Home » Blog » Ikan Hias » 13 Ikan Hias Air Tawar yang Gampang Dipelihara

13 Ikan Hias Air Tawar yang Gampang Dipelihara

ikan hias air tawar yang gampang dipelihara

Salah satu alasan banyak orang yang suka memelihara ikan hias air tawar adalah karena gampang dipelihara. Selain itu, keindahan ikan juga menjadi magnet tersendiri bagi yang melihatnya.

Tapi bagi sebagian orang, memelihara ikan itu adalah kegiatan yang lumayan merepotkan dan menyita waktu, sehingga mereka enggan untuk memeliharanya.

Di samping itu, kasus kematian ikan juga membuat kita frustasi dan akhirnya berhenti memeliharanya. Anda bisa baca: Penyebab Ikan Sering Mati di Aquarium.

Nah, bagi Anda yang ingin tetap menikmati keindahan ikan hias di rumah tapi tak mau repot urusan perawatannya, berikut adalah beberapa jenis ikan air tawar yang gampang dipelihara.

1. Cupang

Salah satu daya tarik ikan cupang adalah warna-warni pada sirip ekor ikan ini. Saat berkembang, ikan hias ini akan terlihat lebih menakjubkan lagi.

Ikan cupang termasuk ikan hias yang kuat dan gampang dipelihara. Bahkan, Anda bisa memelihara ikan ini di toples tanpa memerlukan aquarium besar.

Selain tidak memerlukan tempat yang besar, ikan cupang juga bisa hidup tanpa bantuan aerator. Sehingga Anda tak perlu membeli mesin aerator ataupun head pump untuk menyaring air.

Urusan makanan ikan cupang juga tidak rewel, ikan ini kuat bertahan berhari-hari tanpa makanan. Tetapi hal itu sangat tidak Kami sarankan.

Anda bisa memberikan pelet halus, cacing sutera ataupun kutu air untuk ikan cupang. Itu semua mudah ditemui di toko-toko ikan hias terdekat.

2. Guppy

Selain cupang, guppy juga salah satu ikan hias yang cukup umum dipelihara. Meskipun bertubuh mungil, dengan keindahan warna-warninya, ikan ini mampu memeriahkan aquarium Anda.

Guppy tergolong ikan kuat dan gampang perawatannya, termasuk urusan makannya. Di samping itu, ikan ini banyak beredar di pasaran dengan harga yang murah, sehingga cocok buat Anda yang tak mau repot dalam urusan pemeliharaan.

Untuk melihat keindahan ikan guppy, sebaiknya Anda memeliharanya lebih dari seekor. Itu karena ikan ini termasuk ikan yang suka berkelompok.

3. Pleco

Pleco atau ikan sapu-sapu merupakan ikan yang sudah terkenal akan kekuatannya. Ia mampu bertahan di kondisi air yang cukup ekstrem.

Jika Anda mengira ikan sapu-sapu hanya berwarna hitam saja, maka cobalah Anda cari tahu lebih dalam lagi. Banyak jenis sapu-sapu hias yang bisa Anda pelihara di aquarium.

Kegunaan lain dari ikan sapu-sapu selain bisa menjadi peliharaan yang menarik, ialah kemampuannya soal urusan bersih-bersih aquarium. Banyak aquarist yang mengandalkan jasa ikan pleco ini sebagai hewan pembersih aquarium.

4. Palmas

Kalau Anda suka ikan predator, cobalah pelihara ikan palmas. Palmas merupakan ikan purba yang juga mudah dalam perawatannya.

Selain bentuknya yang cantik seperti naga dalam dongeng, palmas juga termasuk ikan yang cukup tangguh.

Meskipun tergolong ikan predator, tetapi palmas termasuk ikan yang tak begitu agresif, sehingga masih ada kemungkinan untuk bisa dicampur ikan lain yang ukurannya lebih besar.

Solahart Handal juga sudah pernah membahas tentang ikan palmas, kalau Anda berencana memelihara ikan ini, sebaiknya Anda baca panduannya pada artikel cara memelihara ikan palmas.

5. Maskoki

Maskoki juga merupakan salah satu primadona aquarium. Selain karena kecantikannya, ikan hias air tawar ini juga gampang dipelihara. Syarat utamanya hanyalah kebutuhan air bersih, oksigen terlarut dan berikan pelet yang bagus.

Kendala yang sering dihadapi dalam memelihara ikan maskoki ialah karena feses ikan ini lumayan banyak. Maklum saja, ikan maskoki termasuk ikan yang cukup rakus, sehingga berapapun banyaknya Anda beri makan ia akan terus melahapnya. Solusinya, berikanlah pakan sedikit saja, dua sampai tiga kali sehari sudah cukup.

Maskoki bisa Anda pelihara di aquarium biasa, maupun memeliaharanya di fish bowl, walaupun sebenarnya aquarium yang cukup besar lebih direkomendasikan.

Anda bisa memelihara lebih dari seekor ikan maskoki. Ikan ini berkarakter damai, sehingga ia tak akan agresif dengan jenis lain. Tapi waspada kalau Anda memelihara tanaman air, maskoki bisa membabat habis tanaman Anda!

6. Kardinal Tetra

Kardinal tetra merupakan salah satu jenis ikan tetra seperti neon tetra yang terkenal itu.

Pada dasarnya, ikan-ikan berjenis tetra adalah ikan kuat yang mudah dipelihara. Apalagi kalau Anda memeliharanya lebih dari seekor, karena ikan ini termasuk ikan hias yang suka berkelompok.

Ikan kardinal tetra kerap kali dipilih sebagai fauna penghias aquascape, itu karena ikan ini tidak destruktif dan bisa dicampur dengan ikan lain yang seukuran dan sama-sama damai.

Sebelumnya, kami sudah tuliskan tentang panduan memelihara ikan kardinal tetra secara lengkap, Anda bisa langsung menuju ke TKP.

7. Neon Tetra

Sama seperti kardinal tetra, neon tetra juga merupakan ikan hias kecil nan cantik. Banyak orang yang suka tertukar membedakan antara kardinal tetra dan neon tetra, tapi sebenarnya jika diperhatikan lebih detail, terdapat beberapa perbedaan menonjol, salah satunya di bagian garis tubuhnya.

Keindahan neon tetra lebih terlihat jelas saat malam hari atau saat lampu sudah dimatikan, garis-garis tubuh neon tetra seperti menyala bagaikan lampu neon.

Anda bisa mendapatkan ikan neon tetra dengan harga yang murah dan banyak dijual di toko-toko ikan hias.

8. Black Ghost

Black ghost merupakan ikan hias yang memiliki tampang seram, seperti namanya. Tubuhnya cenderung gelap dan suka sekali bersembunyi. Jika Anda ingin melihat ikan black ghost aktif, maka matikanlah lampu aquarium. Ia adalah hewan nocturnal yang aktif pada malam hari.

Di samping memiliki paras yang seram, black ghost ini termasuk ikan yang cukup kuat dan mudah pemeliharaannya. Anda hanya butuh oksigen, tempat untuk bersembunyi dan pakan yang baik untuk pemeliharaan ideal. Lebih lengkap Anda bisa baca di cara memelihara ikan black ghost.

Untuk urusan pakan Anda tak perlu repot, ikan yang berasal dari sungai amazon ini bisa diberi pelet, cacing kering maupun cacing sutera.

9. Komet

Kalau Anda suka ikan hias berwarna merah atau oranye, ikan komet bisa jadi pilihan yang tepat.

Selain mudah perawatan, ikan komet juga termasuk ikan yang cukup tangguh. Bahkan, ia masih bisa hidup meskipun badannya tinggal separuh, meskipun hal itu tak berlangsung lama.

Anda bisa mendapatkan ikan komet dengan harga yang cukup bersahabat. Cocok sekali buat Anda yang ingin memelihara ikan hias tapi tak mau mengeluarkan budget banyak.

Untuk perawatan lebih lengkap, Anda bisa baca cara memelihara ikan komet.

10. Koi

Ikan koi merupakan salah satu ikan hias kolam yang cukup bergengsi. Itu karena ikan koi termasuk ikan dengan corak cantik dan harganya lumayan mahal, apalagi untuk koi import.

Di balik semua itu, koi sebenarnya termasuk ikan yang tak gampang mati dan kuat bertahan tanpa makanan hingga berminggu-minggu. Tapi hal itu sangat tidak disarankan! Kecuali jika ditangani oleh profesional.

Untuk memelihara ikan koi, Anda membutuhkan kolam dengan kualitas air yang baik, oksigen terlarut dalam air dan pakan yang baik.

Penyakit yang biasa menyerang ikan koi adalah white spot atau bintik putih. Kalau sudah terjangkit, ikan mesti dipisahkan atau dikarantina. Penyakit bisa terjadi karena kualitas air yang buruk, maupun suhu yang terlalu dingin.

11. Red Tail Catfish

Yups, Red Tail Catfish (RTC) merupakan kerabat ikan lele yang biasa kita konsumsi. Tapi dari segi harga, RTC jauh melampaui harga lele konsumsi.

Kalau berbicara perawatan sebenarnya RTC ini cukup gampang untuk dibesarkan. Asalkan Anda beri tempat yang cukup luas dan pakan secara teratur. RTC bisa dipelihara di aquarium maupun kolam. Tetapi saat RTC beranjak dewasa, sebaiknya Anda pindahkan ke kolam, karena ikan ini bisa sangat besar.

12. Gabus Toman

Predator lain yang juga gampang perawatannya adalah ikan gabus toman. Ikan ini mampu bertahan hidup di berbagai kondisi air.

Urusan makanannya pun ikan ini tak begitu repot. Anda bisa memberikannya anakan ikan mas atau lele.

Tapi Anda harus hati-hati dalam soal penggabungan ikan. Gabus toman tidak bisa dicampur dengan jenis lain, karena ia sangat agresif dan teritorial.

13. Ikan Manfish

Manfish atau ikan layang-layang bisa jadi alternatif lain kalau Anda ingin memelihara ikan hias yang gampang dipelihara.

Ikan manfish memiliki bentuk tubuh seperti layang-layang dan memiliki sirip yang menjuntai ke atas dan ke bawah. Ada banyak jenis ikan manfish yang bisa Anda pelihara dan juga mudah untuk mendapatkannya.

Ikan ini cukup kuat asalkan Anda berikan oksigen yang cukup, dan tidak bersama dengan ikan-ikan yang agresif.

Untuk pakan, Anda bisa memberikan manfish pelet mengambang maupun cacing beku.

Itulah beberapa jenis ikan hias air tawar yang gampang dipelihara. Sebelum membeli ikan, pastikan Anda cari tahu dulu mengenai ikan tersebut, agar Anda mendapat info yang benar seputar perawatan ikan hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *