Home » Blog » Ikan Hias » 5 Fakta Menarik Tentang Udang yang Jarang Orang Ketahui

5 Fakta Menarik Tentang Udang yang Jarang Orang Ketahui

Loading...
Fakta udang

Krustasea yang satu ini memang sudah terkenal dijadikan sebagai bahan makanan, maupun hewan peliharaan yang menarik. Namun, apa Anda pernah dengar fakta tentang udang yang mengejutkan berikut ini?

Jika menjadi bahan makanan, udang terkenal dengan tekstur dan rasanya yang lezat. Di samping itu, hewan ini pun memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, sehingga baik untuk kesehatan.

Jika dijadikan hewan peliharaan, udang mampu bertindak sebagai hewan pembersih yang menjaga ekosistem di dalam akuarium tetap baik, dengan memakan sisa pakan maupun kotoran lain di akuarium.

Selain itu, secara penampilan udang juga terlihat menarik dengan warna yang beragam. Salah satu yang menarik adalah udang amano yang biasa dijadikan fauna untuk aquascape.

Selain itu, udang air laut pun cukup menarik untuk menghiasi akuarium dan bertugas untuk bersih-bersih.

Loading...

Fakta Menarik Udang

Yuk, simak fakta menarik tentang udang!

1. Mencegah Kanker

Makan udang tidak hanya akan memuaskan lidah Anda saja, tetapi ada manfaat lebih di dalamnya. Udang mengandung selenium, mineral antioksidan yang melawan pertumbuhan radikal penyebab kanker dengan mengaktifkan enzim dalam tubuh Anda.

Jika Anda menjadikan udang sebagai bagian dari menu makanan rutin Anda, secara tidak langsung Anda sudah mengurangi risiko terkena kanker.

2. Udang adalah Omnivora

Sebelum Anda mengonsumsi udang di restoran seafood, udang mengonsumsi semua jenis organisme lain. Biasanya, udang makan dengan menyaring air di sekitarnya atau memilah-milah dasar laut untuk mencari materi mikroskopis tumbuhan dan hewan.

Jenis udang tertentu juga akan menangkap dan memakan ikan kecil untuk melengkapi makanannya.

Loading...

3. Ada Ribuan Jumlah Spesies Udang di Perairan

Di seluruh dunia, ada lebih dari 2.000 spesies udang yang berbeda. Legiun udang ini ada di setiap ceruk laut yang diketahui manusia, dari daerah tropis hingga Samudra Antartika.

Di Amerika Serikat bagian selatan, spesies udang yang paling umum adalah Gulf Pink Shrimp, Gulf White Shrimp, dan Gulf Brown Shrimp.

4. Ukuran Udang yang Bervariasi

Ukuran udang sangat bervariasi tergantung pada spesiesnya. Udang kecil, atau jenis yang biasa Anda lihat, rata-rata panjangnya sekitar setengah inci dari kepala hingga ekor.

Namun, beberapa spesies dapat tumbuh hingga 30 cm bahkan lebih panjang. Udang macan bahkan bisa tumbuh sepanjang lengan orang dewasa dan memiliki lebih banyak daging ekor daripada lobster pada umumnya.

Baca Juga:

Loading...

5. Memainkan Capitnya untuk Berkomunikasi

Spesies udang tertentu dapat mengeluarkan suara gertakan yang keras dengan membenturkan penjepit besar dan kecilnya secara bersamaan.

Saat udang melakukan hal tersebut, suaranya lebih keras dari kebisingan laut lainnya. Pakar kelautan yakin udang melakukan hal seperti itu untuk berkomunikasi dengan udang lain atau membuat pingsan mangsanya sementara.

Itulah bebera fakta menarik tentang udang yang jarang orang ketahui. Semoga menambah wawasan Anda!