Home » Blog » Umum » 13 Fakta Menarik Tentang Planet Merkurius

13 Fakta Menarik Tentang Planet Merkurius

Planet Merkurius Fakta Menarik tentang Planet Merkurius

13 Fakta Menarik tentang Planet Merkurius – Merkurius adalah salah satu planet di rangkaian tata surya kita, yang juga planet terdekat dengan matahari. Planet ini sudah menjadi objek pengamatan sejak 2.200 tahun silam.

Sayangnya, belum banyak yang mengetahui tentang merkurius ini, atau bisa jadi planet ini kalah populer dengan planet-planet lainnya.

Planet ini jarang terlihat, oleh karena itu selalu sulit bagi para astronom untuk mengamatinya melalui teleskop.

Selain itu, karena jaraknya yang terlalu dekat dengan matahari, untuk melihat planet ini menjadi tantangan tambahan..

Terlepas dari posisinya di tata surya, banyak yang menganggap bahwa Merkurius adalah salah satu planet paling menarik. Ingin tahu lebih banyak tentang planet ini? Yuk, dibaca sampai habis!

1. Dinamai Sesuai Dewa Yunani

Planet ini dinamai sesuai dengan nama dewa Yunani, yaitu Hermes, yang juga disembah oleh orang Romawi dan disebut Merkurius. Hermes dikenal sebagai utusan para dewa.

Orang Yunani menyebut planet ini sebagai Apollo pada siang hari dan Hermes pada malam hari.

2. Salah satu dari Lima Planet Asli

Merkurius juga disebut-sebut sebagai salah satu dari lima planet “asli”. Yang lainnya adalah Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Merkurius bisa terlihat dari Bumi dengan mata telanjang.

Oleh karena itu, tak heran kalau awal milenium kedua sebelum masehi bangsa Sumeria telah menyebut planet ini sebagai planet Nabu.

Pada tahun 265 sebelum masehi, seorang astronom Yunani yang bernama “Timocharis” melakukan pencatatan secara resmi tentang planet ini.

3. Planet Terdekat dengan Matahari

Seperti yang dibahas diawal, Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari di tata surya kita.

Karena begitu dekat dengan matahari, sinar yang menyinari planet ini lebih kuat hingga tujuh kali daripada di Bumi.

Dengan kata lain, Merkurius bukan tempat terbaik untuk mendapatkan kulit yang sehat.

4. Planet Terkecil di Tata Surya

Merkurius juga merupakan planet terkecil di tata surya. Planet ini memiliki diameter 4.879 kilometer.

Sebagai catatan, diameter ekuatorial Pluto hanya 2.302 kilometer, sekitar setengah lebar Merkurius, tetapi Pluto sudah tidak dianggap sebagai planet utama lagi.

5. Planet Paling Padat Kedua

Meskipun ukurannya sangat kecil, bukan berarti planet ini “kopong”, Merkurius merupakan planet yang sangat padat karena terdiri dari logam berat dan bebatuan.

Itulah yang menjadikan Merkurius sebagai planet terpadat kedua setelah Bumi di tata surya kita.

6. Memiliki Atomsfer yang Tipis

Banyak yang mengira bahwa Merkurius tidak memiliki atmosfer sama sekali, tetapi kenyataannya adalah bahwa Merkurius memiliki atmosfer, hanya saja sangat tipis.

Atmosfer tipis planet ini terus-menerus “tertarik” ke ruang angkasa oleh tekanan sinar matahari dan angin matahari, sehingga rasanya seperti tidak ada atmosfer sama sekali.

7. Planet Terpanas Kedua

Secara letak, planet yang paling dekat dengan matahari seharusnya menjadi planet yang paling panas, tetapi faktanya Merkurius hanyalah planet terpanas kedua setelah Venus.

Walaupun menjadi planet terpanas kedua, tetap saja suhu disana tidak bisa untuk ditinggali, karena temperaturnya pada siang hari mencapai 450 derajat Celcius.

8. Malam yang Sangat Dingin

Meskipun temperaturnya sangat panas di siang hari (450 derajat Celcius), keadaan menjadi terbalik saat malam hari, suhu bisa turun sampai -184 derajat Celcius.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana mungkin planet yang terdekat dengan matahari bisa menjadi sangat dingin?

Jawabannya adalah karena Merkurius hampir tidak memiliki atmosfer untuk menjaga kehangatan di permukaan planet ini.

9. Memiliki Gravitasi Lemah

Karena Merkurius memiliki massa lebih sedikit dari Bumi, gravitasi pada Merkurius lebih kecil daripada di Bumi.

Sebagai perbandingan, gravitasi di permukaan Merkurius hanya sekitar 38% dari gravitasi permukaan di Bumi.

Sehingga, jika Anda memiliki berat 100 kg, maka di planet ini Anda hanya memiliki berat 39 kg saja!

10. Memiliki “Keriput”

Planet ini mungkin tidak memiliki bulan dan cincin apa pun, tetapi memiliki kerutan. Menurut para ahli NASA, kerutan pada permukaan planet disebabkan oleh penyusutan permukaan setelah pendinginan dan menyusutnya inti planet.

Ketika inti terus mendingin dan menyusut, permukaan terpaksa ikut menyusut juga dan menyebabkan “kerutan” yang tersebar di seluruh planet ini.

11. Planet Tercepat

Satu hal yang menarik tentang planet merkurius adalah perputarannya yang cepat. Merkurius merupakan planet yang memiliki perputaran tercepat, dengan dengan kecepatan rata-rata sekitar 170 kilometer per jam.

12. Hanya 88 Hari dalam Setahun

Karena kecepatannya yang super, maka Merkurius bisa mengelilingi matahari hanya dalam 88 hari Bumi. Secara perbandingan, planet kita membutuhkan 365 hari untuk melakukan hal yang sama.

13. Merkurius Memiliki “Ekor”

Gravitasi Merkurius terlalu lemah untuk menahan atmosfer yang tebal atau permanen. Ketika atom menguap dari permukaan planet karena foton matahari atau proses lainnya, beberapa atom ini membentuk ekor yang mengarah jauh dari matahari.

Baca Juga:

Itulah beberapa fakta menarik tentang planet Merkurius. Semoga bisa menjadi waawasan baru untuk Anda!