Home » Blog » Ikan Hias » Mengenal Tankmate Ikan Hias

Mengenal Tankmate Ikan Hias

Mengenal Tankmate

Apa Itu Tankmate?

Sederhananya, tankmate adalah teman ikan hias yang cocok digabungkan dalam satu aquarium.

Dalam dunia ikan hias, tidak semua jenis dapat dipelihara dalam satu media. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui teman ideal untuk masing-masing jenis ikan.

Pengetahuan tentang tankmate sebenarnya penting diketahui oleh penghobi ikan hias. Karena, dengan mengetahui teman yang sesuai, kematian ikan dalam aquarium akibat agresi dari ikan lain pun akan menurun.

Selain itu, jika Anda ingin memelihara berbagai jenis ikan dalam satu aquarium (tank komunitas), pengetahuan tentang tankmate sangat penting.

Tankmate Ikan Predator

Banyak sekali kasus kematian ikan karena minimnya pengetahuan tentang jenis ikan, terutama oleh pemula. Mereka asal menggabungkan ikan dalam satu tank, alhasil beberapa ikan lenyap tak tersisa.

Mereka tidak menyadari bahwa yang dimasukkan ke dalam tank adalah jenis ikan predator dan mangsanya!

Sudah pasti pemangsa akan berburu ikan lebih kecil yang dianggap masngsa potensialnya.

Oleh sebab itu, sebaiknya penghobi mengenal tipikal ikan sebelum memeliharanya. Setidaknya mengenal jenis ikan tersebut, predator atau non-predator.

Prinsipnya, jangan menggabungkan ikan predator dengan ikan yang bertempramen damai.

Kalau ingin mencari tankmate untuk ikan predator, sebaiknya cari yang jenis predator juga. Dan juga, setidaknya ukuran tubuh mereka tidak jauh berbeda. Namun untuk hal ini sebaiknya Anda tanyakan dulu kepada yang sudah berpengalaman.

Ikan Agresif

Salah satu jenis ikan hias agresif seperti cichlid, itu butuh tankmate yang sesuai. Jenis cichlid kecil seperti ikan lemon misalnya, dia secara tidak langsung memang tak memangsa ikan lain, namun ia akan memberikan agresi (bully) pada ikan-ikan yang bertempramen damai.

Agresi pada ikan yang dilakukan secara terus-menerus, akan membuat ikan menjadi stres dan dapat berujung pada kematian.

Selain itu, cichlid merupakan jenis ikan yang jahil. Sehingga, ia suka sekali menggigiti ikan-ikan yang mempunyai sirip menjuntai seperti ikan maskoki atau komet.

So, tankmate yang cocok dengan ikan agresif seperti cichlid adalah ikan yang sejenis dan satu wilayah. Misalnya cichlid Afrika cocok digabung dengan cichlid Afrika pula.

Biasanya, ikan-ikan dengan tempramen agresif tidak disatukan ke dalam tank komunitas. Mereka dipelihara dalam satu tank secara khusus. Contohnya ikan louhan.

Baca Juga: Kendala Umum yang Dihadapi Seputar Pemeliharaan Ikan Dalam Aquarium

Tankmate Ikan Damai

Jika Anda ingin memelihara ikan-ikan yang bertempramen damai seperi jenis maskoki, komet dan lainnya, maka Anda perlu tankmate yang damai juga.

Yang perlu Anda perhatikan jika ingin menyatukan ikan damai adalah ukuran. Jadi, sebisa mungkin Anda memelihara ikan damai yang ukurannya tidak jauh-jauh beda.

Anda juga perlu memperhatikan jenis-jenis tertentu. Misalnya, beberapa ikan akan saling menyerang atau jahil jika disatukan dengan ikan sejenis.

Kalau Anda tidak mau ribet mempelajari tankmate yang cocok, Anda bisa bertanya langsung kepada penjual mengenai kecocokan ikan. Selain itu, Anda juga dapat bertanya pada yang lebih berpengalaman mengenai tankmate. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *