Home » Blog » Kesehatan » 8 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan

8 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan

Manfaat mandi air hangat untuk kesehatan

Banyak orang yang belum menggunakan water heater, padahal mandi menggunakan air hangat memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kehidupan Anda. Salah satunya adalah untuk kesehatan tubuh dan relaksasi.

Mandi menggunakan air panas bisa dengan dua cara, baik dengan menggunakan pancuran (shower), ataupun berendam dalam bak mandi secara langsung.

Meskipun terdapat dua cara berbeda, tapi Anda akan tetap merasakan manfaatnya untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat mandi air hangat untuk kesehatan? Berikut daftarnya!

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat mandi air hangat untuk kesehatan pertama, yaitu untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Menurut sebuah penelitian, mandi air hangat hingga ke bagian leher itu baik untuk pembuluh darah.

Hal itu karena jantung bekerja lebih keras dan cepat saat tubuh berendam dalam air hangat.

Mandi rutin menggunakan air hangat juga melatih jantung untuk bekerja lebih keras, sehingga meningkatkan sirkulasi darah.

2. Meringankan Nyeri Otot

Selain meningkatkan sirkulasi darah, mandi dengan air hangat juga dapat meringankan otot tubuh yang sakit atau kencang.

Tapi kalau Anda ingin merasakan khasiat yang lebih, Anda bisa menambahkan garam epsom ke dalam bak mandi yang berisikan air hangat.

Karena, dengan mencampurkan garam epsom, itu dapat membantu mengurangi peradangan pada persendian yang disebabkan oleh radang sendi atau penyakit otot lainnya.

3. Membakar Kalori

Jika Anda sedang malas untuk melakukan olahraga, Anda bisa manfaatkan air hangat untuk mandi. Karena keringat yang keluar usai mandi dengan air hangat, itu bisa membakar lemak yang banyaknya setara dengan kamu berjalan-jalan.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Air hangat juga memiliki manfaat yang baik bagi penderita tekanan darah tinggi. Tapi sebelum melakukannya, sebaiknya Anda mendapatkan persetujuan dari dokter Anda terlebih dahulu.

Jika sudah mendapatkan persetujuan dari dokter, lebih baik mulai mandi dengan air hangat untuk waktu yang cukup singkat, dan perlahan meningkat durasinya.

Hal itu karena saat mandi dengan air hangat, tekanan darah akan naik terlebih dahulu kemudian perlahan-lahan akan stabil.

5. Mengurangi Sakit Kepala

Salah satu penyebab terjadinya sakit kepala umumnya disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di otak.

Air hangat ini memiliki efek yang baik untuk pembuluh darah kita, yaitu untuk mengurangi tekanan pembuluh darah dan menyembuhkan sakit kepala.

6. Meredakan Gejala Flu

Mandi menggunakan air hangat sangat membantu untuk hidung yang sedang tersumbat dan batuk yang buruk.

Hidung yang mampat, penyebabnya adalah peradangan pada saluran hidung. Saat mandi menggunakan air hangat, uapnya akan membuat pembuluh di wajah dan hidung bergerak, sehingga melonggarkan penyumbatan lendir.

Selain itu, mandi air hangat ketika cuaca dingin juga membantu sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan virus. Dan pastinya menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

7. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Memiliki segudang aktivitas selama seharian penuh, membuat orang sulit mendapatkan waktu tidur efektif selama delapan jam dan susah untuk tidur nyenyak.

Salah satu cara untuk membuat tidur Anda lebih nyenyak, yaitu dengan mandi menggunakan air hangat sebelum tidur.

Pada malam hari, produksi melatonin atau hormon tidur meningkat, sehingga membuat rasa kantuk. Tapi, itu tidak serta-merta membuat tidur menjadi nyenyak.

Namun jika melatonin tidak meningkat saat hari gelap, itu pertanda Anda akan sulit untuk tertidur.

Nah, berendam dalam air hangat akan meningkatkan suhu tubuh dan akan keluar lebih cepat untuk mendinginkannya. Dengan begitu, dapat memicu produksi melatonin dan Anda akan merasakan tidur nyenyak.

Baca Juga: Waktu yang Tepat untuk Mandi Air Hangat Agar Tidur Nyenyak

8. Menghilangkan Stres

Cara menghilangkan stres dengan mudah adalah membasahi tubuh Anda dengan menggunakan air hangat. Manfaat mandi air hangat bisa membuat pikiran Anda lebih tenang dan santai.

Anda juga bisa menambahkan essential oil seperti eucalyptus atau lavender yang telah terbukti membantu meringankan stres.

Itulah berbagai manfaat mandi air hangat untuk kesehatan tubuh dan mental. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

Jika Anda ingin mandi air panas dan tidak ingin melalui kesulitan, saat ini Solahart Handal membantu Anda untuk mewujudkan keinginan mandi menggunakan air hangat.

Solahart Handal hadir untuk memberikan kenyamanan untuk Anda selama cuaca kurang bersahabat.

Untuk informasi lainnya terkait produk Solahart Handal, Anda bisa menghubungi 0813-8617-9609 atau sales page Kami pada laman www.solaharthandal.com.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *