Home » Blog » Kesehatan » 7 Manfaat Rutin Minum Air Hangat Yang Tidak Disangka

7 Manfaat Rutin Minum Air Hangat Yang Tidak Disangka

Manfaat minum air hangat

Manfaat Minum Air Hangat – Rutinitas untuk meminum air putih setelah makan atau beraktivitas, mungkin sering Anda lakukan. Namun, tahukan Anda jika meminum air hangat ternyata memiliki beberapa keunggulan untuk tubuh, daripada dengan meminum air biasa?

Kegiatan rutin meminum air hangat bukanlah hal sepele. Walaupun meminum segelas air hangat terlihat sangat sederhana, namun manfaat yang Anda dapat tidak sesederhana seperti saat Anda menyiapkannya.

Inilah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika rutin minum air hangat!

1. Meredekan Gejala Hidung Tersumbat

Saat Anda masih kecil dan terserang gejala hidung tersumbat, orang tua selalu menyarankan Anda untuk meminum air hangat.

Bukan tanpa alasan, karena saat Anda meminum air hangat, maka uap dari air hangat tersebut akan masuk ke dalam lubang hidung, yang nantinya akan membuat lendir dalam hidung mudah bergerak dan akan mudah untuk dikeluarkan.

Selain itu, manfaat dari air hangat yang Anda minum juga akan melegakan tenggorokan.

2. Menenangkan Saraf Pusat

Jika Anda panik, cobalah untuk meminum segelas air hangat. Ini dapat mempengaruhi sistem saraf pusat agar lebih tenang dan mengurangi rasa nyeri.

3. Meredakan Stress

Seperti manfaat sebelumnya, manfaat minum air hangat yang satu ini dapat membantu psikologis Anda.

Jika Anda merasakan stres akibat kerjaan yang menumpuk atau ruwetnya kemacetan jalanan, Anda dapat mencoba untuk meminum segelas air hangat yang dicampurkan dengan susu.

4. Melancarkan Aliran Darah

Manfaat minum air hangat selanjutnya dapat memperlancar aliran darah. Fungsi dari air hangat sendiri adalah sebagai vasilidator, yaitu dapat membantu tubuh Anda untuk melebarkan pembuluh darah.

Dengan begitu, aliran darah dalam tubuh Anda akan lebih lancar lagi, tubuh pun akan terasa rileks, serta mengurangi rasa nyeri. Efek ini pun sama seperti manfaat mandi menggunakan air hangat.

5. Baik untuk Pencernaan

Jika terjadi masalah dalam pencernaan Anda, jangan khawatir, minumlah air hangat secara teratur!

Dengan minum air hangat, dapat membantu usus berkontraksi, yang berfungsi untuk mengeluarkan sisa makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan begitu, pencernaan Anda akan terasa lebih nyaman dan tidak ada lagi masalah sembelit.

6. Detoksifikasi

Anda tidak perlu pusing lagi untuk membeli produk-produk detoks yang mahal harganya. Cukup biasakan minum air hangat secara rutin, dan tubuh Anda akan dapat manfaat yang luar biasa dalam hal detoksifikasi.

Air dengan suhu yang hangat, akan memancing respon tubuh untuk mendinginkannya, sehingga keluarlah yang namanya keringat. Nah, keringat ini juga akan mengeluarkan racun dalam tubuh, serta membersihkan pori-pori kulit.

Double manfaat bukan? Baik untuk kesehatan maupun kecantikan kulit!

Untuk hasil maksimal, jangan lupa imbangi dengan olahraga yang juga akan mengeluarkan keringat. So, detoks dalam tubuh Anda akan berjalan lebih maksimal lagi.

7. Menurunkan Berat Badan

Punya masalah dengan berat badan? Cobalah cara alami dengan manfaat air hangat ini!

Dengan mengonsumsi air hangat secara rutin, akan mengoptimalkan metabolisme tubuh jadi lebih aktif, sehingga sangat disarankan bagi mereka yang sedang dalam program diet.

Minum air hangat yang baik dapat Anda lakukan saat bangun tidur, maupun sebelum tidur. Pastikan Anda meminum air yang tidak terlalu panas, sehingga manfaat minum air hangat dapat Anda serap sepenuhnya!

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Jangan lupa untuk istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, serta mengonsumsi makanan bergizi sebagai gaya hidup sehat Anda!

1 tanggapan pada “7 Manfaat Rutin Minum Air Hangat Yang Tidak Disangka”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *