Home » Blog » Kesehatan » 5 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Daya Imun Tubuh

5 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Daya Imun Tubuh

cara meningkatkan daya imun tubuh

5 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Daya Imun Tubuh – Tak peduli apapun musim dan bagaimana cuacanya, penyakit bisa saja menyerang jika kita tidak mempunyai imun tubuh yang kuat. Terlebih saat kondisi pandemi seperti, rasanya menjaga imun tubuh agar tetap optimal wajin hukumnya.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya imun atau kekebalan tubuh, bisa dengan obat-obatan, maupun secara alami dengan konsumsi herbal.

Namun, yang tak kalah penting sebenarnya adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Lalu apa saja cara sederhana namun efektif dalam meningkatkan daya imun tubuh? Berikut daftarnya!

1. Biasakan Minum Air Putih

Air putih atau air mineral, adalah cairan alami terbaik yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kekebalan tubuh.

Idealnya, manusia setidaknya konsumsi delapan gelas air per hari. Namun bagi beberapa orang yang tak terbiasa itu akan terasa sulit. Tidak masalah, Anda bisa mengakalinya dengan cara minum satu gelas setiap dua jam sekali.

Terutama saat bangun tidur. Selama tertidur, sebenarnya tubuh Anda mengalami dehidrasi, sehingga secara alami tubuh Anda butuh asupan untuk mengganti cairan yang hilang saat tidur.

Oleh karena itu, biasakan ketika bangun pagi Anda minum satu sampai dua gelas untuk memulainya. Selanjutnya, lakukan bertahap dalam interval dua jam per gelas.

Berbeda ketika Anda berkeringat, cairan di tubuh Anda akan jauh berkurang. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan lebih banyak air sehabis berolahraga.

2. Olahraga Teratur

Kita sering menganggap olahraga sebagai cara untuk mencegah penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi, atau sebagai cara untuk mengontrol berat badan. Tetapi sebenarnya olahraga memiliki manfaat lebih dari itu.

Olahraga juga dapat berkontribusi pada kesehatan umum yang baik, termasuk sistem kekebalan yang meningkat.

Aktivitas ini pun dapat meningkatkan sirkulasi darah yang baik, yang memungkinkan sel-sel dan zat-zat dari sistem kekebalan tubuh Anda bergerak bebas untuk melakukan tugasnya secara efisien.

3. Hindari Stres

Kita semua sudah tahu bahwa stres dapat menurunkan imun tubuh, olah karenanya Anda harus menghindari stres sebisa mungkin.

Jika Anda mengalami stres setiap hari, sistem Anda terus-menerus didorong untuk mengatasi stres itu.

Salah satu cara untuk menghilangkan stres adalah dengan memberi diri Anda waktu untuk “merawat diri sendiri”. Ini memiliki pengertian yang berbeda bagi setiap orang, tetapi pada dasarnya Anda melakukan hal-hal yang dapat menyenangkan diri sendiri.

Kalau Anda suka membaca buku, bacalah buku-buku yang Anda suka, bermain games, atau menjalani hobi sekalipun dapat membuat Anda bahagia dan jauh dari stres.

Tentunya Anda lebih tahu apa yang membuat Anda sendiri bahagia!

4. Istirahat yang Cukup

Tidur adalah proses regeneratif bagi tubuh Anda. Ketika Anda tidur, sel kekebalan alami Anda, atau sel T, turun, dan sitokin inflamasi (sel peradangan) naik. Itu berarti tidur yang nyenyak menghasilkan penguatan kekebalan Anda.

Anda memerlukan istirahat, terutama pada saat malam hari setidaknya 6 sampai 8 jam. Usahakan jangan tidur terlalu larut.

5. Konsumsi Makanan Secara Seimbang

Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu Anda tetap sehat secara keseluruhan.

Makan sayuran dan buah-buahan setiap hari dapat memastikan Anda mendapatkan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Protein tanpa lemak dan karbohidrat kompleks, seperti nasi merah dan quinoa, juga merupakan bagian dari pola makan yang sehat.

Untuk menjaga daya tahan tubuh, kurangi makanan olahan, gula dan minuman yang tidak memiliki nutrisi.

Sebenarnya semua cara meningkatkan daya imun tubuh di atas sudah sangat familiar dengan Anda. Tetapi mungkin Anda belum mengetahui rahasianya. Lakukanlah semua tips di atas secara teratur sebagai bagian dari gaya hidup sehat Anda.

Artikel Kesehatan Lainnya: