Home » Blog » Kesehatan » Inilah Waktu yang Tepat untuk Mandi Air Hangat agar Mendapatkan Tidur yang Nyeyak

Inilah Waktu yang Tepat untuk Mandi Air Hangat agar Mendapatkan Tidur yang Nyeyak

mandi air hangat untuk tidur nyenyak

Pagi hari dengan cuaca yang dingin memang paling enak mandi air hangat, untuk menyegarkan tubuh dan membuat tubuh tidak mengigil.

Tapi mandi air hangat saat malam hari juga akan terasa segar dan menenangkan tubuh. Pasalnya usai seharian melakukan rutinitas, otot-otot tubuh akan beristirahat dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Selain itu, tubuh juga akan lebih rileks dan pikiran lebih tenang.

Dilansir dari Liputan6.com, para ahli mengatakan bahwa mandi pada malam hari menggunakan air hangat bisa meningkatkan kualitas tidur.

Tapi jangan mandi mepet dengan waktu tidur, lebih baik mandi malam beberapa jam sebelum waktu tidur Anda.

Hal ini dikarenakan, suhu tubuh memiliki peran penting untuk mengatur ritme sirkadian yang menjadi sintal bagi tubuh kapan waktunya tidur.

Selain untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, Anda bisa juga mengetahui berbagai manfaat mandi air hangat untuk kecantikan dan kesehatan disini

Dari pagi hingga sore hari, suhu tubuh Anda secara alami akan mengalami kenaikan, setelah itu suhu tubuh akan mulai turun dan membutuhkan pendinginan.

Nah, itu merupakan sinyal yang memberitahu Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur. Efek ini juga membuat tubuh Anda mulai mengantuk, sebagai pertanda untuk segera beristirahat.

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa menghangatkan tubuh dengan mandi itu akan membantu tidur Anda lebih nyenyak.

Tetapi untuk mendapatkan efek tidur yang nyenyak tersebut, mandilah selama 20 menit. Jangan terlalu lama atau terlampau malam.

Untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak, sebaiknya Anda perlu mengetahui waktu yang tepat untuk mandi air hangat sebelum tidur.

Waktu yang Tepat Untuk Mandi Air Hangat

Dianjurkan Mandi 1,5 Jam Sebelum Tidur

Sebisa mungkin, Anda harus mengatur waktu mandi agar mandi kamu selesai dalam waktu 1,5 jam sebelum Anda tidur. Karena nantinya tubuh memiliki waktu untuk menjadi dingin, kering dan Anda pun siap untuk tidur.

Jika terlalu mepet dengan waktu tidur, kemungkinan badan Anda masih belum kering total, sehingga membuat tidur kurang nyaman, yang justru mengakibatkan tidur tak nyenyak.

Selain itu, perhatikan juga suhu air yang ideal. Anda bisa membacanya pada artikel: Ketahui Suhu Air yang Ideal untuk Tubuh Bagi yang Gemar Mandi Air Hangat

Dan lagi, mandi dengan air hangat saat malam hari juga dapat membersihkan wajah. So, badan jadi bersih dan rileks, wajah pun kinclong.

Sebelum tidur membersihkan wajah itu akan membersihkan kulit, sehingga wajah bebas dari jerawat dan terhindar dari kerutan. Pemakaian krim malam dan pelembab juga akan meresap dan bekerja lebih aktif.

Sumber: Liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *