Home » Blog » Umum » Contoh Teks MC Maulid Nabi dan Susunan Acara

Contoh Teks MC Maulid Nabi dan Susunan Acara

Contoh Teks MC Maulid Nabi dan Susunan Acara

Contoh Teks MC Maulid Nabi dan Susunan Acara – Maulid nabi merupakan tradisi umat Muslim dalam mengenang hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Biasanya, masyarakat memperingatinya dengan acara-acara keagamaan, seperti tausiah, serta bershalawat kepada Nabi Besar.

Nah, jika di tempat Anda ingin mengadakan acara peringatan maulid Nabi, berikut adalah contoh teks atau naskah MC acara Maulid Nabi, sekaligus dengan susunan acaranya.

Contoh Teks MC Maulid Nabi dan Susunan Acara

1. Pembukaan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kepada para tokoh agama dan tokoh masyarakat desa/kecamatan… (sebut nama daerah) yang kami hormati, dan kepada para hadirin yang Insya Allah dimuliakan oleh Allah SWT. Kehadiran kita pada acara peringatan Maulid Nabi ini, tidak lain adalah karena kemurahan dan keridhoan Allah SWT yang teiah memberikan kita kesehatan jasmani maupun kesehatan Rohanl.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya dan juga menjadi kewajiban bagi seorang hamba yang beriman, untuk bersyukur kepada Sang Khaliq yang telah memberikan karunia-Nya yang tak terhitung jumlahnya.

Kemudian, sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah menunjukkan kita pada jalan yang lurus yang diridhoi Allah SWT. Dan begitu pula dengan keluarganya, serta para Sahabat yang selalu setia mengiringi perjuangan beliau.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah. Pada kesempatan kali ini kami selaku pembawa acara / MC Maulid Nabi, sekiranya perlu membacakan rangkaian acara kita pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Susunan acaranya sebagai berikut:

  • Pembukaan
  • Pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran
  • Sambutan-sambutan
  • Hiburan
  • Ceramah agama dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW
  • Pembacaan doa/Penutup

Baiklah, untuk menghemat waktu marilah kita buka acara ini dengan membaca surat Al-Fatihah bersama-sama, agar acara ini berjalan lancar sampai di penghujung acara. Al-Fatihah..

2. Pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran

Meningkat pada acara selanjutnya yaitu pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran yang akan dibacakan oleh saudara… (sebut pembaca Al-Qur’an). Kepadanya dipersilahkan.

(Setelah selesai dibacakan)

Shodaqal Laahul ‘Adhiim… Semoga yang membaca dan yang mendengarkan mendapatkan hidayah dari Allah SWT. Aamiin.

3. Sambutan-sambutan

Hadirin yang yang dimuliakan Allah. Acara yang ketiga adalah sambutan-sambutan. Dan untuk sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ketua panitia penyelenggara acara Maulid Nabi Muhammad SAW. Kepada saudara… (sebut nama ketua panitia Maulid Nabi) kami persilahkan.

(Setelah sambutan yang pertama)

Terima kasih kepada Saudara… (sebut nama ketua panitia Maulid Nabi), yang telah bekerja keras demi terselenggaranya acara ini.

Untuk sambutan yang kedua akan disampaikan oleh bapak (sebut nama ta’mir masjid) selaku ta’mir masjid At-Taqwa Desa Suka Sari. Kepadanya dipersilahkan.

(Seusai sambutan yang kedua)

Kepada bapak… (sebut nama yang memberi sambutan), kami haturkan banyak terima kasih. Semoga apa yang disampaikan ada hikmahnya yang dapat kita petik bersama.

4. Hiburan

Hadirin sekalian yang berbahagia, beberapa rangkaian acara telah kita lalui. Dan kini tibalah saatnya untuk melepas kejenuhan saudara sekalian dengan beberapa lagu yang akan ditampilkan grup Qasidah… (sebut nama grup). Kepadanya kami persilahkan.

(Setelah hiburan selesai)

Demikianlah tadi penampilan dari grup Qasidah… (sebut nama grup) semoga dapat menghilangkan kejenuhan kita.

Baca Juga:

5. Ceramah

Meningkat pada acara selanjutnya adalah ceramah agama yang akan disampaikan oleh Ustad… (sebut nama penceramah). Kepadanya dipersilahkan.

(Setelah ceramah selesai)

Terima kasih kepada ustad… (sebut nama penceramah) yang telah menguraikan panjang Iebar tentang…. (Topik atau materi yang disampaikan). Semoga apa yang telah disampaikannya dapat bermanfaat bagi kita untuk mempertebal keimanan kepada Allah SWT.

Baca Juga: Contoh Teks MC Ulang Tahun (Milad) dan Susunan Acaranya

6. Doa/Penutup

Hadirin sekalian yang dimuliakan Allah SWT. Tibalah kita di penghujung acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Dan sebelum kita tutup acara ini, marilah bersama-sama kita membaca doa yang akan dipimpin oleh ustad… (sebut pembaca doa). Kepadanya dipersilahkan.

(Setelah pembacaan doa)

Alhamdulillahi Rabbil ‘Aalamiin. Terima kasih kepada ustad… (sebut pembaca doa) semoga apa yang kita harapkan dikabulkan oleh Allah SWT.

Akhirnya kami sebagai MC Maulid Nabi mohon maaf bila ada kata-kata yang salah, karena kami pun menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam diri kami.

Saya mewakili segenap panitia mohon maaf yang sebesar-besarnya bila ada hal-hal yang kurang berkenan dalam hati hadirin sekalian.

Seperti syair mengatakan “Bila ada jarum yang patah jangan disimpan dalam peti, dan bila ada kata-kata yang salah jangan disimpan dalam hati”.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Contoh Teks Pembawa Acara Khitanan (Sunatan) dan Susunan Acara

Itulah contoh teks MC Maulid Nabi Muhammad SAW dan susunan acaranya. Sebagai tambahan, Anda bisa mengganti nama dan peran yang memberikan sambutan, bisa juga ditambahkan jika ada yang sekiranya perlu memberi sambutan.

Baca Juga: