Home » Blog » Kesehatan » Ketahui Faktor Resiko Dari Obesitas

Ketahui Faktor Resiko Dari Obesitas

Faktor Resiko Obesitas

Ketahui Faktor Resiko Dari Obesitas – Banyak dari Kita yang mengetahui mengenai penyakit obesitas atau kelebihan pada massa tubuh.

Hal ini merujuk pada standar BMI atau Indeks Massa Tubuh dimana indeks yang ditunjukkan lebih dari 30.

Dari 10 negara yang terdaftar mengenai tingkat obesitas yang tinggi, Indonesia merupakan salah satu dari kesepuluh negara tersebut.

Obesitas juga dapat meningkatkan resiko penyakit akut lainnya seperti jantung dan Diabetes Melitus.

Diabetes Melitus sendiri terjadi kepada seseorang yang terjadi akibat gangguan metabolik yang mengakibatkan kadar gula dalam darah meningkat.

Peningkatan prevalensi dari Diabetes Melitus dipengaruhi oleh faktor resiko yang dapat dimodifikasi atau diubah khususnya akibat kurangnya aktivitas fisik, berat badan berlebih, dan obesitas. ( WHO, 2014)

Obesitas ini dikatagorikan sebagai penyakit kronis yang dapat menyebabkan beberapa penyakit tertentu atau penyakit penyertanya.

Jika massa tubuh semakin berlebih maka peluang untuk terjadinya penyakit lainnya akan semakin tinggi.

Pola makan ini tentu saja menjadi salah satu faktor terjadinya kelebihan berat badan.

Hal ini terjadi jika asupan yang Anda makan melebihi dari kalori yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh.

Kelebihan asupan inilah yang akan menjadi pengumpulan lemak didalam tubuh yang disimpan menjadi cadangan didalam tubuh dalam bentuk sel lemak yang tidak terbatas.

Tak hanya dari pola makan saja, pola hidup yang monoton dan kurangnya kegiatan fisik seperti olahraga teratur.

Menurut Baradero, M 2009, mengatakan bahwa resistensi insulin meningkat dengan adanya obesitas yang dapat menghalangi ambilan glukosa ke dalam otot dan sel lemak sehingga glukosa dalam darah meningkat.

Faktor Resiko Obesitas

Setelah mengetahui apa itu obesitas dan resiko penyakit lainnya yang dapat dialami oleh tubuh ketika memiliki berat badan yang berlebihan.

Disini Solahart Handal akan membahas beberapa faktor lainnya yang dapat meningkatkan resiko obesitas, diantaranya adalah:

Genetik

Tidak dapat dihindarkan lagi jika resiko faktor untuk obesitas dari bawaan genetic sudah dapat turun dari orang tua ke anak.

Jika kedua orang tua sama-sama memiliki masalah obesitas maka prosentase yang dapat diturunkan kepada anak semakin besar pula.

Pola Makan dan Pola Hidup

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pola makan yang sembarangan akan menyebabkan penumpukan kelebihan energi dalam bentuk sel lemak yang disimpan pada tubuh.

Hal ini dapat diperparah dengan pola hidup yang tidak sehat seperti kurangnya aktivitas olahraga.

Emosi

Emosi merupakan salah satu faktor psikis yang saling berkaitan dengan kegemukan.

Emosi seseorang ini bisa berupa bentuk stress atau depresi dan yang lainnya.

Ketika stress atau terjadi ledakan emosi lainnya, ada beberapa orang yang menyalurkannya kedalam makanan yang mereka makan,

berbeda pada umumnya jika sebagian orang yang hanya makan untuk sekedar mengisi tenaga kembali.

Walaupun emotional eating ini tidak menyebabkan kegemukan pada semua orang tetapi ini dapat menjadi pemicu terjadinya obesitas pada beberapa orang.

Kontrasepsi

Kontrasepsi hormonal merupakan salah satu faktor dari resiko terjadinya obesitas khususnya pada wanita usia subur.

Penggunaan kontrasepsi ini perlu dihindari terutama pada wanita yang memiliki kelebihan berat badan agar terhindarnya peningkatan berat badan lebih lanjut.

Hal ini dinilai dari penggunaan kontrasepsi ini sendiri karena cara kerjanya dengan cara meningkatkan kadar lemak tubuh dan retensi cairan.

Itulah beberapa faktor mengenai resiko obesitas yang dapat dialami semua orang.

Untuk itu perlulah dari sekarang untuk membiasakan dengan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan menghindari hal-hal yang beresiko pada kesehatan Anda.

Untuk informasi terkait kesehatan lainnya, Anda bisa klik pada tautan berikut ini:

Untuk info lebih lanjut Anda bisa lihat pada website Kami di https://solaharthandal.com/ atau hubungi Kami di nomor 0813-8617-9609.

Dapatkan promo menarik disetiap pembelian Solahart Handal dengan teknisi yang berpengalaman dan kualitas dan garansi resmi selama 5 tahun.

Solahart Handal Solusi Kebutuhan Air Panas Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *