Home » Blog » Umum » Contoh Teks Pembawa Acara Khitanan (Sunatan) dan Susunan Acara

Contoh Teks Pembawa Acara Khitanan (Sunatan) dan Susunan Acara

contoh teks pembawa acara sunat khitanan
Sumber gambar: bolmongkab.go.id

Contoh Teks Pembawa Acara Khitanan (Sunatan) dan Susunan Acara – Acara khitanan atau sunatan, merupakan sebuah prosesi yang mesti dilakukan oleh anak laki-laki sebelum beranjak dewasa.

Khitanan sendiri tidak hanya bertujuan untuk menjalankan perintah agama, tetapi untuk alasan kesehatan juga.

Contoh Teks Pembawa Acara Khitanan (Sunatan) dan Susunan Acara

Nah, jika Anda ingin mengadakan acara khitanan, berikut adalah contoh teks untuk MC atau pembawa acara khitanan (sunatan), lengkap dengan susunan acaranya.

1. Pembukaan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat bapak…. (sebutkan nama) selaku ‘Alim Ulama’.

Yang terhormat bapak… (sebutkan nama) selaku tokoh masyarakat desa… (sebut nama desa/wilayah).

Yang terhormat bapak… (sebut nama) dan ibu… (sebut nama) selaku yang mempunyai hajat untuk menyelenggarakan acara ini, dan tak lupa kepada para hadirin tarnu undangan sekalian yang Insya Allah dimuliakan oleh Allah SWT.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua.

Sehingga sampai detik ini kita dapat merasakan betapa besar nikmat Allah yang dilimpahkan kepada kita semua, salah satunya nikmat untuk bernapas. Karena andai kata kita sudah tidak bernafas, mana mungkin kita dapat berkumpul dalam acara ini.

Dan tidak lupa, semoga sholawat beriring salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. yang telah menunjukkan kita pada jalan yang lurus yang diridhoi oleh Allah SWT.

Para hadirin tamu undangan yang berbahagia, sebagai pembawa acara kiranya perlu membacakan rangkaian acara yang akan kita lalui, yaitu sebagai berikut:

  • Pembukaan
  • Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an
  • Sambutan dari tuan rumah yang mempunyai hajat
  • Mauidhatul hasanah
  • Pembacaan doa
  • Penutup

Baiklah, agar acara ini dapat berjalan dengan baik, marilah kita buka acara ini dengan membaca Basmalah.. (Bismillahirohmanirohim)

2. Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an

Selanjutnya adalah pembacaan kalam Ilahi yang akan dilantunkan oleh saudara… (sebut nama pembaca Al-Qur’an). Kepadanya Kami persilahkan.

(Setelah pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an)

Kepada saudara… (sebut nama pembaca Al-Qur’an) kami ucapkan terima kasih, dan kepada yang membaca dan yang mendengarkannya semoga mendapat rahmat dari Allah SWT. Aamiin.

3. Sambutan tuan rumah

Meningkat ke acara selanjutnya, yaitu sambutan dari tuan rumah bapak… (sebut nama) dan ibu… (sebut nama) yang mempunyai hajat dalam menyelenggarakan acara khitanan (sunatan) anaknya yang bernama… (sebut nama anak yang disunat). Kepadanya dipersilahkan.

(Setelah sambutan disampaikan)

Kepada bapak… (sebut nama) kami ucapkan banyak terima kasih. Semoga apa yang disampaikan berkenan di hati hadirin sekalian.

4. Mauidhatul hasanah

Hadirin sekalian, kini tibalah pada acara inti, yaitu Mauidhatul hasanah yang akan disampaikan oleh ustadz… (sebut nama penceramah). Kepadanya Kami persilahkan.

(Ketika untaian nasihat selesai disampaikan, MC kembali memimpin jalannya acara)

Kepada Ustadz… (sebut nama penceramah) kami ucaokan banyak terima kasih. Semoga apa yang disampaikan berguna bagi kita semua dan dapat mempertebal tingkat keimanan kita.

5. Doa

Baiklah, sebelum kita tutup acara ini, marilah kita berdoa agar acara kita ini mendapakan ridho dari Allah SWT. Dan mendoakan agar saudara (sebut anak yang dikhitan) selalu mendapat kesehatan, berbakti kepada Orang Tua, Bangsa dan Agamanya.

Adapun pembacaan doa ini akan dipimpin oleh Ustadz… (sebut pembaca doa), kepadanya dipersilahkan.

(Setelah pembacaan doa seleai)

Alhamdulillahirobbil alamin…

Kepada ustadz.. (sebut pembaca doa) kami ucapkan terima kasih.

Baca Juga: Contoh Naskah MC Akad Nikah Beserta Susunan Acaranya

6. Penutup

Hadirin tamu undangan sekalian yang berbahagia, acara demi acara telah kita lalui bersama, dan tibalah kita dipenghujung acara khitanan/sunatan ini.

Sebelum acara ini kami akhiri, kami selaku pembawa acara mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan dan kekurangan, karena manusia adalah tempatnya salah dan lupa.

Wabilahitaufik walhidayah, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Contoh Teks MC Acara Tasyakuran Kelahiran Anak dan Susunan Acaranya

Nah, itulah contoh teks pembawa acara alias MC untuk Khitanan atau sunatan. Silahkan ubah teks sesuai dengan keperluan acara.

Teks lainnya: