Home » Blog » Kesehatan » 7 Fobia Unik, Aneh dan Langka yang Benar-benar Terjadi

7 Fobia Unik, Aneh dan Langka yang Benar-benar Terjadi

Loading...
Fobia unik

7 Fobia Unik, Aneh dan Langka yang Benar-benar Terjadi – Banyak orang takut ketinggian, ruangan sempit, atau pada hewan buas. Sepertinya fobia demikian sering terjadi dan sudah sangat umum.

Tapi apa jadinya kalau ada orang yang membuka mata saja takut? Sangat menyusahkan bukan?

Well, kali ini Solahart Handal sudah mengumpulkan daftar 7 fobia aneh dan unik dalam dunia kesehatan. Simak ya Sahabat Sola!

1. Optophobia (Takut Membuka Mata)

Kebayang gak sih kalau ada yang punya fobia kaya gini?

Meskipun terdengar aneh, tapi Optophobia alias takut membuka mata merupakan kondisi medis yang benar-benar terjadi.

Loading...

Kabar baiknya, hanya sedikit sekali orang yang mengalami hal ini.

Penyebabnya bisa karena pernah melihat hal buruk, seperti melihat seseorang yang meninggal.

Fobia macam ini sebenarnya bisa diobati, tetapi cukup sulit. Beberapa orang bahkan tidak pernah dirawat dan memilikinya sepanjang hidup mereka.

2. Chorophobia (Takut Menari)

Menari merupakan kegiatan menyenangkan dan bagus untuk kesehatan tubuh, karena menari biasanya menggerakkan seluruh tubuh. Itu artinya, tubuh kita akan bergerak dalam waktu tertentu, mirip seperti olahraga.

Tapi sayangnya, ada beberapa orang yang menderita Chorophobia atau takut kalau menari. Bahkan, peristiwa apapun yang ada hubungannya dengan menari akan membuat seseorang itu takut.

Loading...

3. Geliophobia (Takut Tertawa)

Banyak penelitian menunjukkan bahwa tertawa sangat bagus untuk kesehatan, membantu membangun ikatan sosial, meningkatkan kesehatan mental dan meningkatkan mood.

Namun, bagi mereka yang menderita geliophobia, tertawa, atau berada di sekitar mereka yang tertawa, sebenarnya dapat menyebabkan ketakutan dan kecemasan yang luar biasa.

Agak sulit ya jika punya fobia macam ini, berhubung kita hidup di mana sesuatu yang membuat tertawa tak terhindarkan.

4. Heliphobia (Takut pada Sinar Matahari)

Kondisi langka yang cukup menyusahkan, heliphobia mengacu pada ketakutan akan sinar matahari.

Tidak hanya keluar di bawah sinar matahari yang memicu perasaan cemas dan panik bagi penderitanya, tetapi penderita heliofobia juga dapat mengalami ketakutan akan cahaya terang.

Loading...

Rasa takut ini terjadi umumnya karena kecemasan tentang bahaya matahari yang dirasakan. Padahal, asalkan waktunya tepat, sinar matahari justru bagus untuk kesehatan. Misalnya sinar matahari di pagi hari.

5. Deipnophobia (Takut pada Percakapan Makan Malam)

Fobia ini cukup unik, tetapi sebenarnya tidak terlalu mengganggu, karena hanya cemas jika si penderita melakukan percakapan saat makan malam.

Meskipun dianggap sebagai sebuah gangguan, tetapi menjaga mulut tetap diam saat makan sebenarnya membantu proses pencernaan makanan. Jadi, ada sisi positifnya juga ya!

Baca Juga:

6. Syngenesophobia (Takut pada Kerabat)

Banyak dari kita yang mengalami rasa malu atau kesal dengan keluarga sendiri pada waktu-waktu tertentu. Namun, penderita syngenesphobia menderita rasa takut yang berlebihan terhadap kerabat mereka, tanpa kenal waktu.

Loading...

Padahal, pada saat-saat tersulit dalam hidup, justru keluarga atau kerabat sendirilah yang akan menolong kita, atau setidaknya meringankan beban.

7. Ablutophobia (Takut Mencuci dan Mandi)

Meskipun banyak anak-anak yang sulit jika disuruh mandi, namun sebenarnya hal ini jarang terjadi bagi orang dewasa. Dialah penderita Ablutophobia atau orang dengan fobia mencuci dan mandi.

Jika seseorang melewatkan jadwal mandi sesekali, tidak masalah, karena dapat membantu mengawetkan minyak alami dan bakteri baik yang melindungi kulit. Tapi jika tidak mandi selamanya, tentunya buruk bagi kesehatan maupun kehidupan sosial.

Nah itu tadi 7 fobia unik, aneh dan langka yang benar-benar terjadi dan benar-benar ada. Semoga Sahabat Sola tidak ada yang mengalaminya yess!

Loading...