Home » Blog » Ikan Hias » Cara Efektif untuk Membersihkan Kaca Aquarium

Cara Efektif untuk Membersihkan Kaca Aquarium

cara membersihkan kaca aquarium

Cara Efektif untuk Membersihkan Kaca Aquarium – Kaca aquarium merupakan elemen penting untuk melihat isi di dalamnya. Oleh sebab itu, kebersihannya harus senantiasa dijaga.

Jadi, dalam urusan pemeliharaan ikan hias, kita tidak hanya berfokus pada biotanya saja. Tempat perawatannya pun mesti kita perhatikan.

Banyak hal yang menyebabkan kaca aquarium menjadi kotor, seperti tumbuhnya lumut, jamur pada luar kaca, serta noda yang menempel. Lama-kelamaan, itu bisa menyebabkan kerak yang lebih sulit lagi untuk membersihkannya.

Meskipun banyak faktor yang menyebabkan kaca menjadi kotor, tapi banyak juga cara untuk membersihkannya.

Jika Anda ingin mengetahuinya, berikut ini Kami akan jelaskan cara membersihkan kaca aquarium yang baik dan benar.

Cara Membersihkan Kaca Aquarium Bagian Dalam

Terdapat dua sisi kaca pada aquarium, bagian dalam dan juga depan atau luar. Pertama akan kita bahas mengenai pembersihan bagian dalam.

Membersihkan kaca bagian dalam ini lebih repot dan susah ketimbang bagian luar. Karena, kaca bagian dalam bersentuhan langsung dengan air, jadi kemungkinan tangan kita mesti masuk ke dalam air.

Biasanya, kotoran pada dalam bagian kaca aquarium ini berupa lumut atau brown algae. Penyebabnya karena cahaya yang tanggung, atau karena aquarium menghadap matahari.

Ada beberapa cara membersihkan kaca aquarium bagian dalam yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Membersihkan secara manual dengan menggunakan lap, tisu, busa halus, spons atau bisa juga dengan kanebo. Yang penting bahan-bahan tersebut terbuat dari material halus yang tak berpotensi menggores kaca.
  • Menggunakan obat khusus anti lumut. Biasanya dijual di toko-toko ikan hias. Tujuannya mencegah lumut tumbuh di kaca.
  • Menaburkan sedikit garam. Garam dipercaya dapat menghambat pertimbuhan lumut.
  • Memelihara hewan pemakan alga. Cara ini lumayan efektif untuk memberantas lumut dan alga yang tumbuh di kaca. Bahkan, mereka juga akan membersihkan lumut di batuan dan material lain.
  • Menggunakan magnet pembersih kaca aquarium. Cara kerja alat ini yaitu dengan membersihkan kaca bagian dalam dan luar bersamaan. Jadi alat ini bekerja dengan menggunakan magnet di kedua sisinya, satu di dalam dan satu di luar. Anda bisa mendapatkannya di toko ikan hias terdekat dengan harga yang tak terlalu mahal.

Usahakan saat melakukan pembersihan secara manual (poin pertama), Anda juga bisa sekalian kuras atau lakukan pergantian air. Tujuannya agar lumut yang sudah dibersihkan bisa terbuang dari air.

Cara Membersihkan Kaca Aquariun Bagian Luar

Nah, untuk cara membersihkan kaca aquarium bagian luar ini agak lebih mudah. Soalnya tangan kita tak perlu masuk ke dalam air. Meskipun begitu, pembersihannya tidak bisa dilakukan secara sembarangan, takutnya bisa menggores kaca, atau bahkan membuat kaca tambah buram.

Adapun beberapa cara membersihkan kaca aquarium bagian luar yang baik dan benar seperti:

  • Menggunakan cairan khusus pembersih kaca, kemudian di lap dengan gerakan melingkar. Lapnya harus menggunakan bahan halus seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Menggunakan magnet pembersih kaca. Cara kerjanya sudah dijelaskan sebelumnya. Namun, khusus kaca aquarium bagian luar Anda bisa semprotkan cairan pembersih kaca terlebih dahulu, baru gunakan magnet untuk meratakan sekaligus membersihkannya.

Perlu diperhatikan, janganlah Anda membersihkan kotoran yang berkerak dengan pisau atau material yang tajam. Itu akan menggores kaca yang justru mengakibatkan kaca jadi tak bening lagi.

Misalkan ada kotoran kasar yang menempel pada kaca seperti bekas permen karet atau lumpur yang mengering, sebaiknya Anda congkel pakai tangan saja dulu, baru gunakan cairan pembersih untuk sisa noda.

Pastikan cairan pembersih tidak masuk ke dalam air aquarium, takutnya akan mencemari air.

Pemasangan Solahart Handal

Perawatan yang Perlu Dilakukan

Setelah mengetahui cara membersihkan kaca aquarium, maka Anda juga perlu tahu bagaimana merawatnya.

Usahakan saat Anda mulai melihat kotoran yang menempel di kaca, langsung saja bersihkan. Apalagi lumut yang ada dalam kaca aquarium. Kalau dibiarkan, lumut akan cepat sekali menyebar.

Hal tersebut juga berlaku pada bagian luarnya. Setelah melihat noda, cepat-cepat dibersihkan dengan cara yang sudah dibahas sebelumnya.

Sebaiknya posisi aquarium tidak terkena sinar matahari langsung dan tak langsung.

Kaca bagian luar bisa Anda bersihkan setiap hari dengan cairan pembersih, meskipun belum kotor. Hal itu bertujuan untuk menjaga kaca agar senantiasa kinclong. Kalau sudah kinclong, seisi akuarium jadi terlihat sangat jelas.

Kalau Anda melihat air aquarium yang keruh, pastikan kembali apakah kaca dalamnya yang kotor atau airnya yang memang sudah keruh. Terkadang air terlihat keruh disebabkan kaca bagian luar yang kotor, sehingga pandangan menjadi buram. Untuk mengeceknya, Anda bisa lihat air dari bagian atas.

Dalam membersihkan kaca, jangan menekannya terlalu keras, hati-hati! Anda sedang membersihkan kaca bukan baja! Takutnya aquarium retak atau bisa juga lem sambungan kaca terlepas.

Semoga tutorial cara membersihkan kaca aquarium di atas bisa membantu Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *