Home » Blog » Sosial » Keberagaman Karakteristik Individu: Pengertian, Manfaat dan Contoh Sikap

Keberagaman Karakteristik Individu: Pengertian, Manfaat dan Contoh Sikap

Keberagaman Karakteristik Individu

Keberagaman Karakteristik Individu: Pengertian, Manfaat dan Contoh Sikap – Tokoh memegang peranan penting dalarn suatu cerita. Adanya tokoh membuat cerita menjadi lebih menarik. Demikian pula dalam kehidupan sehari-hari. Manusia berperan sebagai tokoh dalam kehidupan nyata.

Sama seperti dalam suatu cerita, manusia pun punya watak atau sifat yang berbeda-beda. Ada yang baik hati, jujur, dan rajin. Ada pula manusia yang memiliki sifat yang tidak baik, seperti pembohong dan malas.

Hal tersebut menunjukkan bahwa di Iingkungan kita terdapat keberagaman karakteristik individu.

Pengertian Keberagaman Karakteristik Individu

Keberagaman berasal dari kata ragam yang artinya bermacam-macam. Keberagaman manusia bukan berarti manusia itu bermacam-macam jenis seperti halnya hewan dan tumbuhan. Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan tetaplah satu jenis.

Keberagaman manusia dimaksudkan bahwa setiap individu memiliki perbedaan. Perbedaan itu ada karena manusia adalah makhluk individu yang mana setiap individu memiliki ciri khas tersendiri, seperti perbedaan karakteristik.

Pengertian Karakteristik

Lalu, apakah dimaksud dengan karakteristik?

Karakteristik adalah sifat dan kebiasaan seseorang serta nilai-nilai hidup yang dianut seseorang sehingga tercermin melalui perilaku sehari-hari yang mudah diperhatikan. Itu juga berarti ciri atau karakter secara alamiah yang melekat pada diri seseorang.

Karakteristik individu dalam masyarakat Indonesia beragam jenisnya, di antaranya meliputi fisik, kegemaran, pekerjaan, suku, tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, serta agama atau kepercayaan.

Masyarakat Indonesia rnerupakan masyarakat plural atau majemuk. Artinya, masyarakat Indonesia terdiri atas beragam karakteristik yang berbeda.

Keberagaman karakteristik masyarakat Indonesia bukan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa. Bukan pula sebagai sumber timbulnya konflik atau masalah.

Sebaliknya, bermacam-macam karakteristik yang ada pada masyarakat Indonesia merupakan kekayaan bangsa yang dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan Indonesia.

Contoh Sikap dalam Menghadapi Keberagaman Karakteristik

Bagaimanakah cara kita menghadapi keberagaman karakteristik masyarakat Indonesia sehingga tercipta persatuan dan kesatuan bangsa?

Berikut ini beberapa contoh sikap yang bisa Kamu terapkan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Menghormati dan menghargai setiap perbedaan yang ada.
  • Tetap mau berteman dengan orang lain yang berbeda karakteristiknya.
  • Membantu orang lain meskipun berbeda karakteristiknya.

Manfaat Keberagaman Karakteristik Individu yang Ada Pada Masyarakat

Banyak manfaat dari keberagaman karakteristik individu di masyarakat Indonesia. Beberapa manfaat yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Belajar menerima perbedaan (toleransi).
  • Belajar saling menghargai dan menghorrnati karakter setiap individu.
  • Belajar bersosialisasi dengan orang lain yang berbeda karakteristiknya.
  • Saling melengkapi sesama individu.
  • Hidup rukun datam masyarakat.

Baca Juga: