpulan

Setelah semua yang Anda baca tentang cara memelihara ikan jack dempsey, Anda dapat memutuskan sendiri, apakah jenis ikan ini cocok untuk Anda pelihara atau tidak.

Perhatikan kondisi air dan makanan yang tepat untuk ikan. Kedua hal ini dapat memastikan ikan tetap sehat dan jauh dari penyakit.

Jangan lupa, perhatikan teman tank yang cocok untuk ikan. Jika memilih teman yang tidak tepat, malah bisa menjadi bencana buat Anda.