Lompat ke konten
Home » Blog » Flora dan Fauna » 8 Hewan Berumur Panjang, Bahkan Ada yang Mencapai Belasan Ribu Tahun!

8 Hewan Berumur Panjang, Bahkan Ada yang Mencapai Belasan Ribu Tahun!

8 Hewan Berumur Panjang, Bahkan Ada yang Mencapai Belasan Ribu Tahun! – Terdapat jutaan spesies hewan di muka bumi dengan keunikannya tersendiri. Selain itu, hewan tersebut juga memiliki masa hidup yang bervariasi. Lalu hewan apa saja yang berumur panjang? Simak daftarnya!

1. Kura-kura Galapagos

Kura-kura Galapagos

Hewan endemik kepulauan Galapagos ini termasuk hewan berumur panjang. Ia bisa hidup sampai 175 tahun, kematangan seksualnya terjadi ketika menginjak usia 40.

Hewan ini begitu unik, karena memiliki waktu tidur yang cukup panjang, yaitu 16 jam dalam sehari. Hal tersebut juga menjadikannya sebagai salah satu hewan termalas.

Selain itu, yang membuatnya begitu menakjubkan adalah kemampuan bertahan hidupnya. Kura-kura Galapagos mampu bertahan satu tahun tanpa makan atau minum, karena mereka bisa menyimpan air dan makanan dengan sangat baik.

Meskipun kemampuan bertahan hidupnya cukup hebat, namun sayangnya status kura-kura Galapagos kini sudah terancam punah.

2. Rougheye Rockfish

Rougheye Rockfish
Image by NOAA

Ikan yang mampu hidup di berbagai habitat laut ini juga menjadi salah satu ikan dengan umur yang panjang. Ia bisa hidup sampai 200 tahun lebih.

Mereka biasanya hidup di berbagai habitat seperti terumbu karang atau dasar laut dalam di perairan dekat pantai yang dangkal. Populasinya tersebar sepanjang samudera Pasifik.

Makanan utamanya berupa udang-udangan, ikan, kepiting dan krustasea kecil lainnya. Dengan ukuran mulutnya yang cukup besar, ia mampu menelan mangsanya dengan cukup cepat.

Meskipun memiliki mulut yang besar, tetapi sebenarnya ikan ini tidak tumbuh terlalu besar, ukurannya maksimal tidak sampai satu meter. Sedang-sedang saja untuk ukuran hewan laut.

Rougheye rockfish termasuk dalam keluarga Sebastidae, yang juga memiliki nama lain blackthroat rockfish atau blacktip rockfish.

3. Bulu Babi Merah

Bulu Babi Merah

Bulu babi merah mudah ditemui di timur laut Samudera Pasifik, dari Alaska sampai California. Biasanya spesies ini mendiami dasar laut samudra, perairan laut hangat, dan hidup di dekat terumbu karang atau batuan pasang surut bawah.

Dalam segi umur, hewan laut ini juga termasuk yang memiliki umur panjang, mereka bisa hidup sampai 200 tahun. Dengan catatan, tidak ada penangkapan berlebihan, serta pencemaran air laut.

Ciri khas dari hewan ini ialah memiliki duri runcing yang mengelilingi tubuhnya. Fungsinya untuk melindungi dari serangan, serta membantunya untuk bergerak.

Bulu babi merah termasuk jenis omnivora, ia dapat memakan rumput laut, bangkai hewan, alga, plankton, dan bahan organik yang membusuk.

4. Ikan Koi

Ikan Koi Hewan Berumur Panjang

Ikan ini sudah tidak asing lagi, karena kerap dipelihara sebagai penghias kolam. Namun ternyata, Koi merupakan salah satu hewan yang memiliki umur panjang, usianya bisa mencapai 200 tahun!

Orang Jepang percaya bahwa setiap spesies koi yang berbeda mewakili kebajikan yang berbeda, seperti kekayaan, kemakmuran, cinta, karier yang sukses, dan keberuntungan.

Di Indonesia sendiri, penggemar ikan koi ini cukup banyak, bahkan mereka sering kali mengadakan kontes rutin yang melombakan kecantikan koi.

5. Paus Kepala Busur

Paus Kepala Busur
Image by algaeworld.org

Paus kepala busur adalah salah satu mamalia tertua dan paling berumur panjang yang pernah ada. Ikan ini juga terkenal dengan sebutan paus Greenland atau paus Arktik.

Hewan berumur panjang ini bisa mencapai usia 200 tahun lebih. Mereka adalah kelompok paus balin yang termasuk dalam keluarga Balaenidae.

Tidak seperti paus pada umumnya yang suka bermigrasi, paus kepala busur ini hanya mencari makan di perairan Arktik dan sub-Arktik.

Ancaman terbesar populasi mereka adalah perburuan manusia. Daging dan minyaknya menjadi alasan perburuan besar-besaran. Namun saat ini penangkapan sudah tidak masif lagi.

6. Quahog Laut

Quahog Laut Hewan Berumur Panjang

Quahog laut merupakan spesies kerang yang termasuk dalam keluarga Arcticidae yang juga dapat dikonsumsi. Populasinya tersebar sepanjang lautan Atlantik Utara.

Kerang ini mampu bertahan hidup hingga lima abad!

Dengan demikian, makhluk laut ini memenuhi syarat sebagai spesies hewan yang hidup paling lama.

Karena pertumbuhannya yang lambat, kerang ini hanya memiliki ukuran 7 sampai 13 cm saja, dengan berat tak sampai setengah kilo.

Baca Juga: Hewan Lucu Tapi Berbahaya

7. Hiu Greenland

Hiu Greenland
Image by sciencenordic.com

Hewan berumur panjang selajutnya adalah ikan hiu Greenland. Seperti semua hiu, jenis ini pun termasuk dalam famili Somniosidae dan dapat hidup sampai 200 tahun. Meskipun pernah tercatat ada yang berhasil hidup hingga 512 tahun.

Salah satu alasan mengapa ikan hiu ini dapat berumur panjang ialah karena pertumbuhannya yang lambat. Ikan ini hanya tumbuh satu sentimeter per tahun.

Persebaran hiu ini terdapat di sepanjang Samudra Atlantik Utara yang bersuhu dingin.

Baca Juga: 15 Jenis Ikan Paling Berbahaya di Dunia

8. Spons Kaca

Spons Kaca Hewan Berumur Panjang
Image by noaa.gov

Banyak yang mengira bahwa spons termasuk tumbuhan, padahal sebenarnya ia termasuk hewan.

Spons kaca adalah hewan dalam kelas Hexactinellida yang biasa ditemukan di laut dalam. Mereka tersebar hampir di semua samudra dunia, tetapi spesies yang hidup paling lama umumnya berada di perairan Antartika dan Pasifik Utara.

Para ilmuwan di Max Planck Institute for Chemistry mempelajari kerangka spons kaca yang ditemukan di Laut Cina Timur. Mereka menemukan bahwa usianya lebih dari 11.000 tahun (sumber).

Jadi, bisa disimpulkan bahwa spons kaca merupakan hewan yang berumur paling panjang.

Baca Juga: Dinosaurus Terbesar Sepanjang Sejarah Berdasarkan Jenisnya

Itulah 8 hewan berumur panjang yang hidup di muka Bumi. Sudah selayaknya populasi mereka tetap lestari!