Home » Blog » Umum » Teks Pembawa Acara (MC) Tasyakuran dan Walimah Beserta Susunan Acaranya

Teks Pembawa Acara (MC) Tasyakuran dan Walimah Beserta Susunan Acaranya

teks pembawa acara tasyakuran

Teks Pembawa Acara (MC) Tasyakuran dan Walimah Beserta Susunan Acaranya – Acara tasyakuran (syukuran/selamatan) maupun walimah merupakan perayaan yang biasa diadakan untuk merayakan hal-hal tertentu, seperti atas kesembuhan penyakit, perayaan ulang tahun, maupun acara pernikahan.

Tapi tak sebatas sampai disitu saja, tasyakuran sendiri juga kadang digelar untuk menyambut kehamilan yang memasuki usia 7 bulan, atau bersamaan dengan proses aqiqah.

Contoh Teks Pembawa Acara (MC) Tasyakuran/Walimah dan Susunan Acara

Jika Anda ingin menjadi pembawa acara atau MC pada acara tasyakuran atau walimah, berikut adalah contoh teks yang bisa Anda tiru, beserta susunan acaranya secara runut.

1. Pembukaan Pembawa Acara (MC) Tasyakuran dan Walimah

Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

Bapak-bapak, Ibu-ibu serta hadirin sekalian yang berbahagia. Sudah sepatutnya jika pada malam yang berbahagia ini kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT.

Karena, hanya atas limpahan rahmat-Nya lah kita dapat bersama-sama berkumpul di tempat ini untuk melaksanakan acara walimah/tasyakuran yang diadakan oleh.. (sebut tuan rumah acara), dalam rangka.. (sebut tujuan acara tasyakuran/walimah).

Sholawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada junjungan dan suri tauladan kita, penutup para nabi dan rasul, Nabi Besar Muhammad SAW, juga kepada segenap keluarga, para sahabat serta orang-orang yang senantiasa mencerminkan akhlaq Al-Qur’an dan sunnah beliau.

Hadirin sekalian yang berbahagia, Untuk mempersingkat waktu, maka akan kami bacakan susunan acara pada malam hari ini.

Namun sebelumnya, marilah terlebih dahulu kita buka acara ini dengan membaca surat Al-Fatihah, mudah-mudahan Allah SWT memberikan kelancaran pada jalannya acara kita pada malam hari ini. Al-Fatihah.. (Membaca surat Al-Fatihah)

Pembacaan Susunan Acara oleh Pembaca Acara

Adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama: Pembukaan, sebagaimana yang sudah kita lewati bersama.
  • Kedua: Pembacaan Kalam Ilahi.
  • Ketiga: Sambutan-sambutan.
  • Keempat: Ceramah agama.
  • Kelima: Istirahat.
  • Keenam: Penutup/doa.

2. Pembacaan Kalam Ilahi

Bapak-bapak serta hadirin sekalian yang berbahagia, marilah kita memasuki acara kedua, yakni Pembacaan Kalam Ilahi. Pembacaan Ayat Suci ini akan dilantunkan oleh.. (Sebut nama Qori/Qoriah), kepadanya Kami persilahkan.

(Setelah Pembacaan Kalamullah Dilantunkan)

Dernikianlah alunan kalamullah yang telah kita dengar, semoga bermanfaat bagi kita sekalian khususnya bagi pembaca, Aamiin. Dan kepadanya Kami ucapkan terima kasih.

3. Sambutan-sambutan

Kini tibalah kita pada acara yang ketiga, yaitu sambutan-sambutan. Untuk sambutan pertama akan disampaikan oleh.. (Sebut nama) selaku wakil dari bapak shahibul hajat, dan kepadanya Kami persilahkan.

(Setelah sambutan disampaikan)

Demikianlah sambutan yang telah disampaikan oleh …. (Sebut nama), mudah-mudahan berkenan di hati para hadirin sekalian. Dan kepadanya kami sampaikan terima kasih.

Kini memasuki sambutan berikutnya, yang akan disampaikan oleh (sebut nama) selaku sesepuh di Desa ini, kepada beliau kami persilahkan.

(Setelah sambutan disampaikan)

Terima kasih atas sambutan yang telah beliau sampaikan, mudah-mudahan kita dapat memetik hikmah dari apa yang telah kita dengar bersama.

4. Ceramah Agama

Dan kini marilah kita memasuki acara selanjutnya, yakni Ceramah Agama, yang mana dalam hal ini akan akan disampaikan oleh… (sebut nama penceramah), dan kepada beliau kami persilahkan.

(Setelah Ceramah Agama Disampaikan)

Demikianlah penyejuk rohani yang telah disampaikan oleh… (sebut nama penceramah), semoga memberikan semangat bagi kita sekalian untuk lebih meningkatkan lagi kualitas iman kita di mata Allah SWT, sehingga kita semua akan mencapai derajat yang mulia di sisi-Nya. Aamiin Yaa Robbal `Aalamiin. (Sesuaikan narasi dengan isi ceramah)

Untuk waktu dan ilmu yang telah Bapak Ustadz.. (sebut nama penceramah) berikan, Kami mengucapkan Terima Kasih yang sebesar-besarnya.

5. Istirahat

Dan kini tibalah kita pada acara keempat, yakni acara istirahat, di mana pada kesempatan ini akan diisi dengan makan-makan dan menikmati hidangan yang telah kami sediakan. Kepada segenap undangan kami persilahkan.

(Setelah istirahat selesai)

6. Penutup Acara Tasyakuran atau Walimah

Marilah kita tutup acara tasyakuran/walimah pada malam hari ini dengan mengucapkan hamdalah.

Jika sepanjang acara berlangsung Kami selaku pembawa acara melakukan banyak kekhilafan atau kesalahan, maka tiada maksud untuk disengaja. Semoga bapak-bapak dan Ibu-ibu sekalian mau membuka pintu maaf yang seluas-luasnya bagi Kami selaku pembawa acara.

Selebihnya kami ucapkan banyak terima kasih untuk bapak dan Ibu sekalian yang sudah meluangkan waktunya untuk menghadiri acara walimah/tasyakuran ini.

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

(Acara Selesai)

Itulah contoh teks pembawa acara atau MC untuk tasyakuran dan walimah, lengkap dengan susunan acaranya. Semoga bermanfaat!