Home » Blog » Ikan Hias » 8 Macam Makanan Terbaik untuk Ikan Louhan

8 Macam Makanan Terbaik untuk Ikan Louhan

makanan terbaik ikan louhan

Makanan Ikan Louhan – Setiap makhluk hidup membutuhkan asupan makanan yang baik agar terhindar dari berbagai penyakit dan juga memaksimalkan pertumbuhan, termasuk ikan louhan.

Namun, terkadang memilih makanan yang baik untuk ikan louhan itu bukan perkara mudah, karena memerlukan waktu untuk melihat perkembangannya. Artinya saat louhan diberikan suatu pakan, progressnya tidak bisa langsung terlihat.

Dengan pemberian makanan ikan louhan terbaik, louhan akan terhindar dari penyakit, pertumbuhannya maksimal, warnanya cerah, mutiara terlihat jelas, sirip tumbuh sempurna, jenong tumbuh maksimal serta yang paling penting ikan sehat dan jauh dari stres.

Tapi, pakan saja tidak cukup untuk mendapatkan semua itu, semua akan balik lagi kepada genetika ikan dan bagaimana cara perawatannya. Namun pemberian pakan yang baik merupakan salah satu faktor penting dalam pemeliharaan ikan louhan.

Makanan Terbaik untuk Ikan Louhan

Pada dasarnya, ikan louhan adalah ikan karnivora, yang artinya butuh asupan protein hewani. Anda bisa memberikan dua jenis makanan berbeda, yaitu alami dan buatan.

Berikut akan Kami bahas mengenai makanan terbaik untuk louhan agar ikan bisa mengeluarkan semua potensi terbaiknya.

1. Cacing

Cacing-cacingan merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi ikan hias, termasuk louhan. Saat awal-awal booming louhan, banyak sekali yang menjual cacing tanah hidup, tapi sekarang agak sulit mendapatkannya.

Pemberian pakan alami berupa cacing ini dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan louhan, serta membuat body louhan menjadi kekar.

Selain itu, manfaat cacing untuk louhan ialah bisa menumbuhkan jenong dan merangsang pertumbuhan warna pada ikan.

Kalau Anda ingin mencari cacing, cobalah cari di tanah yang terlihat subur, ciri-cirinya banyak ditumbuhi tanaman dan tempatnya agak lembab.

Selain cacing tanah biasa, louhan juga sangat menyukai cacing sutera, dimana kandungan nutrisinya sama-sama baik. Anda bisa menemukan cacing sutera di toko ikan hias terdekat.

2. Udang

Makanan ikan louhan terbaik selanjutnya adalah udang. Jika Anda ingin ikan louhan Anda cepat merah, Anda bisa berikan udang secara rutin. Udang mengandung beta-karoten yang baik bagi pertumbuhan warna louhan.

Intinya kalau ikan louhan ingin cepat merah dan mutiaranya lebih keluar, Anda bisa berikan udang.

Tidak hanya sebatas louhan, udang juga sudah terkenal manfaatnya untuk memerahkan warna ikan arwana maupun ikan hias lain.

Selain membuat warna ikan menjadi lebih cerah, udang juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga pemberian udang juga baik untuk mempercepat pertumbuhan louhan.

Namun, Anda perlu memperhatikan saat memberikan udang pada louhan. Usahakan Anda mencuci bersih udang terlebih dahulu, buang kepala, ekor dan kulit udang yang berpotensi melukai mulut louhan. Lalu, Anda bisa potong kecil-kecil udang seukuran mulut ikan, agar lebih gampang dicerna.

Anda bisa memberikan udang laut maupun udang air tawar yang masih hidup. Kalau ingin memberikan udang hidup, usahakan Anda buang cangkang dan kepalanya dulu.

Selain udang segar, Anda juga bisa berikan udang yang sudah dibekukan. Memang tidak terlalu banyak yang jual udang beku, tapi Anda bisa buat sendiri, caranya:

  • Cuci bersih udang
  • Buang cangkang, ekor dan juga kepala udang
  • Potong kecil-kecil
  • Bekukan di dalam freezer

Saat ingin memberi makan, Anda bisa keluarkan udang beku dari freezer, diamkan sebentar hingga agak cair, lalu bisa Anda berikan seukuran potongan-potongan kecil.

Udang beku bisa awet lebih lama dibanding udang yang ditaruh di kulkas saja, biasanya yang tidak dibekukan berapa hari saja baunya sudah tidak sedap.

Selain memberikan udang segar maupun beku, alternatif lain adalah memberi udang yang sudah dikeringkan. Ada beberapa merk pakan yang membuat udang kering. Biasanya udang kering ini sudah diberikan tambahan nutrisi ataupun pemicu warna.

3. Jangkrik

Jangkrik juga mengandung protein yang cukup tinggi, sehingga baik untuk pertumbuhan ikan. Tapi, menurut beberapa penghobi berpengalaman, pemberian jangkrik yang terlalu sering dapat menyebabkan tubuh louhan menghitam.

Sisi positifnya, jangkrik dapat membuat marking pada tubuh louhan menjadi lebih jelas atau terang, dimana hal tersebut merupakan salah satu indikator louhan bagus.

Sebaiknya, berikan jangkrik ini sebagai pakan alami selingan bukan menjadi yang utama. Imbangi dengan memberikan udang dan cacing.

4. Cacing Beku

Cacing beku adalah makanan paling terkenal dan sangat disukai louhan. Jenis pakan beku ini adalah bloodworm (cacing darah) yang sudah dibekukan tanpa campuran apapun.

Pakan ini syarat akan kandungan protein sama seperti cacing pada umumnya. Cuma, pemberian cacing beku lebih simpel dan bisa disimpan dalam jangka waktu lama di freezer.

Manfaat cacing beku untuk louhan diantaranya bisa membuat body ikan lebih kekar, pertumbuhan lebih cepat, memancing warna, mutiara dan juga jenong pada ikan louhan.

5. Ulat Hongkong

Tidak hanya untuk burung saja, ulat hongkong juga salah satu pakan terbaik untuk ikan louhan. Ulat ini mengandung protein hewani yang sangat baik, sehingga khasiatnya dapat memaksimalkan pertumbuhan louhan.

Ulat hongkong bisa dijadikan pakan selingan yang baik untuk louhan sebagai variasi makanan.

Anda bisa mendapatkan jangkrik maupun ulat hongkong dengan mudah di toko-toko burung, walaupun beberapa toko ikan hias juga menjualnya.

6. Anakan Ikan Mas

Memberikan anakan ikan mas sebagai pakan sudah sangat umum, terlebih bagi pecinta ikan predator.

Anakan ikan yang masih hidup bisa diberikan kepada louhan untuk memancing agresifitas ikan, dan juga sebagai sumber protein dan lemak yang baik. Protein untuk pertumbuhan, sedangkan lemak diperlukan untuk memaksimalkan pertumbuhan jenong louhan.

Sebaiknya Anda memberikan ikan mas yang bisa masuk ke mulut louhan. Jika lebih besar, biasanya louhan hanya mematikan ikannya saja. Kalau sudah jadi bangkai, biasanya ikan tak mau makan bangkai tersebut, pada akhirnya bangkai ikan pakan akan mengotori air.

7. Potongan Ikan Segar

Selain memberikan anakan ikan mas atau ikan yang masih hidup, Anda juga bisa memberikan potongan ikan yang masih segar.

Potongan ikan segar seperti salmon atau lele juga baik sekali untuk louhan. Apalagi potongan salmon yang kaya asam lemak omega-3.

Daging salmon dipercaya baik untuk pertumbuhan louhan, terutama menumbuhkan jenong ikan. Perlu diketahui, jenong ikan louhan merupakan tumpukan lemak, sehingga membutuhkan asupan lemak yang baik.

Selain salmon dan lele, beberapa ikan yang kaya protein juga bisa Anda berikan seperti daging gurame, tuna, ikan mas atau ikan lainnya yang masih segar.

8. Pelet

Selain pakan alami di atas, pelet merupakan salah satu makanan terbaik untuk ikan louhan.

Keunggulan pelet dibanding pakan alami ialah pemberiannya lebih praktis, nutrisinya lebih lengkap, dan juga pastinya lebih higienis.

Ada berbagai macam pelet yang didesain khusus untuk tujuan tertentu. Misalnya, ada pelet yang didesain khusus untuk mencerahkan warna, pertumbuhan dan juga memaksimalkan jenong.

Yang perlu Anda perhatikan dalam memilih pelet louhan terbaik ialah kandungan di dalamnya, seperti mengandung protein yang tinggi di atas 40%, fiber, fat, dan dilengkapi dengan berbagai suplemen vitamin yang dibutuhkan louhan.

Jika di dalamnya terdapat bahan astaxanthin, spirulina atau beta-karoten, biasanya pelet ditujukan khusus untuk mempertajam warna.

Anda bisa berikan pelet ini sebagai pakan utama ataupun sebagai snack saja. Tapi kadang ikan louhan yang sudah biasa diberi pakan alami, enggan untuk makan pelet.

Harga pelet ini beragam, ada yang berkisar puluhan ribu hingga ratusan ribu Rupiah. Namun kalau berbicara hasil, akhirnya itu balik lagi ke genetik ikan serta kadang juga cocok-cocokan. Ada yang pakai pelet mahal tak kunjung memberi hasil, tapi pas menggunakan pelet murah malah perubahannya makin positif.

Oleh sebab itu, jika ditanya pelet merk apa yang terbaik untuk louhan, jawabannya akan tergantung kebutuhan dan juga bisa cocok-cocokan.

Kalau bisa, jangan berikan pelet secara total. Artinya perlu juga Anda selang-seling dengan pakan alami, karena ikan lebih suka pakan yang alami.

Baca Juga: Cara Mengatasi Ikan Louhan yang Tak Mau Makan Pelet

Kesimpulan

Makanan terbaik untuk ikan louhan adalah pakan yang kaya nutrisi serta disukai oleh ikan. Selain itu, diet yang bervariasi juga dibutuhkan ikan untuk kecukupan nutrisi.

Anda bisa memilih beberapa pakan di atas sebagai pakan utama. Namun yang paling umum adalah pemberian cacing beku dan pelet sebagai pakan utama.

Untuk pertumbuhan yang maksimal, Anda bisa berikan cacing beku, ulat hongkong dan ikan.

Untuk mempercepat pertumbuhan warna merah, Anda bisa berikan udang. Udang merupakan pakan alami terbaik agar louhan cepat merah dan juga membuat mutiara makin kinclong.

Jika ingin memperjelas marking louhan, Anda bisa berikan jangkrik. Tapi jangan diberikan terlalu sering.

Sedangkan pakan alami terbaik agar louhan cepat jenong adalah makanan yang kaya lemak dan protein seperti potongan salmon, udang, maupun cacing.

Pemberian pakan yang baik ialah tidak berlebihan maupun kurang. Yang penting berikan secara rutin dengan porsi secukupnya. Sebaiknya berikan pakan setiap 6 jam, atau pagi dan sore saja.

Meskipun beberapa pakan di atas sangat baik untuk louhan, tetapi pada akhirnya berpulang pada genetik ikan masing-masing. Jika indukan louhan tersebut tidak ada yang jenong, maka jangan berharap ikan bisa punya jenong yang bagus. Begitupun warna, jika tidak ada bakat warna, sulit untuk memunculkan warna.

Baca Juga: 5 Cara Membedakan Louhan Jantan dan Betina

Kesimpulannya, makanan ialah sarana untuk memaksimalkan potensi yang ada pada louhan, yang paling menentukan ialah faktor genetika ikan. Perawatan yang baik juga jadi salah satu kunci untuk memaksimalkan potensi ikan. Dan satu hal lagi, pemberian pakan terbaik bisa menjamin kesehatan ikan, itu yang paling penting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *