Home » Blog » Ikan Hias » Cara Memelihara Ikan Black Ghost di Aquarium

Cara Memelihara Ikan Black Ghost di Aquarium

Cara Memelihara Ikan Black Ghost

Cara Memelihara Ikan Black Ghost di Aquarium – Black ghost merupakan ikan hias air tawar yang terlihat begitu seram sesuai dengan namanya. Meski begitu, banyak orang yang suka memelihara ikan ini di aquarium.

Alasan banyak yang ingin tahu cara memelihara ikan black ghost ini ialah karena keunikan yang ia punya. Misalnya, cara berenang yang tak seperti ikan pada umumnya, tampilannya yang begitu gelap, dan juga perawatannya yang relatif mudah.

Di samping itu, ikan black ghost juga mudah ditemui di toko-toko ikan hias terdekat dengan harga yang bisa dibilang murah.

Nah, kalau Anda berniat merawat black ghost di aquarium, sebaiknya kenali dulu ikan ini serta bagaimana cara memelihara ikan black ghost yang benar.

Habitat Asli Black Ghost

Ikan yang memiliki nama latin Apteronotus albifrons ini berasal dari Amerika Selatan, yang juga rumah bagi bermacam spesies unik lainnya.

Ia mendiami perairan-perairan Brazil, Venezuela, maupun wilayah yang terlewati sungai amazon.

Di habitat alaminya, ikan black ghost mendiami perairan dengan arus tenang sampai sedang.

Berhubung ikan ini termasuk ikan pemalu, ia juga suka berdiam di tempat yang banyak persembunyiannya.

Ia akan memilih tempat yang banyak tanaman air, ranting-ranting, serta bebatuan.

Karakter dan Ciri Fisik Black Ghost

Sebelum masuk ke panduan cara memelihara ikan black ghost, sebaiknya kenali dulu karakter serta ciri fisik ikan ini.

Black ghost merupakan ikan yang bertempramen damai terhadap spesies lain, tetapi bisa agresif terhadap sesama jenisnya.

Ia juga merupakan ikan nokturnal yang artinya lebih aktif di malam hari, atau saat cahaya redup.

Berhubung penglihatannya tidak begitu bagus, ia menggunakan elektrolokasi sebagai sistem navigasinya.

Uniknya, ikan ini dibekali dengan aliran listrik bertegangan rendah. Sehingga, ia akan mudah menemukan makanan.

Tapi, Anda tak perlu khawatir, tegangan ikan begitu rendah sehingga tak mampu melemahkan mangsanya.

Kalau Anda menginginkan ikan yang selalu “tampil” atau mudah kelihatan, maka ikan black ghost bukanlah pilihan yang tepat.

Ikan ini pemalu dan lebih suka bersembunyi di bebatuan, ataupun celah-celah yang minim cahaya dan muat dengan tubuhnya.

Selain pemalu, black ghost juga bukan ikan yang suka berkelompok, ia akan cenderung menyendiri daripada berbaur dengan ikan lain.

Secara tampilan, black ghost memiliki tampang yang cukup seram, dengan warna hitam yang mendominasi sekujur tubuh, dan garis putih pada ekor belakang.

Bentuk tubuh black ghost agak memanjang seperti pisau, oleh karena itu ia juga sering disebut knife fish.

Ada juga yang menyebutnya ikan bulu ayam, karena memang sekilas kalau Anda perhatikan bentuk tubuhnya juga mirip bulu ayam.

Ia memiliki sirip samping serta sirip bawah yang terbentang sepanjang perutnya. Hal itulah yang membuat black ghost memiliki gaya berenang yang unik.

Tubuh betina lebih kecil dari yang jantan, serta betina memiliki warna tidak sejelas jantan.

Jika merawatnya secara maksimal, ikan hias ini bisa menjadi penghias aquarium sampai 15 tahun ke depan.

Pemasangan Solahart Handal

Aquarium

Black ghost bukanlah kategori ikan yang bisa tumbuh besar, maksimal hanya sampai 30 cm saja. Oleh karena itu, Anda tak membutuhkan ukuran aquarium yang besar. Tapi semakin besar aquarium, semakin baik untuk kenyamanan ikan.

Jika Anda ingin membuat ikan ini jauh dari stres, maka Anda perlu membuat aquarium mirip dengan habitat alaminya.

Seperti, gunakan substrat pasir sebagai dasar, lengkapi dengan bebatuan dan akar-akaran untuk tempat bersembunyi ikan.

Yang penting tempat persembunyian tersebut mampu menghalau cahaya dari lampu aquarium.

