Home » Blog » Ikan Hias » Keong Assasin Aquascape: Cara Memelihara Lengkap

Keong Assasin Aquascape: Cara Memelihara Lengkap

assassin snail

Keong Assasin Aquascape: Cara Memelihara Lengkap – Dalam dunia aquascape, penting untuk memelihara hewan pembersih, tetapi bukan hanya kotoran saja, hama pun termasuk pengganggu yang perlu dibasmi untuk keseimbangan ekosistem, nah si keong assassin ini jagonya. Mari kita mengenal keong ini dan bagaimana cara memelihara keong assasin!

Assassin snail atau keong pembunuh (dalam bahasa Indonesia) memiliki nama latin Clea Helena yang berasal dari keluarga Buccinidae, yang habitat alaminya berasal dari Asia Barat Daya.

Keong assassin biasanya hidup di perairan segar yang hangat, tidak terlalu dalam dengan arus yang lambat.

Mereka adalah predator air tawar, berburu dan memakan siput hidup kecil serta organisme yang membusuk. Itu sebabnya keing ini sangat berguna bagi aquascape,

Karakter Keong Assasin

Keong assasin bergerak sangat lambat (seperti keong kebanyakan), jadi Anda tidak akan melihat ia aktif di aquarium. Ia akan lebih aktif pada malam hari.

Pada dasarnya, keong ini termasuk hewan yang tidak agresif, mereka tidak akan menyerang atau melukai ikan apa pun, hanya makhluk kecil dan cukup lambat untuk menjadi mangsa.

Ciri Fisik

Perbedaan paling menonjol antara keong assasin dengan jenis yang lain adalah cangkang berbentuk kerucut dengan garis-garis kuning dan coklat.

Oleh sebab itu, assasin snail juga kerap mendapat julukan keong lebah, karena motif garisnya yang mirip lebah.

Pada bagian kepala, keong ini memiliki sepasang tentakel pendek sensitif yang membantunya bergerak dan mencari makanan. Setiap tentakel memiliki mata di ujungnya untuk mendeteksi cahaya dan gerakan.

Selain itu, terdapat siphon berbentuk tabung panjang yang keluar dari cangkang, untuk bernapas.

Dari segi ukuran, keong assassin dapat tumbuh mencapai 7 cm, tapi rata-rata hanya sekitar 3 cm saja.

Jika medapat perawatan yang baik, keong akan hidup sampai 3 tahun, rata-rata hanya sampai 2 tahun.

Bagaimana membedakan keong assasin jantan dan betina?

Agak sulit untuk membedakannya, apalagi jika hanya dilihat dengan mata telanjang. Tetapi ia bukanlah hewan hermaprodit, artinya masing-masing spesies memiliki jenis kelamin yang jelas.

Baca Juga: Tanaman Aquascape Warna Merah yang Bisa Mempercantik Aquarium Anda

Cara Memelihara Keong Assasin

Setelah mengenal bagaimana karakter dan ciri fisiknya, mari kita bahas bagaimana cara memelihara keong assasin.

Makanan Keong Assasin

Anda tak perlu khawatir keong cantik ini akan memakan tanaman air Anda, karena mereka adalah karnivora. Bahkan, ia tak akan makan alga!

Jika tidak makan alga, kenapa bisa disebut hewan pembersih?

Beberapa jenis keong yang Anda pelihara, memiliki kemampuan berkembang biak dengan sangat cepat. Dalam jumlah sedikit, mereka akan menguntungkan, tapi jika sudah meledak populasinya, justru akan membuat tanaman bolong-bolong.

Nah, si keong assasin ini akan memakan keong-keong hama tersebut. Itulah gunanya!

Perlu diketahui, mungkin sejak awal setup aquascape Anda tak menempatkan keong ke dalamnya, tetapi tanpa disadari, tanaman air yang Anda beli terkadang membawa keong-keong kecil yang tak terlihat.

Makanan utama keong assasin seperti keong-keong kecil lainnya. Sedangkan makanan ringannya seperti siput Terompet Malaysia, keong Ramshorn, dan keong kolam.

Meskipun ia dapat membasmi hama keong yang tak diinginkan, tetapi ia juga akan makan sisa pelet yang jatuh, ikan-ikan mati, maupun organisme hidup kecil, dan makanan beku.

Agak sulit untuk mengetahui seberapa banyak Anda harus memberi mereka, karena mereka tidak memiliki jadwal makan. Tapi kapan pun assassin snail membutuhkan makan, ia akan mulai berburu sendiri.

cara memelihara keong assasin

Parameter Air dan Kondisi Akuarium

Untuk membuat keong nyaman, tentu Anda membutuhkan lingkungan yang tepat. Paling bagus yang menyerupai habitat alaminya.

Untuk ukuran akuarium, Anda tidak memerlukan space besar, cukup sediakan akuarium yang berkapasitas 40 liter sudah cukup. Maklum saja, ia bukan jenis hewan yang berukuran besar.

Parameter air ideal untuk keong assasin:

  • Suhu: 24 – 28° C
  • pH: 7 – 8
  • Kekerasan: Sedang

Sedangkan elemen lain yang juga penting dalam memelihara keong assasin di akuarium adalah substrat. Keong ini suka sekali menggali, sehingga Anda perlu menyediakan substrat pasir yang cukup tebal.

Tapi tenang saja, keong tak akan merusak akar tanaman, karena dia tidak menyukainya!

Apakah siput pembunuh ini membutuhkan aerator?

Banyak siput akuarium memang membutuhkannya, tetapi tidak dengan siput pembunuh.

Baca Juga: Ikan Green Terror Cichlid: Panduan Pemeliharaan

Tank Mates

Dalam cara memelihara keong assasin, satu hal yang tak bisa Anda lewatkan, yaitu memilih tank mates yang tepat.

Menarik saat membicarakan tank mates yang tepat untuk keong assassin, karena ia termasuk predator. Sehingga Anda harus cukup picky dalam memilih teman yang tepat.

Ia akan memangsa keong-keong lain yang ukurannya lebih kecil, tapi tidak dengan ikan dan tanaman Anda. Jadi masih aman untuk menambah ikan yang Anda inginkan, asalkan jangan yang terlalu kecil.

Ikan komunitas yang paling umum seharusnya tidak menimbulkan masalah, termasuk spesies kecil seperti cherry barb, guppies, neon tetra, cardinal tetra, dan celestial danios.

Spesies berukuran lebih besar seperti rainbow fish dan angelfish juga cocok untuk menemani si assassin snail ini.

Jika Anda berniat memelihara jenis siput lain, pastikan Anda memilih yang ukurannya lebih besar, atau minimal sama besar. Keong yang cocok seperti zebra nerite snail alias keong turbo.

Bagaimana kalau memelihara lebih dari seekor assassin snail?

Siput pembunuh ini hampir tidak menyadari keberadaan satu sama lain, jadi selama Anda tidak mengisi akuarium secara berlebihan, Anda dapat memelihara sebanyak yang Anda inginkan.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Ikan Beton

Well. itulah cara memelihara keong assasin alias assassin snail untuk aquascape. Semoga membantu!