Home » Blog » Ikan Hias » Makanan Terbaik Ikan Arwana Biar Cepat Besar dan Warnanya Bagus

Makanan Terbaik Ikan Arwana Biar Cepat Besar dan Warnanya Bagus

Makanan Terbaik Ikan Arwana Biar Cepat Besar dan Warnanya Bagus

Makanan Terbaik Ikan Arwana Biar Cepat Besar dan Warnanya Bagus – Agar ikan arwana dapat tumbuh dengan baik, dan dapat mengeluarkan poternsi warna terbaiknya, tidak cukup hanya dengan melakukan perawatan seperti tanning saja. Namun, harus didukung dengan asupan yang bergizi. Itu yang paling penting!

Tetapi, media perawatan seperti aquarium atau peralatan penunjang lain juga tak kalah penting dalam urusan pertumbuhan ikan.

Makanan Terbaik Ikan Arwana Biar Cepat Besar dan Warnanya Bagus

Berbicara soal makanan, berikut adalah beberapa makanan terbaik untuk ikan arwana biar ikan cepat besar, serta dapat mengeluarkan potensi warna terbaiknya. Apa saja?

1. Kelabang

Kelabang atau lipan merupakan salah satu makanan terbaik untuk ikan arwana. Hewan ini pun menjadi makanan favorit bagi si arwana.

Serangga kecil ini dipercaya mampu mencerahkan warna ikan arwana, khususnya untuk jenis seperti super red dan arwana golden red.

Dari segi protein, sama seperti serangga pada umumnya. Kelabang juga memiliki protein yang cukup tinggi yang bagus untuk pertumbuhan ikan arwana.

Tapi, tidak disarankan untuk memberi kelabang yang sudah mati, karena takutnya ikan arwana terkontaminasi bakteri patogen.

2. Kodok

Untuk memberi ikan arwana variasi makanan hidup yang mengenyangkan, Anda bisa memberinya kodok yang kaya protein.

Kodok bagus dijadikan pakan arwana untuk tujuan pembesaran. Namun, yang Anda jadikan pakan adalah kodok kecil atau anak kodok, bukan yang besar-besar.

Di habitat alaminya, ikan arwana juga memakan kodok. sehingga tak salah kalau Anda sesekali memberi arwana Anda kodok.

3. Maggot (Belatung)

Bagi banyak orang, belatung adalah hewan yang menjijikan. Tapi ternyata, belatung menjadi makanan favorit bagi ikan arwana.

Selain itu, belatung alias maggot juga memberi dampak positif bagi pertumbuhan ikan.

Kandungan proteinnya yang tinggi, membuat ikan arwana yang Anda pelihara akan cepat besar. Anda bisa menjadikan maggot sebagai makanan utama, atau sebagai variasi makanan.

Tak perlu repot untuk berburu belatung, kini Anda bisa mendapatkan belatung yang sudah diolah (belatung kering) di toko-toko online.

4. Pelet Khusus Ikan Arwana

Makanan terbaik untuk ikan arwana biar cepat besar dan warnanya cerah selanjutnya adalah pelet.

Pelet merupakan makanan ikan paling umum, tetapi sebenarnya paling lengkap jika berbicara soal nutrisi.

Pakan buatan ini tidak hanya diisi oleh protein saja, tetapi kadang ditambah elemen-elemen penting yang bagus untuk pertumbuhan maupun kecerahan warna ikan.

Ada banyak pilihan pelet untuk ikan arwana dengan berbagai merk. Ada yang khusus untuk pertumbuhan, maupun menaikkan warna ikan.

Harga dan ukurannya pun bervariasi, mulai puluhan ribu sampai ratusan ribu per packnya.

Untuk ikan arwana anakan, Anda bisa memberi pelet ukuran kecil, yang penting sesuai dengan ukuran mulutnya. Saat dewasa, Anda bisa menggantinya dengan pelet ukuran lebih besar.

5. Jangkrik

Satu lagi makanan terbaik untuk ikan arwana yang menawarkan protein tinggi, yaitu jangkrik.

Untuk jenis arwana golden red, jangkrik sangat bagus untuk membuat sisiknya menjadi lebih menarik. Bagi anakan, jangkrik membuat mereka bergerak lebih aktif.

Yang perlu Anda perhatikan dalam memberikan jangkrik, jangan lupa untuk membuang kaki dan bagian-bagian tajam lainnya. Takutnya dapat melukai mulut ikan.

Namun menurut beberapa para penghobi, memberikan jangkrik terlalu banyak akan membuat tubuh ikan agak kecoklatan. Sehingga, ada baiknya jika pemberian jangkrik hanya sebagai selingan saja, bukan makanan pokok.

Baca Juga: Makanan Terbaik Ikan Louhan

6. Udang

Krustasea ini memang sangat terkenal sebagai pakan terbaik untuk berbagai jenis ikan hias karnivora/omnivora.

Bukan tanpa sebab, itu karena udang memiliki kandungan protein tinggi, lemak, dan dipercaya dapat meningkatkan kecerahan warna ikan. Hal tersebut juga berlaku bagi ikan arwana.

Anda bisa memberinya potongan udang yang sudah dibuang kaki, cangkang dan kepalanya.

Ada baiknya untuk memberikan udang laut ketimbang air tawar, karena kandungan gizinya lebih tinggi secara keseluruhan.

Jika tidak mau repot, Anda bisa membeli udang banyak, lalu potong kecil-kecil dan bekukan di freezer. Jadi, kapan pun Anda mau memberi arwana makan, Anda tinggal ambil saja di lemari es.

Baca Juga: Cara Membuat Akuarium Udang

7. Ikan Kecil-kecil

Di alam liar, arwana adalah ikan predator yang berburu ikan-ikan kecil untuk dijadikan makanan. Begitu pun saat Anda memeliharanya di aquarium, tak ada salahnya memberikan ikan-ikan kecil ini sebagai makanan utamanya.

Anda bisa memberi anakan ikan mas, ikan nila, maupun ikan lele sebagai pakan.

Ikan-ikan kecil ini bermanfaat untuk pertumbuhan arwana. Itu karena kandungan protein yang terdapat pada ikan.

Cuma Anda tetap perlu waspada, karena ikan yang Anda beli belum tentu steril. So, ada baiknya Anda memisahkan dulu ikan pakan di aquarium karantina.

8. Cacing

Cacing juga mengandung protein yang cukup tinggi. Hal itu tentunya bagus untuk pertumbuhan arwana, maupun anakan arwana agar tumbuh lebih cepat.

Anda bisa memberi cacing darah (bloodworm), cacing tanah, maupun cacing beku.

9. Kecoa Madagaskar

Kecoa asal Madagaskar ini berbeda dari kecoa rumahan yang biasa kita temui. Bentuknya lebih besar, dan kandungan proteinnya sangat tinggi. Harganya pun lebih mahal!

Untuk arwana, kecoa madagaskar dipercaya dapat mempercantik warna ikan, terutama untuk yang berwarna merah.

Anda tidak perlu ke Madagaskar untuk mendapatkan pakan ini, sudah banyak toko ikan hias atau toko hewan yang menjualnya. Karena, selain dijadikan sebagai makanan arwana, kecoa madagaskar juga kerap dijadikan hewan peliharaan yang menarik.

Baca Juga: Penyebab Ikan Tidak Mau Makan

Nah, itu tadi daftar makanan ikan arwana biar cepat besar dan warnanya bagus. Sebagai tips tambahan, ada baiknya kalau Anda memberi makan arwana sesuai kebutuhan, dan diselang-seling agar ikan tidak mudah stres.