Home » Blog » Ikan Hias » Tanaman Aquascape Warna Merah yang Bisa Mempercantik Aquarium Anda

Tanaman Aquascape Warna Merah yang Bisa Mempercantik Aquarium Anda

Tanaman Aquascape Warna Merah yang Bisa Mempercantik Aquarium Anda – Begitu banyak jenis tumbuhan air yang dapat mempercantik aquarium Anda, termasuk tanaman aquascape warna merah.

Umumnya, tanaman aquascape berwarna hijau yang menyejukkan mata, namun beberapa di antaranya ada yang berwarna cerah untuk menambah variasi warna dan keindahan.

Lalu apa saja tanaman aquascape warna merah yang bisa mempercantik aquarium? Berikut daftarnya!

Ludwigia Repens

Ludwigia Repens Tanaman Aquascape merah

Ludwigia Repens adalah salah satu tanaman aquascape warna merah yang paling umum digunakan. Itu karena kemudahan perawatannya, serta kombinasi warna yang cantik.

Anda mungkin mendapati tanaman air ini dengan nama lain, seperti Red-Leaf Ludwigia, Red Repens, atau Creeping Primrose Willow.

Spesies air tawar ini berasal dari keluarga Onagraceae, yang banyak tumbuh di AS dan Meksiko. Tanaman tumbuh subur di sungai, danau, dan kolam tropis.

Meskipun tidak selalu berwarna merah tua, namun yang paling banyak dicari dari tanaman jenis ini ialah yang memiliki daun merah tua.

Dari segi ukuran, Ludwigia Repens termasuk tanaman yang tinggi, bisa mencapai 12-20 inci atau sekitar 30 sampai 50 cm.

Dengan ukuran yang lumayan besar, membuat tanaman air ini cocok sebagai tanaman latar aquascape Anda.

Untuk perawatan, Anda bisa menjaga suhu air antara 20 sampai 27 derajat Celcius, dengan pH 6,0 sampai 8,0.

Dari sisi pencahayaan, Ludwigia Repens butuh intensitas cahaya sedang sampai tinggi selama 8 sampai 10 jam sehari.

Kabar baiknya, Anda tak perlu memberikan memberikan peralatan aquarium super mewah, seperti injeksi CO2 maupun pupuk.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat, sehingga Anda perlu memangkas bagian atas batang jika sudah tumbuh terlalu panjang.

Jika Anda ingin memperbanyak tanaman, Anda dapat menanam pangkalnya untuk membentuk tanaman baru, selama pemangkasan memiliki daun yang menempel.

Ludwigia Palustris

Ludwigia Palustris tanaman aquascape warna merah

Tanaman aquascape berwarna merah ini adalah spesies yang masih kerabat dekat dengan Ludwigia Repens, masih genus yang sama, dan termasuk anggota keluarga Onagraceae.

Ludwigia Palustris atau terkenal dengan nama Marsh Seedbox dan Water Purslane, adalah spesies yang berasal dari Amerika Utara.

Dari segi fisik, tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai lebih dari 30 cm. Selain itu, tingkat pertumbuhannya juga lumayan cepat, sehingga Anda perlu sering memangkasnya.

Lampu akuarium dengan tingkat pencahyaan tinggi dibutuhkan untuk merawat tanaman air ini. Lagipula, dengan pencahayaan kuat, karakter tanaman akan lebih keluar, dengan menampilkan warna merah yang kuat di seluruh bagian daun maupun batangnya.

Namun, pastikan Anda membeli varietas yang benar, soalnya Ludwigia Palustris juga ada yang berwarna hijau. Meskipun keduanya sama cantiknya.

Untuk merawat tanaman merah ini, Anda membutuhkan substrat yang kaya zat besi untuk membantu mencerahkan warna. Meskipun sifatnya tidak terlalu penting.

Injeksi CO2 pun dibutuhkan jika ingin tanaman tumbuh dengan optimal. Tetapi jika tidak menggunakannya juga tidak masalah.

Ludwigia Palustris termasuk tanaman kuat yang dapat tumbuh dalam berbagai kondisi. Ia dapat tumbuh pada suhu 13 sampai 25 deracat Celcius, dengan pH 5,0 sampai 7,0.

Ia dapat tumbuh dalam keadaan tenggelam maupun di permukaan, sebagaimana ia dapat tumbuh secara alami di danau dan tepi sungai.

Hal tersebut membuktikan bahwa tanaman aquascape warna merah ini lumayan kuat dan mudah beradaptasi.

Karena dapat hidup tenggelam maupun di permukaan, menjadikan Ludwigia Palustris cocok juga untuk paludarium.

Lobelia Cardinalis

Lobelia Cardinalis

Spesies ini dikenal sebagai Cardinal Flower atau Cardinal Plant. Termasuk tanaman berbunga dari keluarga Campanulaceae.

Lobelia Cardinalis berasal dari Amerika Utara, Tengah, dan Selatan. Ia tumbuh subur pada iklim tropis, di semua tempat basah seperti sungai dan rawa.

Tanaman ini begitu populer karena bunga merah intens yang mekar. Warna tersebut begitu kuat dan bahkan sangat menonjol daripada tanaman aquarium merah lainnya.

Daunnya berwarna hijau pada bagian atas, serta merah / ungu di bawahnya. Daunnya lebar dan lonjong dengan ujung bergigi.

Ketinggian setiap tanaman dapat bervariasi dari 10 sampai 30 cm.

Karena ukurannya begitu bervariasi, membuat tanaman merah ini cocok ditempatkan pada semua area aquarium. Tergantung pada ukuran yang dimiliki.

Untuk mempertahankan warna yang kuat, pupuk dan injeksi CO2 sangat dibutuhkan. Walaupun tanaman akan tetap bisa hidup meski tanpa CO2 dan pupuk.

Dari segi pencahayaan, Lobelia Cardinalis butuh cahaya sedang sampai tinggi.

Untuk suhu air, Anda harus mempertahankannya dalam rentang 17 sampai 28 derajat Celcius. pH antara 6,0-7,0.

Gunakan kerikil atau pasir halus sebagai substrat.

Pogostemon Stellatus

Pogostemon Stellatus

Pogostemon Stellatus atau Daun Lebar, adalah anggota keluarga Lamiaceae.

Tanaman air ini berasal dari Asia timur, tenggara dan Australia Utara. Di habitat alaminya ia mendiami sungai dan rawa-rawa beriklim tropis.

Sebenarnya perawatan Pogostemon Stellatus ini cukup mudah, akan tetapi untuk mengeluarkan warna terbaiknya memerlukan persyaratan tersendiri.

Untuk menghasilkan warna terbaik, Pogostemon Stellatus membutuhkan suplemen. Artinya membutuhkan pupuk atau injeksi CO2.

Pencahayaan yang tinggi juga merupakan suatu kewajiban.

Pogostemon Stellatus memiliki banyak varian, sehingga Anda akan menemukan beberapa warna dan bentuk yang berbeda.

Pada umumnya, tanaman aquascape merah ini memiliki daun tipis dan sempit bercabang dari batang yang bisa mencapai 24 inci.

Kualitas air untuk merawat Pogostemon Stellatus tidak begitu memusingkan, Anda hanya perlu menjaga temperatur di 15 sampai 32 derajat Celcius. Pertahankan pH antara 5.0 dan 7.0.

Gunakan substrat berbutir halus di sepanjang dasar akuarium Anda.

Baca Juga: Bucephalandra Aquascape: Si Cantik yang Tangguh

Alternanthera Rosaefolia

Alternanthera Rosaefolia

Genus Alternanthera termasuk salah satu yang cukup umum di industri aquarium, dengan banyak spesies dipelihara di rumah.

Spesies ini berasal dari keluarga Amaranthaceae dan biasa disebut Magenta Water Hedge. Nama tersebut memberikan gambaran tentang tampilannya.

Daun merah / ungu tumbuh di batang dan menghadirkan penampilan seperti semak jika mereka tumbuh dengan rapat.

Setiap tanaman dapat tumbuh mencapai 50 cm, sehingga paling cocok untuk aquarium berukuran besar.

Dari segi pertumbuhan, Alternanthera Rosaefolia termasuk tanaman yang tumbuh dengan lambat, sehingga cocok buat pemula yang tidak mau pusing soal perawatan.

Tanaman aquascape merah ini berasal dari Amerika Selatan, di mana ia tumbuh pada saluran air Amazon.

Dalam segi perawatan, Anda bisa memberikan substrat berupa pasir halus, suhu air pada kisaran 22 sampai 27 derajat Celcius dan pH 5,8-7,2.

Untuk memaksimalkan pertumbuhan, Anda bisa memberikan cahaya yang cukup intens.

Di sisi lain, pencahayaan yang tinggi dapat menyebabkan masalah alga, jadi Anda perlu rutin membersihkannya, atau menambahkan “cleaning crew” alias hewan pembersih.

Itulah bermacam-macam tanaman aquascape warna merah yang bisa mempercantik aquarium Anda. Apakah Sahabat Sola tertarik untuk merawatnya?