Home » Blog » Ikan Hias » 5 Cara Membedakan Louhan Jantan dan Betina

5 Cara Membedakan Louhan Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina

Cara Membedakan Louhan Jantan dan Betina – Bagi para pemain louhan berpengalaman, membedakan jenis kelamin antara jantan dan betina adalah hal yang mudah, tetapi untuk pemula pasti akan kesulitan untuk mengidentifikasikannya.

Banyak penghobi yang cukup kecewa karena tahu ikan louhannya berkelamin wanita. Padahal saat membeli, menurut pedagang ikan tersebut berjenis kelamin jantan.

Memang ada dua kemungkinan, pertama si pedagang tidak jujur, atau kedua si pedagang belum ahli membedakan louhan jantan dan betina.

Umumnya, louhan jantan dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Karena memang saat sudah “jadi”, si jantan secara penampilan lebih cantik ketimbang betina.

Namun dengan perawatan yang baik, si betina juga sebenarnya bisa tampil cantik, meski tak sebaik jantan.

Berhubung ikan predator hias ini harganya tidak murah, penting rasanya untuk pemula mengetahui bagaimana caranya membedakan jenis kelamin jantan dan betina.

Tujuannya agar tak menyesal dikemudian hari, terlebih jika membelinya saat masih kecil.

Selain untuk pemula, kemampuan identifikasi louhan jantan dan betina ini juga diperlukan kalau Anda ingin membudidayakan louhan.

Sebelum kita membahasnya lebih lanjut, Anda perlu mengetahui bahwa membedakan jenis kelamin anakan louhan lebih sulit daripada ikan dewasa. Apalagi yang masih berumur di bawah tiga bulan.

Untuk itu sebaiknya jika Anda ingin membeli louhan, belilah yang umurnya sudah lebih dari tiga bulan. Atau setidaknya sudah lebih dari 10 cm.

Kalau membeli anakan, tingkat ketepatan kelaminnya masih agak meragukan. Kecuali jika Anda membeli di breeder terpercaya atau toko spesialis louhan yang berkualitas.

Well, langsung aja, berikut adalah cara membedakan jenis kelamin ikan louhan antara jantan dan betina.

1. Ukuran Tubuh

Cara membedakan louhan jantan dan betina yang paling menonjol pertama adalah jika dilihat dari ukuran tubuhnya. Louhan jantan biasanya memiliki ukuran yang lebih besar daripada betina.

Dengan catatan, harus dibandingkan dengan yang seumuran. Lebih baik lagi jika masih satu indukan, membedakannya lebih mudah.

Louhan yang baik memiliki tubuh gempal atau kekar, proporsional, tapi tidak gendut pada bagian perut. Nah, louhan jantan memiliki kriteria tersebut, sedangkan betina meskipun ukuran tubuhnya gempal, tapi biasanya perutnya agak buncit. Apalagi sehabis diberi makan.

Perlu Anda ketahui, tidak semua ikan hias jantan memiliki tubuh yang lebih besar dari betina. Beberapa jenis ikan hias lain, betinanya justru lebih besar daripada jantan.

2. Kecerahan Warna

Perbedaan louhan jantan dan betina selanjutnya terletak pada warnanya. Louhan jantan memiliki warna lebih cerah dibanding betina. Tapi lagi-lagi pembandingnya harus dengan yang seumuran.

Bagi para perawat berpengalaman, mereka dengan mudahnya bisa membedakan jenis kelamin ikan louhan hanya melihat dari warnanya saja.

Namun untuk pemula, tidak dianjurkan melihat jenis kelamin berasarkan warnanya saja, perlu memperhatikan aspek lainnya juga.

Selain kecerahan warna, dari segi kekontrasan warna juga bisa terlihat perbedaannya. Si jantan memiliki marking, mutiara serta warna yang begitu kontras, tidak seperti betina. Betina cenderung agak buram dari segi kekontrasan corak.

Namun, kecerahan warna ini sangat sulit dilihat ketika louhan masih kecil. Karena, masih belum terlalu terlihat jelas bibit-bibit warnanya, walaupun ada juga anakan yang sudah tampak bakat warnanya.

3. Jenong Louhan

Jenong atau nongnong pada louhan, merupakan daya tarik tersendiri. Bahkan, banyak orang yang tertarik memelihara ikan hias ini karena jenongnya.

Nah, ikan jantan memiliki jenong yang lebih besar atau terbentuk sempurna ketimbang louhan betina.

Tapi bukan berarti betina tidak bisa punya jenong. Ikan louhan betina juga bisa memiliki jenong namun tak sebesar jantan.

Dan lagi, jenong pada louhan juga bisa terbentuk karena faktor genetika yang baik, serta perawatan optimal. Jadi, belum tentu louhan jantan punya jenong sempurna.

Jika ikan louhan betina punya gen serta dipelihara dengan baik, jenongnya pun bisa bagus juga.

Cara membedakan jenis kelamin ikan louhan berdasarkan jenong ini bisa dibandingkan dengan yang seumuran.

Kalau louhan yang sudah dewasa akan lebih mudah membedakannya daripada yang masih anakan. Karena anakan louhan belum tentu bisa terlihat bakat jenongnya.

4. Organ Reproduksi

Kemungkinan yang paling pasti untuk cara membedakan louhan jantan dan betina ialah jika dilihat dari organ reproduksinya.

Louhan jantan memiliki tonjolan agak ke bawah pada bagian bawah perutnya, sedangkan betina cenderung agak cekung dan tidak terlalu menonjol.

Tonjolan pada ikan jantan dewasa bisa berukuran sampai setengah centi.

Untuk bisa mengamatinya lebih jelas, maka Anda perlu memegang louhan tersebut.

Saat diurut bagian perutnya, louhan jantan akan mengeluarkan cairan agak keputihan. Sedangkan yang betina akan mengeluarkan cairan yang berwarna kekuning-kuningan.

Perbedaan organ reproduksi ini akan bisa terlihat lebih jelas saat louhan berumur dewasa.

Tetapi sayangnya, Anda tidak bisa meraba organ reproduksi louhan saat ingin membeli di toko ikan. Pasti si pedagang tak akan mengizinkannya.

Paling tidak, Anda hanya bisa mengamatinya saja secara visual. Biasanya untuk louhan dewasa sudah cukup terlihat tonjolan ini.

Baca Juga: Penyebab Ikan Tak Mau Makan dan Solusinya

5. Cara Berenang

Dari cara berenang ikan louhan juga bisa terlihat perbedaan antara jantan dan betina.

Jika Anda perhatikan secara seksama, louhan jantan berenang lebih lincah dan aktif, berbeda dengan betina. Pergerakan betina cenderung lebih santai dan tak terlalu aktif.

Mungkin kelima faktor di atas bisa menjadi acuan Anda dalam membedakan jenis kelamin ikan louhan jantan dan betina.

Jika Anda masih kesulitan membedakannya, cara paling gampang adalah bertanya pada peternaknya langsung atau orang yang sudah berpengalaman menangani louhan.

Anda juga bisa bertanya pada pedagang langsung, yang pasti pedagang langganan Anda dan sudah terpercaya.

Lagipula, untuk membedakan jenis kelamin saat Anda ingin membelinya juga bisa ditentukan dari segi harga. Biasanya harga jual ikan louhan jantan lebih mahal dari betina.

Satu lagi tips penting saat Anda berencana beli louhan, usahakan Anda membeli louhan yang sudah umur 3 bulan ke atas, jangan yang masih anakan.

Selain sulit membedakan kelaminnya, louhan berumur tiga bulanan sudah bisa terlihat bakat-bakat warna dan jenongnya.

Kalau Anda sudah terlanjur membeli ikan louhan betina, Anda tak perlu kecewa, rawat saja terus dengan baik.

Berikan makanan tinggi protein serta vitamin penunjang lain. Dengan perawatan yang maksimal, selain ikan akan tampil cantik, ia juga akan tumbuh maksimal dan kesehatannya terjaga.

Baca Juga: Cara Mengatasi Ikan Louhan yang Tak Mau Makan Pelet

Semoga ulasan tentang cara membedakan louhan jantan dan betina tersebut dapat membantu Anda. Agar saat membeli, Anda mendapat ikan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *