Home » Blog » Ikan Hias » Tanya Jawab Seputar Pemeliharaan Ikan Hias

Tanya Jawab Seputar Pemeliharaan Ikan Hias

Loading...
Tanya Jawab Pemeliharaan Ikan Hias

Apakah Ikan Merupakan Hewan Peliharaan yang Mudah Perawatannya?

Secara umum, ikan air tawar lebih murah dan mudah dirawat daripada jenis hewan peliharaan lainnya, jika berbicara tentang kemudahan pemeliharaan.

Meskipun tidak terlalu merepotkan, tetapi ikan hias juga tetap harus mendapat perhatian.

Ikan memiliki kebutuhan dasar yang sama dengan hewan lain, termasuk makanan, air, dan habitat yang layak, tetapi karena ikan hidup di lingkungan yang sama sekali berbeda dari manusia dan mamalia lain, mereka bergantung pada kita untuk menyediakan semua yang mereka butuhkan untuk hidup bahagia.

Jika anjing dan kucing tidak akan mati jika tidak dimandikan secara teratur, berbeda dengan memelihara ikan, di mana melakukan pengurasan (water change) secara teratur benar-benar diperlukan.

Kalau mau memelihara ikan yang mudah, Anda bisa baca: 13 Ikan Hias Air Tawar yang Gampang Dipelihara

Loading...

Apa Jenis Ikan Peliharaan yang Paling Umum?

Jenis ikan peliharaan yang paling populer seperti ikan cupang, jenis ikan mas, maupun manfish. Alasan mengapa ikan mas dan cupang sangat populer adalah karena mereka dapat hidup di suhu air yang cocok dengan iklim tropis.]

Dan lagi, jenis ikan tersebut cukup kuat dalam mentolerir beberapa jenis kimia daripada ikan lainnya.

Sedangkan ikan predator yang paling umum seperti Ikan Louhan dan Arwana.

Seberapa Sering Ikan Perlu Diberi Makan?

Ikan tidak memiliki perut, jadi mereka tidak pernah tahu kapan harus berhenti makan. Saat memberi makan ikan Anda, beri makan hanya sebanyak yang dia makan dalam dua atau tiga menit sekali atau dua kali sehari.

Beberapa jenis ikan, seperti ikan mas, hanya boleh diberi makan sebanyak yang mereka bisa makan dalam satu menit, sedangkan jenis lainnya memiliki persyaratan yang berbeda.

Loading...

Memberi makan berlebihan adalah salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan penghobi ikan hias.

Namun perlu diperhatikan, kekurangan makan juga dampaknya tidak baik untuk kesehatan ikan.

Di Mana Tempat Terbaik untuk Membeli Ikan?

Tergantung jenis ikan yang ingin Anda beli, tetapi toko ikan hias biasanya memiliki banyak pilihan ikan. Mereka memiliki karyawan yang terlatih dengan baik dalam mengedukasi dan dapat memastikan Anda memilih ikan dan peralatan yang tepat.

Pilihan lain adalah mencari pembudidaya ikan untuk jenis yang lebih spesifik. Biasanya, jika membeli di pembudidaya langsung Anda akan mendapat ikan lebih murah, sekaligus lebih banyak pilihan.

Jenis Peralatan Apa yang Dibutuhkan Ikan?

Secara umum, Anda membutuhkan mesin aerator untuk menghasilkan oksigen, sistem filtrasi untuk memastikan kondisi air tetap terjaga, serta lampu untuk menerangi isi aquarium.

Loading...

Tambahan lain yang mungkin bermanfaat seperti Heater untuk menaikkan suhu, serta chiller untuk menurunkan temperatur. Itu semua dibutuhkan saat kondisi air di tempat Anda tidak dalam suhu yang ideal.

Lebih lanjut mengenai hal ini, Anda bisa membacanya di: Bermacam Alat-alat Aquarium dan Fungsinya

Seberapa Sering Aquarium perlu Dikuras?

Akuarium memerlukan perubahan air secara teratur dan pengujian pH untuk memastikan ikan hidup dalam kondisi yang tepat.

Kalau berbicara seberapa sering, maka itu bergantung pada ukuran aquarium dan sistem filtrasi yang Anda miliki. Semakin bagus filter, semakin jarang Anda perlu menguras.

Namun secara umum, Anda bisa mengganti air seminggu sekali. Dengan catatan, Anda hanya perlu membuang sedikit air dan menggantinya dengan air baru.

Loading...

Lebih detail, Anda bisa baca: Cara Menguras Aquarium (Water Change) Tanpa Perlu Memindahkan Ikan

Bagaimana dengan Dekorasi?

Itu sih tergantung pemilikinya, apakah suka aquarium yang lebih menarik dengan dekorasi, atau lebih suka yang polos.

Namun, beberapa ikan tertentu tidak cocok jika harus menggunakan dekorasi. Misalnya saja fire eel, ikan tersebut akan dengan mudah mengacak-acak substrat jika Anda memberinya. Kecuali substrat seperti pasir yang Anda gunakan benar-benar tebal.