Home » Blog » Ikan Hias » Mengenal Ikan Harlequin Rasbora dan Cara Memeliharanya

Mengenal Ikan Harlequin Rasbora dan Cara Memeliharanya

Mengenal Ikan Harlequin Rasbora dan Cara Memeliharanya

Mengenal Ikan Harlequin Rasbora dan Cara Memeliharanya – Apa Anda pernah melihat ikan hias air tawar cantik ini di aquarium? Jika belum, maka kenali dulu ikan Harlequin Rasbora yang cantik ini.

Di dunia ini, terdapat 45 spesies rasbora, tetapi Harlequin atau Red Rasbora (Trigonostigma heteromorpha) adalah yang paling populer.

Tubuh ikan ini berwarna perak, dengan kombinasi oranye, merah muda dan blok hitam di dekat bagian ekor. Kalau dilihat dari kejauhan, ikan ini seperti berwarna tembaga.

Asal Ikan Harlequin Rasbora

Habitat alami ikan Harlequin Rasbora banyak ditemui di Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand bagian selatan. Namun sejak tahun 1930-an, ikan ini mulai populer di seluruh dunia.

Mereka menghuni sungai-sungai dengan arus lambat, serta rawa-rawa hutan.

Mereka menjadi peliharaan di aquarium-aquarium karena kecantikan, dan termasuk ikan air tawar yang mudah dirawat.

Untuk membuat ikan bahagia, syaratnya tidak muluk-muluk, Anda cukup sediakan parameter air ideal, beri makan secukupnya dan jauhkan dari ikan predator.

Karakter

Karakter Harlequin Rasbora

Harlequin Rasbora termasuk ikan lincah dan suka bersembunyi. Oleh karena itu, jika Anda ingin memeliharanya, Anda bisa menyediakan bebatuan dan tanaman air untuk ikan bersembunyi.

Selain itu, ikan ini pun kerap berenang secara bergerombol (schooling) yang tentunya akan menambah semarak aquarium Anda.

Anda bisa memeliharanya lebih dari seekor, idealnya bisa dipelihara 5 ekor lebih dalam satu aquarium.

Untuk itu, Anda perlu menyediakan ukuran aquarium yang berukuran agak besar untuk memastikan kenyamanan ikan.

Jadi di dalam aquarium terdapat tanaman air, bebatuan atau akar-akaran untuk tempat bersembunyi, dan sediakan ruang kosong di tengahnya agar ikan dapat berenang secara bebas.

Hal tersebut akan membuat ikan nyaman berenang secara bergerombol, sekaligus menjauhkannya dari stres yang dapat berujung pada kematian ikan.

Jika mereka merasa stres atau tidak nyaman, Harlequin Rasbora akan menunjukkan dengan warna tubuh yang menjadi pucat.

Termasuk Ikan Hardy

Yups, Harlequin Rasbora adalah ikan hardy alias kuat. Ikan yang kuat dan mudah perawatannya, sangat cocok buat pemula yang baru bermain ikan hias.

Meskipun kuat, tapi Anda tak bisa asal-asalan memeliharanya. Memenuhi kebutuhan ikan adalah fokus yang lebih utama. Tentunya Anda ingin agar ikan tetap tampil cantik dan sehat bukan?

Untuk pemeliharaan yang terbaik, Anda bisa pertahankan parameter air dengan tingkat pH 6 dan 6,5 dan tingkat kesadahan hingga 12 dGH. Sedangkan untuk kekerasan air antara 2 dan 12 untuk menjaga ikan Anda tetap sehat.

Suhu air bisa Anda jaga di rentang 23 sampai 29 derajat Celcius. Sangat cocok dengan suhu air di Indonesia.

Ukuran Ikan

Umumnya, Harlequin Rasbora memiliki ukuran antara 3-5 cm saja. Sehingga kalau dipelihara hanya seekor, ikan tidak terlalu terlihat menarik.

Cara Memelihara Ikan Harlequin Rasbora

Harlequin Rasbora

Untuk cara memelihara ikan Harlequin Rasbora, maka Anda perlu sediakan aquarium ideal untuknya. Berikut beberapa tips setting aquarium untuk Harlequin Rasbora.

  • Substrat bisa Anda isi dengan bebatuan atau pasir malang. Warna yang lebih gelap akan menonjolkan warna Harlequin Rasbora.
  • Tambahkan tanaman air hidup, potongan kayu apung, dan batu untuk meniru habitat alami ikan. Harlequin Rasbora juga ideal untuk menjadi fauna aquascape.
  • Anda bisa memberi cahaya mulai dari rendah sampai tinggi, namun hindari terkena sinar matahari langsung.
  • Jangan satukan ikan kecil ini dengan jenis cichlid maupun ikan predator. Aturan sederhananya, jangan satukan hewan yang berukuran dua kali lebih besar dari Harlequin Rasbora.
  • Sediakan filter untuk memastikan kondisi air tetap bersih. Jangan lupa lakukan pergantian air seminggu atau dua minggu sekali, dengan mengganti 10-20% air lama dengan air baru yang sudah diendapkan.
  • Meskipun tergolong ikan kuat, Anda tetap membutuhkan oksigen yang terlarut. Baik itu didapat dari kucuran hasil filtrasi, maupun mesin aerator. Harlequin Rasbora bukanlah ikan yang bisa hidup tanpa aerator.

Makanan Ikan Harlequin Rasbora

Dalam urusan pemeliharaan, tak lengkap rasanya jika tidak membahas makanan ikan Harlequin rasboras.

Harlequin rasboras adalah ikan omnivora, artinya mereka dapat makan daging-dagingan maupun sayuran. Tetapi biasanya ikan ini cenderung tidak merusak tanaman air.

Anda bisa memberinya pelet, sayur-sayuran, cacing darah, cacing beku maupun larva serangga.

Hindari pemberian makan yang berlebihan. Dua kali sehari saja sudah cukup untuk menjaga ikan ini tetap sehat.

Nah, itulah sekilas mengenai Ikan Harlequin Rasbora dan bagaimana cara memeliharanya. Semoga bermanfaat!