Home » Blog » Ikan Hias » 5 Ikan Hias Air Tawar Langka yang Harganya Fantastis

5 Ikan Hias Air Tawar Langka yang Harganya Fantastis

5 Ikan Hias Air Tawar Langka yang Harganya Fantastis – Dari waktu ke waktu, penghobi ikan hias terus saja bertambah, tak peduli kondisi ekonomi yang terjadi. Hal tersebut mendorong perdagangan ikan hias semakin gencar.

Namun, tak semua ikan dapat menjadi komoditas perdagangan, sehingga beberapa ikan hias air tawar langka kemudian menjadi buruan.

Kelangkaan ikan ini bukan berarti keberadaannya sudah langka di alam liar, tapi mungkin sulit ditangkap atau dibudidayakan. Dampaknya, perdagangan ikan jenis tertentu sangat langka di pasaran. Sudah pasti hal itu membuat harganya semakin melonjak.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka

Apa saja jenis ikan hias air tawar langka? Simak ulasan berikut ini!

1. Imperial flower loach (Leptobotia elongata)

Leptobotia elongata

Ikan ini tidak seperti jenis Loach pada umumnya. Pertama, ia bisa tumbuh panjang hingga beberapa kaki, kedua ia memiliki kepala yang agak pipih dengan sedikit mata seperti manik-manik.

Leptobotia elongata merupakan ikan yang berasal dari bagian sistem Sungai Yangtze yang jernih dan teroksigenasi dengan baik, di mana ia berada dalam ancaman serius karena pembangunan bendungan di sungai.

Di pasaran, Imperial flower loach ini bisa dijual dengan harga 3 juta lebih per ekornya. Harga yang cukup fantastis untuk ikan hias.

Para ahli menyarankan untuk memelihara ikan hias air tawar langka ini sebanyak empat ekor atau lebih dalam satu aquarium. Berarti Anda perlu mengeluarkan kocek lebih dalam lagi jika ingin memeliharanya secara berkelompok.

2. Zebra shovelnose catfish (Brachyplatystoma tigrinum)

Brachyplatystoma tigrinum

Ikan hias air tawar langka selanjutnya adalah Zebra shovelnose catfish. Meskipun sekilas ikan hias ini mirip Gold Zebra Catfish, namun spesies ini jauh lebih langka dan mahal. Bahkan harganya bisa tembus sampai 17 juta Rupiah per ekornya.

Zebra shovelnose catfish memiliki tubuh berwarna terang yang berlapis garis-garis bergelombang dan gelap. Garis-garis memanjang di atas sirip menghasilkan pola yang sangat tebal secara keseluruhan.

Ikan asal lembah sungai Amazon ini begitu menjadi incaran para penghobi ikan monster (berukuran raksasa), karena dapat tumbuh hingga lebih dari setengah meter. Ukurannya hampir seperti red tail catfish yang masih sebangsanya.

Baca Juga: Ikan Paling Berbahaya di Dunia

3. Golden gar (Atractosteus sp.)

Golden gar

Morf warna yang diduga xanthic ini cukup luar biasa. Sedikit lebih gelap di bagian atas dan memiliki semburat kuning ke oranye. Sekilas terlihat seperti warna emas.

Meskipun telah berhasil dibudidayakan, namun kebanyakan ikan jenis ini masih hasil tangkapan nelayan.

Harga ikan ini pun di pasaran cukup mencengangkan, tercatat sampai di atas 40 juta Rupiah per ekor. Hal itu menimbang biaya pembesarannya yang fantastis, karena si Golden Gar memiliki nafsu makan yang besar, serta media pemeliharaannya pun memakan biaya besar.

Baca Juga: 10 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Hidup Tanpa Aerator

4. Ikan pari polkadot air tawar (Potamotrygon sp.)

Potamotrygon ikan hias air tawar langka

Anggota genus ini seluruhnya adalah ikan air tawar (tidak biasa untuk hiu dan pari pada umumnya), serta merupakan salah satu ikan pari yang paling sulit dipelihara dan dikembangbiakkan di penangkaran.

Tapi sekarang sudah ada beberapa jenis pari air tawar yang berhasil hidup di penangkaran. Salah satu varietas tersebut adalah jenis polkadot.

Karena kelainan bentuk pada mulut pari jenis ini, maka pemberian makan harus dilakukan secara manual, yaitu dengan disuapi.

Meskipun demikian, nyatanya ikan langka ini menjadi incaran para penghobi dan harganya juga cukup menguras kocek.

Secara tampilan, ikan langka ini memang layak jika berharga mahal, mengingat bentuknya yang elegan dengan corak polkadot sepanjang tubuhnya.

Baca Juga: Ikan Hias yang Cocok Dipelihara untuk Pemula

5. Arwana Platinum

Arwana Platinum ikan hias air tawar langka

Ikan arwana mungkin sering Anda jumpai di aquarium-aquarium rumahan, namun sepertinya jarang yang memiliki jenis platinum.

Ciri khas arwana platinum yaitu memiliki tubuh yang berwarna putih sepenuhnya, namun tidak memiliki mata merah. Berbeda dengan tipe albino yang memiliki body berwarna putih, namun matanya berwarna merah. Kebanyakan hewan albino memiliki ciri-ciri demikian.

Beberapa orang mempercayai bahwa arwana jenis platinum ini membawa keberuntungan tersendiri. Karena faktor “luck” serta kelangkaannya, maka arwana platinum biasanya dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

Baca Juga: 13 Ikan Hias Air Tawar yang Gampang Dipelihara

Well, itulah beberapa jenis ikan hias air tawar langka yang harganya selangit. Apa Anda berencana untuk memeliharanya?