Home » Blog » Flora dan Fauna » Burung Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia

Burung Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia

Burung Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia – Di dunia ini, begitu banyak spesies burung yang tersebar di mana-mana, mulai dari yang liar sampai yang biasa dipelihara di rumah rumah. Tapi tahukah Anda kalau ada jenis burung yang berbahaya dan mematikan?

Meski banyak dari mereka yang berperawakan kecil, terlihat lucu dan menggemaskan, ternyata ada beberapa jenis hewan bersayap ini yang dianggap mematikan.

Burung-burung ini bahkan ada yang bisa membunuh manusia dengan kekuatan sifat agresif, bahkan racunnya. Ini dia daftar burung paling berbahaya dan mematikan di dunia.

Barred Owl

Barred Owl Burung Paling Berbahaya

Barred Owl adalah jenis burung hantu paling berbahaya. Burung ini habitatnya di wilayah Amerika Serikat bagian Timur dan Kanada bagian Tenggara.

Burung ini beratnya hanya 800 gram dengan bentang sayap sampai 1 meter. Kelebihan mereka adalah mereka bisa terbang tanpa suara, jadi sulit terdeteksi sama mangsanya.

Mereka memiliki cakar yang tajam dan bisa menancap tepat di kepala mangsanya, selanjutnya mereka akan mematuk dan meremas mangsanya dengan mudah.

Kabarnya, burung paling berbahaya ini pernah menyerang manusia di Texas Amerika Serikat, korban di serang di bagian kepala sampai tewas. Setelah melakukan penyelidikan, ternyata korban tewas ini mengganggu burung yang waktu itu lagi ada di sekitar rumahnya.

Burung Magpie

Burung Magpie

Magpie adalah burung asal Australia yang paling berbahaya. Meskipun fisiknya kecil, tapi burung ini punya kebiasaan menyerang manusia yang sedang beraktivitas.

Di Australia, burung usil ini sering menyerang para pesepeda yang sedang lewat. Tidak cuma pesepeda, beberapa laporan juga mengatakan kalau Magpie juga menyerang anak-anak dan juga hewan peliharaan.

Bahkan, pemerintah Sydney konon menembak mati seekor Magpie yang sudah meneror penduduk selama bertahun-tahun.

Rata-rata korban serangan berujung masuk rumah sakit. Setiap tahunnya ada ratusan laporan kasus serangan Magpie.

Sebenarnya, burung Magpie gampang akrab sama manusia, kicauannya pun cukup merdu. Biasanya mereka membuat sarang dekat dengan lingkungan manusia.

Elang Harpy

Elang Harpy

Elang yang satu ini secara tampilannya cukup cantik. Perpaduan warna putih dan hitam di badannya menimbulkan kesan gagah. Tapi jangan tertipu dengan penampilannya fisiknya, karena elang Harpy termasuk dalam daftar burung predator paling berbahaya juga.

Fisik mereka lumayan besar, bentang sayapnya bisa mencapai 2 meter, dengan berat maksimal sampai 9 kg.

Sebagai burung yang menduduki puncak rantai makanan, Harpy lebih suka memangsa hewan-hewan yang ukurannya lebih besar, seperti monyet rusa, landak, ular dan lain-lain.

Harpy Eagle biasanya bercokol di pohon-pohon tinggi. Sayangnya, karena habitatnya dirusak manusia, burung ini sekarang terancam punah dan jumlahnya hanya tinggal 59.000 ekor saja di dunia.

California Condor

California Condor

Selanjutnya, ada California Condor atau yang biasa disebut burung Condor. Ini juga masuk dalam hewan pemangsa paling berbahaya dan merupakan burung predator terbesar yang bisa terbang.

Ukuran burung ini terbilang sangat besar, bentang sayapnya bisa mencapai 3 meter dan beratnya sampai 15 kg. Mereka hidup di semak-semak berbatu dan padang rumput.

Burung Condor tidak cuma menjadi ancaman di udara saja, tetapi juga di darat. Pasalnya, mereka tidak suka memilih menu makan, apa pun bisa mereka santap. Tapi biasanya yang sering jadi santapan mereka adalah hewan-hewan seperti rusa, kelinci dan hewan hewan pengerat lain.

Baca Juga:

African Crowned Eagle

African Crowned Eagle Burung Paling Berbahaya

Dan yang menduduki peringkat pertama burung paling berbahaya adalah African Crowned Eagle.

Burung ini adalah salah satu elang terbesar, terkuat, dan paling berbahaya di dunia. Mereka biasa ditemukan di sub-sahara Afrika dan Afrika Selatan.

Elang ini punya cakar yang mematikan, kuat dan juga tajam. Burung ini rata-rata tingginya 90 cm dengan bentang sayap sampai 2 meter lebarnya.

Mereka sangat tangguh dan bisa menyerang mangsa yang ukurannya lebih besar dari ukuran tubuhnya. Cakarnya yang kuat sanggup untuk meremukkan tengkorak.

Saking berbahayanya, banyak sekali laporan kalau elang ini membunuh hewan seperti sapi dan monyet. Mangsanya biasanya terbunuh karena terkaman yang kuat, luka dan mati lemas.

Nah, itu tadi daftar burung paling berbahaya di dunia yang tidak cuma tangguh dalam berburu mangsa, tapi juga dapat menyerang manusia.