Kalau sulit untuk mendapatkan bebatuan atau ranting, Anda bisa menggunakan aksesoris akuarium yang biasa dijual di toko, seperti gua buatan ataupun rumah-rumahan.

Selain membuat ikan nyaman, aksesoris tersebut juga akan mempercantik aquarium Anda.

Peralatan Aquarium

Untuk memenuhi kebutuhannya akan oksigen dalam air, black ghost memerlukan aerator.

Tapi jika Anda sudah menggunakan filter atas, biasanya air yang sudah bersih akan jatuh ke bawah, itu juga sudah cukup memenuhi kebutuhan oksigennya.

Berbeda halnya kalau aquarium berukuran besar, Anda memerlukan oksigen tambahan yang diletakkan di daerah yang sekiranya minim oksigen.

Anda juga tak membutuhkan arus yang kuat dalam aquarium, arus yang berasal dari filter maupun aerator saja sudah cukup.

Walaupun termasuk hewan yang nokturnal, Anda boleh menggunakan lampu aquarium. Tujuannya agar memperindah aquarium, serta mencukupi kebutuhan cahaya pengganti sinar matahari.

Selain itu, lampu juga bisa berfungsi sebagai penanda waktu, jadi saat lampu mati, ikan black ghost akan menganggap hari sudah malam dan ia akan mulai aktif. Anda bisa menghidupkan lampu selama 6 sampai 8 jam.

Parameter Air untuk Black Ghost

Jika berbicara tentang parameter air ideal untuk black ghost, sebenarnya ikan ini tak memerlukan air yang super bersih, tapi Anda tetap perlu menjaga kualitas air dengan baik.

Ikan hias ini cukup kuat bertahan di bermacam kondisi air, asalkan perubahan parameter air tidak terlalu drastis dan berlangsung lama.

Anda bisa mempertahankan parameter air untuk black ghost dengan suhu air antara 24 sampai 30 derajat Celcius, dengan tingkat keasaman pH 7.

Sebenarnya cukup cocok untuk dipelihara di Indonesia, yang notabene sama-sama beriklim tropis.

Sama seperti perawatan ikan hias lain di aquarium, memelihara black ghost juga perlu melakukan pergantian air secara rutin.

Gantilah sepertiga air aquarium dengan air baru yang sudah diendapkan sebelumnya. Jangan lupa tambahkan garam ikan setelah melakukan pergantian air.

Garam ikan memiliki banyak manfaat baik untuk parameter air dan kesehatan ikan.

Makanan Black Ghost

Berbicara tentang cara memelihara ikan black ghost, tak lengkap rasanya jika tidak membahas soal makanan yang tepat untuk ikan ini.

Perlu Anda ketahui, ikan black ghost merupakan ikan karnivora, sehingga ia membutuhkan asupan protein hewani untuk tumbuh kembangnya.

Black ghost bisa Anda berikan dua jenis pakan, alami dan buatan. Pakan alami seperti larva serangga, artemia, cacing sutera, maupun cacing darah. Sedangkan pakan buatan Anda bisa memberinya pelet ataupun cacing kering.

Pemberian pakan bisa Anda lakukan sehari dua sampai tiga kali. Utamakan memberi pakan lebih banyak di malam hari, karena ikan ini termasuk hewan nokturnal.

Baca Juga: Cara Memelihara Ikan Belida di Aquarium

Ikan yang Bisa Dicampur Dengan Black Ghost

Berhubung ikan ini cukup damai, maka Anda tak perlu khawatir jika ingin menggabungkan black ghost dengan jenis lain. Ia tidak akan menjahili jenis lainnya, tidak seperti ikan-ikan cichlid yang agak jahil.

Meski demikian, Anda perlu hati-hati jika memelihara lebih dari satu ekor ikan black ghost, ia akan agresif terhadap sesamanya.

Jika ingin memelihara lebih dari seekor, Anda bisa menaruhnya dalam aquarium dalam waktu yang bersamaan biar tidak ada senioritas wilayah. Selain itu, Anda juga perlu memasukkan ikan yang ukurannya sama.

Ikan seperti maskoki, manfish, komet, guppy, molly maupun ikan bertempramen damai lainnya cocok untuk jadi teman ikan black ghost.

Tankmates black ghost lain yang juga sesuai seperti jenis tetra maupun pleco.

Anda perlu hindari mencampur ikan black ghost dengan ikan-ikan predator. Anda pasti sudah tahu risikonya. Ikan black ghost bisa jadi mangsa predator, apalagi yang ukurannya lebih besar.

Baca Juga: Cara Memelihara Ikan Piranha di Akuarium

Itulah bahasan mengenai bagaimana cara memelihara ikan black ghost di aquarium. Semoga panduan ini dapat membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *