Home » Blog » Ikan Hias » Cara Memelihara Ikan Red Tail Catfish (Panduan Terlengkap)

Cara Memelihara Ikan Red Tail Catfish (Panduan Terlengkap)

Cara Memelihara Ikan Red Tail Catfish

Cara Memelihara Ikan Red Tail Catfish (Panduan Terlengkap) – Red tail catfish atau dikenal dengan nama ilmiah phractocephalus hemioliopterus, merupakan jenis ikan lele predator yang banyak digemari penghobi.

Layaknya ikan hias predator lain, Red Tail Catfish (RTC) begitu banyak peminatnya karena agresivitasnya terhadap mangsa.

Oleh karena itu, bagi pecinta ikan predator, saat pemberian pakan adalah waktu terbaik untuk melihat keganasan ikan air tawar ini.

Namun, meski ikan ini banyak yang memeliharanya di akuarium, tetapi sebenarnya mereka lebih cocok untuk dibesarkan di kolam ikan. Itu karena ukurannya yang begitu besar.

Kalau masih anakan mungkin tidak begitu masalah, tapi Anda harus memepertimbangkannya saat ikan beranjak dewasa.

Mari kita gali lebih dalam mengenai ikan ini, dan bagaimana cara memelihara ikan red tail catfish agar ikan dapat tumbuh dengan baik.

Habitat Alami

Ikan Red tail fish umum ditemukan di perairan Amerika Selatan.

Mereka menghuni cekungan sungai di Ekuador, Guyana, Venezuela, Kolombia, dan banyak lagi. Terutama di sungai Amazon, Orinoco dan danau disekitarnya.

Ciri Fisik

Pada dasarnya, ikan Red Tail Catfish hampir mirip seperti ikan lele konsumsi yang kita kenal. Namun yang menonjol adalah semburat garis merah pada ekornya. Itulah mengapa ia disebut “Ikan lele ekor merah”.

Bagian dasar atau perut ikan berwarna putih, sementara tubuhnya didominasi warna hitam keabu-abuan.

Jika dilihat, bagian tubuh bagian samping juga memiliki garis putih yang kontras dengan warna tubuhnya.

Dari segi ukuran, lele ekor merah ini bisa tumbuh sampai lebih dari satu meter, sehingga Anda perlu pertimbangkan baik-baik sejak awal mengenai media pemeliharaannya.

Sementara di alam liar, ikan predator ini dapat tumbuh sampai 1,5 meter.

Padahal, saat ikan masih anakan, ia hanya berukuran 5 cm saja. Anda bisa bayangkan bagaimana potensi pertumbuhannya!

Dari segi bobot, lele ini bisa mencapai berat 56 kg. Itu berarti sama seperti ukuran berat badan pria atau wanita dewasa.

Baca Juga: Cara Memelihara Ikan Palmas

Cara Memelihara Ikan Red Tail Catfish

Sebelum mulai memelihara, sebaiknya Anda baca dulu cara memelihara ikan Red Tail Catfish berikut ini, sehingga Anda tahu bagaimana perawatan terbaiknya.

Temperamen dan Perilaku

Sebagaimana ikan predator lain, phractocephalus hemioliopterus ini juga termasuk ikan yang agresif, terutama pada mangsanya yang berukuran lebih kecil.

Mereka adalah perenang dasaran, artinya lebih aktif di dasar akuarium atau kolam.

Nah, jika Anda ingin memeliharanya, sebaiknya Anda memberi ruang lebih pada dasar media tinggal.

Tetapi, saat ikan masih kecil, mereka justru lebih penakut. Oleh karena itu, Anda bisa mempersiapkan banyak tempat persembunyian untuk mereka.

Masa hidup lele ekor merah ini bisa mencapai 15 tahun di penangkaran.

Baca Juga: Ikan Gabus Toman: Cara Memelihara, Pakan, Aquarium Ideal, serta Teman yang Cocok

Makanan Red Tail Catfish

Pada dasarnya, Red Tail Catfish adalah ikan omnivora, artinya ia bisa makan apa saja. Tetapi, ia lebih menyukai daging-dagingan.

Di habitat alaminya, ia memakan cacing, ikan lain yang berukuran lebih kecil, serangga dan tumbuh-tumbuhan di sepanjang dasar sungai.

Itu berarti Anda juga bisa memberi makan ikan predator ini sama seperti di habitat alaminya.

Jika Anda tak mau repot memberikan makanan hidup, Anda juga bisa memberinya pelet tenggelam.

Beberapa makanan beku seperti cacing dan udang beku juga bisa Anda berikan pada lele predator ini.

Frekuensi pemberian makan untuk anakan Red Tail Catfish bisa dilakukan sehari sekali sampai dua kali.

Sedangkan ketika sudah dewasa, Anda bisa memberinya cukup seminggu sekali sampai dua kali saja.

Baca Juga: Cara Memelihara Ikan Piranha di Akuarium

Media Pemeliharaan

Sebaiknya Anda memelihara ikan ini di kolam, mengingat ia bisa tumbuh besar dengan cepat.

Tetapi kalau mau memeliharanya di akuarium, sebenarnya juga bisa, hanya Anda perlu menyiapkan setidaknya akuarium yang berkapasitas 1.500-2.000 galon atau sekitar 5.000 liter lebih.

Baca Juga: Cara Memelihara Ikan Arwana Silver

Kondisi Air

Ikan lele ekor merah sangat tangguh dan dapat bertahan serta beradaptasi dengan banyak kondisi, tetapi dengan suhu air yang ideal, itu akan membuat ikan bahagia seperti pada habitat alaminya.

Mereka cukup kuat, bahkan termasuk ikan yang bisa hidup tanpa aerator. Tetapi untuk pemeliharaan terbaik, Anda tetap perlu menyediakan oksigen yang cukup di dalam air.

Anda bisa mempertahankan suhu air ideal untuk predator ini sekitar 20-26 derajat Celcius, dengan tingkat pH antara 6 dan 7.

Meskipun lele predator ini tergolong ikan yang kuat, namun dengan mempertahankan air tetap jernih bisa membuat ikan jauh dari stres serta penyakit.

Baca Juga: Cara Memelihara Fire Eel alias Sili Api (Panduan Lengkap)

Tank Mates Red Tail Catfish

Anda bisa memberi Tankmates ikan Red Tail Catfish ikan yang seukuran atau lebih besar darinya. Jika jauh lebih kecil, takutnya malah dianggap mangsa oleh mereka.

Tidak masalah untuk menggabungkan ikan predator air tawar ini dengan jenis yang sama, asalkan ukurannya sepadan.

Tetapi sebaiknya Anda pelihara seekor saja. Karena semakin banyak yang Anda pelihara, kebutuhan ruangnya juga semakin besar.

Ikan yang cocok seperti pari air tawar, genghis khan, atau jenis lele predator lainnya. Yang paling penting ukurannya sepadan.

Baca Juga: Cara Memelihara Ikan Belida

Well, itulah panduan lengkap mengenai cara memelihara ikan red tail catfish atau lele ekor merah. Semoga bisa membantu Anda!