Home » Blog » Kesehatan » 8 Makanan yang Bisa Meningkatkan Mood Seseorang

8 Makanan yang Bisa Meningkatkan Mood Seseorang

Loading...
makanan yang bisa meningkatkan mood

Jika suasana hati sedang tidak mood dan malas, maunya marah-marah terus. Apalagi bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi, sudah bisa dipastikan akan selalu bad mood. Apapun yang dilakukan orang lain akan selalu salah di matanya.

Tentunya siapapun tidak ingin mengalami suasana begini. Namun, bad mood bisa datang kapan saja dan di mana saja.

Ada orang yang bisa mengembalikan moodnya dalam sekejap, namun ada juga yang butuh waktu lama supaya moodnya baik lagi.

Jika sudah begitu, tentunya diperlukan berbagai macam cara untuk meningkatkan mood, salah satunya adalah makanan.

Di dalam makanan tertentu terdapat kandungan yang bisa memberikan sinyal ke otak, sehingga bisa meningkatkan mood menjadi lebih baik. Selain itu, makanan ini juga bagus untuk kesehatan tubuh.

Loading...

Lantas, apa saja makanan yang bisa meningkatkan mood? Berikut penjelasannya.

1. Alpukat

Buah satu ini sudah biasa dijadikan jus. Buah ini juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Selain bisa menurunkan berat badan dan obat diabetes, buah alpukat juga bisa meningkatkan mood.

Dengan kandungan folat dan omega yang tinggi, memakan alpukat bisa menghilangkan rasa cemas dan takut.

Buah ini juga bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga membuat mood menjadi lebih baik.

Lebih lanjut, Anda bisa simak manfaat alpukat untuk kesehatan.

Loading...

2. Cokelat Hitam

Cokelat merupakan salah satu makanan yang bisa meningkatkan mood menjadi lebih baik. Biasanya dark chocolate digunakan untuk campuran kue.

Cokelat bisa meningkatkan fungsi kognitif sehingga bisa memperlancar peredaran darah, sistem metabolisme, mudah konsentrasi, dan fokus.

Semakin gelap warna cokelat semakin bagus, karena kandungan gizinya pun akan semakin banyak.

3. Susu

Minum susu secara teratur dapat menyehatkan tubuh. Kandungan Trypophan di dalamnya mampu membuat rasa tenang dan ceria.

Kandungan vitamin D, vitamin B12, serta antioksidan yang terdapat di dalamnya juga mampu melawan stres. Untuk itulah mengapa susu bagus untuk anak-anak karena bisa meningkatkan keceriaan.

Loading...

4. Yogurt

Yogurt cukup populer bagi penyuka minuman asam. Berasal dari hasil fermentasi susu, yogurt memiliki banyak kandungan gizi, misalnya vitamin B12, protein, dan kalsium tinggi.

Semua kandungan itu sangat bagus untuk meningkatkan mood pada seseorang. Di dalamnya juga terdapat bakteri yang bisa melancarkan sistem pencernaan.

5. Tomat

Tomat mengandung Likopen yang mampu menurunkan tingkat depresi pada seseorang. Buah yang biasa dijadikan sayur ini juga ternyata memiliki senyawa yang baik untuk tubuh.

Di saat sedang depresi atau banyak pikiran, cobalah untuk meminum segelas jus tomat. Pasti tingkat depresinya akan berkurang.

6. Kacang-kacangan

Banyak jenis kacang-kacangan yang mampu meningkatkan mood seseorang. Contohnya kenari, almond, hazelnut, walnut, serta kacang Brazil.

Loading...

Omega 3, vitamin B6, vitamin E, protein, dan asam amino yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan imunitas tubuh, melancarkan peredaran darah, menghilangkan stres, dan bisa menghilangkan perilaku agresif. Emosi pun akan terkontrol dengan baik.

Baca Juga:

7. Pisang

Buah pisang dipercaya mampu membangkitkan mood berkat Trytophan dan Serotin yang terkandung di dalamnya.

Sama seperti yang ada di susu, Trytophan adalah semacam protein yang mengubah hormon, sehingga mampu mengubah suasana hati seseorang.

Pisang juga berguna saat kita sulit tidur malam.

Loading...

8. Kopi

Kopi ternyata mampu meningkatkan mood seseorang. Walaupun dalam kopi terdapat kafein yang katanya membahayakan kesehatan, di sisi lain kafein juga bisa membangkitkan mood dan meningkatkan energi dalam tubuh seseorang.

Minuman ini juga bisa membantu meningkatkan daya kerja otak.

Namun, kopi bermanfaat jika dikonsumsi secara wajar. Jika mengonsumsinya secara berlebihan, justru dapat membahayakan tubuh dalam jangka panjang.

Itulah beberapa makanan yang bisa meningkatkan mood seseorang. Semoga menambah wawasan Anda!

Loading...