Home » Blog » Sejarah » Penggolongan Pahlawan Berdasarkan Periode Perjuangannya

Penggolongan Pahlawan Berdasarkan Periode Perjuangannya

Loading...
Indonesia

Penggolongan Pahlawan Berdasarkan Periode Perjuangannya – Kita perlu memahami sejarah perjuangan para pahlawan bangsa. Upaya ini dimaksudkan agar kita bisa memetik nilai-nilai juang yang patut diteladani.

Pahlawan ini telah mengorbankan jiwa, raga maupun pemikirannya untuk memperjuangkan kemerdekaan. Sehingga, sudah sepatutnya mereka untuk selalu dikenang perjuangannya.

Namun, meskipun sekarang sudah bukan era penjajahan, para generasi muda bisa mengisi kemerdekaan Indonesia dengan prestasi-prestasi yang dapat mengangkat harkat dan martabat Indonesia di mata dunia.

Nah, berikut penggolongan pahlawan berdasarkan periode perjuangannya.

Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan

Para pahlawan perjuangan kemerdekaan berjuang melawan penjajah Portugis, Belanda, dan Inggris.

Loading...

Kurun waktu perjuangannya, yaitu sejak kekuasaan raja-raja di daerah ditekan dan diatur kelompok pedagang dari bangsa Barat hingga munculnya organi-sasi pergerakan.

Pahlawan perjuangan kemerdekaan di antaranya Cuk Nyak Dien (Aceh), Sultan Ageng Tirtayasa (Banten), dan Kapitan Pattimura (Maluku).

Pada masa perjuangan kemerdekaan, perlawanan terhadap penjajah dilakukan di daerah masing-masing (bersifat kedaerahan).

Pahlawan Pergerakan Nasional

Para pahlawan pergerakan nasional berjuang dengan menumbuhkan semangat nasionalisme melawan penjajah.

Pergerakan nasional muncul setelah berdirinya Budi Utomo, 20 Mei 1908. Munculnya organisasi Budi Utomo mampu memengaruhi sifat perjuangan bangsa Indonesia dari kedaerahan menjadi berwawasan nasional.

Loading...

Beberapa pahlawan pergerakan nasional Indonesia antara lain R.A. Kartini, dr. Soetomo, dan Ki Hajar Dewantara.

Pahlawan Kemerdekaan Nasional

Pahlawan kemerdekaan nasional muncul seiringdengan hadirnya peristiwa proklamasi kemerdekaan di tahun 1945.

Perjuangan yang dilakukan sesuai dengan bidang yang digelutinya. Pahlawan kemerdekaan nasional di antaranya dr. Muwardi, dr. Sahardjo, S.H., dan Robert Wolter Monginsidi.

Pahlawan Proklamasi Kemerdekaan

Pahlawan proklamasi kemerdekaan berjuang untuk mempro-klamasikan kemerdekaan Indonesia. Berkat kegigihan dan dukungan pejuang lain, Indonesia berhasil memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Proklamasi kemerdekaan dikumandangkan 1r. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta. Kedua pahlawan proklamator tersebut kemudian diangkat menjadi presiden dan wakil presiden Republik indonesia.

Loading...

Itulah penggolongan pahlawan berdasarkan periode perjuangannya. Semoga bisa menambah wawasan dan memetik nilai-nilai perjuangan para pahlawan bangsa.