Home » Blog » Sosial » 5 Jenis Bidang Pekerjaan yang Ada di Masyarakat

5 Jenis Bidang Pekerjaan yang Ada di Masyarakat

Jenis Bidang Pekerjaan

5 Jenis Bidang Pekerjaan yang Ada di Masyarakat – Jenis bidang pekerjaan yang ada di masyarakat bermacam-macam. Setiap bidang pekerjaan menuntut keahlian tertentu. Keahlian tersebut dapat diperoleh dari sekolah atau melalui lembaga pendidikan.

Bidang pekerjaan itu meliputi pertambangan, agraris, industri, perdagangan, dan jasa.

Mari kita bahas satu per satu tentang jenis bidang pelerjaan tersebut.

1. Pertambangan

Jenis bidang pekerjaan pertama adalah pertambangan.

Kegiatan pertambangan adalah usaha menggali dan mengolah kekayaan yang disediakan oleh alam. Contohnya, usaha penambangan emas, penambangan batu bara, dan pengeboran minyak.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh pemerintah dan swasta dengan modal yang besar. Ada pula penambangan yang dilakukan oleh masyarakat umum, seperti pertambangan batu kapur serta pendulangan emas dan intan.

2. Agraris

Kegiatan di bidang agraris adalah usaha mengolah dan memanfaatkan tanah agar menjadi berdaya guna dan berhasil guna, meliputi usaha pertanian, usaha perkebunan, dan usaha perikanan darat.

Jenis tanaman yang diusahakan pada bidang pertanian di antaranya padi, jagung, dan sayuran.

Usaha perkebunan di antaranya perkebunan kelapa sawit, teh, dan kopi.

Adapun hasil perikanan darat di antaranya ikan mas, ikan gurame, dan udang windu.

3. Industri

Jenis bidang pekerjaan selanjutnya adalah industri. Kegiatan industri adalah usaha menghasilkan barang baru atau meningkatkan nilai guna barang.

Industri dikelompokkan dalam industri besar, menengah, dan kecil. Industri besar melibatkan jumlah tenaga kerja yang banyak dan menggunakan modal besar. Industri menengah menggunakan modal dan jumlah tenaga kerja yang lebih sedikit dari industri besar. Sementara itu, industri kecil biasanya dilakukan oleh perorangan dengan modal kecil.

Contoh kegiatan industri di antaranya industri mobil, industri mainan, dan industri sepatu.

4. Perdagangan

Kegiatan perdagangan adalah usaha membeli dan menjual kembali barang atau jasa.

Usaha perdagangan dapat dilakukan di pasar tradisional dan pasar modern (supermarket dan hypermarket). Ada juga yang membuka usaha dagang di rumah dengan membuka warung atau toko.

Barang yang diperdagangkan beragam dan biasanya mencakup barang kebutuhan sehari-hari. Contohnya, makanan, pakaian, dan barang kelontong.

5. Jasa

Kegiatan di bidang jasa adalah usaha menyediakan layanan yang diperlukan orang lain. Contohnya, jasa perawatan kesehatan, jasa transportasi, dan jasa pendidikan.

Jasa perawatan kesehatan disediakan rumah sakit melalui jasa dokter dan perawat. Jasa transportasi disediakan oleh usaha angkutan melalui jasa sopir, masinis, nakhoda, atau pilot. Adapun jasa pendidikan disediakan oleh lembaga pendidikan melalui jasa guru atau dosen.

Itulah berbagai jenis bidang pekerjaan yang ada di tengah-tengah masyarakat. Semoga menambah wawasan Anda!