Home » Blog » Sosial » Faktor yang Mempengaruhi Perbedaan Masyarakat Indonesia

Faktor yang Mempengaruhi Perbedaan Masyarakat Indonesia

Faktor yang Mempengaruhi Perbedaan Masyarakat Indonesia

Faktor yang Mempengaruhi Perbedaan Masyarakat Indonesia – Indonesia merupakan negara yang banyak penduduknya, serta memiliki ragam budaya. Hampir di setiap daerah terdapat keberagamannya tersendiri.

Perbedaan yang timbul dalarn masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain sebagai berikut.

Faktor Sejarah

Faktor yang mempengaruhi perbedaan masyarakat Indonesia pertama adalah faktor sejarah.

Dalam sejarah mencatat bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan Selatan (indocina).

Pada waktu itu, bangsa Yunan Selatan sudah mulai berkembang dengan membawa kebudayaannya masuk ke Indonesia.

Sejalan dengan berkembangnya zaman, kemudian datanglah bangsa-bangsa asing ke indonesia. Mereka kemudian berinteraksi dengan penduduk setempat sehingga terjadi pembauran.

Bangsa asing yang datang dan berbaur dengan penduduk asli, yaitu bangsa India, Arab, Belanda, dan Tiongkok. Mereka membentuk budaya baru hasil pembauran yang kemudian menjadi ciri budaya di masing-masing daerah.

Faktor Geografi

Indonesia merupakan negara yang sangat luas yang terdiri dari kepulauan. Setiap pulau dibatasi oleh lautan. Di samping itu, Indonesia juga merupakan negara dengan banyak pegunungan.

Karena kedua faktor tersebut, maka di Indonesia terdapat batasan geografi.

Pembatasan laut menyebabkan munculnya hambatan dalam melakukan hubungan di antara pulau-pulau. Masing-masing pulau kemudian berkembang sesuai dengan alam yang ada di sekitar daerahnya.

Pembatasan akibat gunung yang tinggi dapat menghambat hubungan antara satu daerah dengan daerah lain. Dalam satu pulau terdapat banyak suku bangsa karena adanya hambatan berupa pegunungan.

Faktor Iklim

Iklim di indonesia berupa iklim tropis yang panas. Iklim yang ada di suatu daerah dapat berbeda dengan daerah lain. Hal ini dinamakan dengan iklim setempat.

Faktor iklim setempat dapat menyebabkan perbedaan cara hidup masyarakat.

Daerah beriklim panas dengan banyak sinar matahari dan curah hujan yang tinggi akan menjadi daerah yang subur. Karena itu, masyarakat pada daerah tersebut pada umumnya bermata pencaharian sebagai petani.

Daerah beriklim panas, tetapi sedikit turun hujan menyebabkan daerah tersebut kurang subur. Daerah ini banyak ditumbuhi semak belukar dan rumput sehingga menjadi padang rumput yang luas. Masyarakat yang tinggal di daerah seperti ini berkembang dengan pola hidup sebagai peternak. Kondisi masyarakat seperti ini misalnya terjadi pada suku bangsa-suku bangsa di wilayah Nusa Tenggara, seperti Flores, Ende, Timor, dan Sumbawa.

Daerah beriklim panas di pinggir-pinggir pantai menyebabkan masyarakatnya menjadi nelayan yang mengembangkan budaya menangkap ikan. Pola hidup sebagai nelayan tentu berbeda dengan pola hidup masyarakat yang mengolah tanah.

Baca Juga: Keberagaman Karakteristik Individu: Pengertian, Manfaat dan Contoh Sikap

Faktor Letak

Faktor yang mempengaruhi perbedaan masyarakat Indonesia selanjutnya adalah faktor letak.

indonesia terletak pada wilayah yang strategis dalam persimpangan lalu lintas dunia. Letak indonesia secara geografis adalah antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Australia. Indonesia juga diapit oleh dua samudra, yaitu Samudra Paslfik dan Hindia.

Posisi indonesia tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara terbuka. Artinya, negara Indonesia sangat mudah untuk mengadakan kontak budaya dengan bangsa asing dunia melalui jalur pelayaran dunia.

Ramainya lalu lintas perdagangan antar negara yang mau tidak mau harus melalui Indonesia, menyebabkan banyak pedagang asing yang singgah di Indonesia. Bahkan, banyak di antaranya yang akhirnya menetap di Indonesia.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan masyarakat Indonesia. Semoga menambah wawasan Sahabat Sola!