Home » Blog » Umum » 11 Fakta Menarik Tentang Planet Mars yang Jarang Orang Tahu

11 Fakta Menarik Tentang Planet Mars yang Jarang Orang Tahu

Loading...
Fakta planet mars

11 Fakta Menarik Tentang Planet Mars yang Jarang Orang Tahu – Alam semesta ini menyimpan banyak kejutan serta misteri yang menarik untuk terus disingkap tabirnya. Termasuk keberadaan planet-planetnya.

Pada bahasan kali ini, kita akan mengulas fakta tentang planet Mars yang terkenal dengan kilauan berwarna merahnya. Yuk, simak selengkapnya!

Fakta tentang Mars

  1. Nama “Mars” berasal dari Dewa Perang Romawi, yang juga menjadi planet keempat terdekat dari matahari di sistem tata surya kita.
  2. Mars juga terkenal dengan julukan ‘Planet Merah’ karena warnanya merah. Warna khas ini berasal dari sejumlah besar bahan kimia yang disebut oksida besi (karat) di batuan dan tanahnya.
  3. Mars adalah planet terkecil kedua di tata surya setelah Merkurius. Dengan diameter hanya 6.791 kilometer, itu sama saeperti setengah ukuran Bumi kita.
  4. Suhu di Mars bisa jauh lebih dingin daripada di Bumi, itu karena jaraknya lebih jauh dari matahari. Meski di khatulistiwa Mars suhunya mencapai 20 ° C, tetapi di kutubnya suhu bisa turun hingga -140 ° C.
  5. Gunung-gunung yang ada di Mars jauh lebih tinggi daripada gunung yang ada di Bumi, bahkan paling tinggi di seluruh tata sutya kita. Gunung yang tertinggi di Mars bernama Olympus Mons, yang tingginya mencapai 24 km. Itu setara dengan tiga kali tinggi Gunung Everest.
  6. Tahukah Anda, bahwa ada peninggalan planet Mars di Bumi ini. Pada masa lalu, asteroid menghantam Planet Merah, kemudian mengirimkan puing-puing ke luar angkasa. Beberapa di antaranya mendarat di Bumi kita sebagai meteorit.
  7. Anda bisa melompat sekitar tiga kali lebih tinggi di Mars daripada di Bumi. Itu bisa terjadi karena gravitasi planet jauh lebih lemah ketimbang di Bumi.
  8. Jika Anda suka melihat bulan di malam hari, maka planet Mars adalah tempat yang Anda impikan. Mars memiliki dua buah bulan, namanya Phobos dan Deimos.
  9. Satu hari di Mars adalah 24 jam 37 menit, hanya sedikit lebih lama daripada sehari di Bumi. Namun, setahun di Mars hampir dua kali lebih lama, yaitu 687 hari Bumi. Itu karena planet merah ini butuh waktu lebih lama dari Bumi dalam mengelilingi matahari.
  10. Dalam waktu lama, para ilmuwan percaya bahwa tidak ada air di permukaan planet Mars, hanya bebatuan, debu tanah dan es. Tapi, pada 2018 silam mereka menemukan bukti keberadaan danau di bawah lapisan es kutub selatan planet
  11. Sampai sekarang, belum ada satu pun manusia yang pernah menginjakkan kakinya di Mars. Tetapi, ilmuwan telah mengirim pesawat luar angkasa ke sana untuk membantu mereka meneliti planet yang menakjubkan ini. Pesawat ruang angkasa pertama yang mendarat di Mars adalah Viking Landers, yang mendarat di permukaan pada tahun 1976.
Pemasangan Solahart Handal

Baca Juga: Fakta Planet Merkurius

Itulah 11 fakta menarik tentang planet Mars yang perlu Anda ketahui. Semoga dapat menambah wawasan Anda!

Loading...