Home » Blog » Kesehatan » Berat Badan Naik Ketika Puasa, Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Berat Badan Naik Ketika Puasa, Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Berat badan naik puasa

Berat Badan Naik Ketika Puasa, Ini Bisa Jadi Penyebabnya – Ketika memasuki bulan ramadan, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh.

Selama satu hari itu, umat muslim tidak diperbolehkan untuk makan dan minum dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Sudah dipastikan selama satu hari itu tubuh tidak mendapatkan asupan makanan

Ataupun cairan ke dalam tubuh yang mungkin akan membuat tubuh sedikit lemah.

Momen puasa ramadan biasanya dilaksanakan sebagai ibadah wajib dilain sisi, ibadah wajib ini pun sebagai ajang untuk menurunkan berat badan.

Karena pada hari biasanya Anda makan tiga kali sehari diluar puasa wajib

Sedangkan dalam ibadah puasa Anda hanya mengonsumsi makanan sebanyak dua kali yaitu pada sahur dan berbuka.

Tetapi, banyak kejadian yang terjadi diluar pemikiran Anda karena

Berkurangnya frekuensi makan dalam sehari dapat juga mengakibatkan melonjaknya berat badan Anda.

Berikut beberapa faktor yang menjadi alasan melonjaknya berat badan selama puasa ini:

Kalap Saat Berbuka

Ketika siang hari, terkadang Anda pasti memikirkan menu untuk berbuka puasa yang akan dimakan nanti.

Dari mulai makanan yang memiliki karbohidrat tinggi hingga mengandung gula yang tinggi pula tak lupa dengan garamnya yang dipilih saat pertama kali atau pun mungkin saja dimakan bersamaan sekaligus.

Inilah yang membuat berat badan Anda naik secara perlahan tanpa Anda sadari

Menurut Dr. Al Madani sebagai kepala Emirates Diabetes Society banyak sekali pasien muslim pada umumnya yang cenderung makan berlebihan pada saat berbuka puasa yang melibatkan makanan berlemak, tinggi kalori dan juga gula

Mungkin dari pernyataan itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa berat badan Anda naik ketika bulan puasa. Ya tentu saja karena adanya lonjakan asupan makanan ketika berbuka.

Porsi Makan Lebih Banyak

Tanpa disadari bahwa ketika Anda berbuka puasa ataupun sahur Anda akan menambahkan jumlah porsi makan dan minum Anda.

Untuk sebagian orang yang memang memiliki porsi makan yang banyak akan bertambah banyak lagi ketika berbuka puasa.

Aktivitas Fisik Berkurang

Seperti yang Anda ketahui bahwa selama puasa tubuh Anda akan mengalami letih dan lesu dikarenakan sistem sirkardian yang tidak stabil.

Hal ini pula yang menyebabkan kenapa tubuh malas untuk berolahraga, padahal dengan olahraga yang teratur tubuh akan tetap dalam keadaan ideal.

Salah satu yang menjadi alasannya adalah mengantuk karena pada saat puasa ramadan ada potongan waktu yang terjadi seperti Anda bangun pada jam 3 dini hari untuk melaksanakan sahur.

Jika ini terus menerus terjadi dimana Anda kembali tidur setelah makan sahur sudah dapat dipastikan ini akan menyebabkan penumpukan kalori pada tubuh Anda yang menyebabkan naiknya berat badan.

Durasi Tidur yang Berkurang

Tahukan Anda ketika orang yang mengalami gangguan sulit tidur memiliki berat badan yang kurang ideal? Hal ini tentu saja berkaitan dengan durasi tidur yang didapatkan.

Dimana hormon yang bekerja didalam tubuh yaitu hormon leptin menjadi kacau. Hormon ini berfungsi untuk mengatur metabolism dan nafsu makan pada tubuh.

Ketika Anda mengalami gangguan tidur yang terjadi adalah peningkatan hormon leptin pada tubuh yang menyebabkan Anda akan selalu merasa lapar walaupun Anda sudah makan atau ngemil sekalipun.

Efeknya, bukannya memiliki berat badan yang ideal malahan berat badan Anda mengelami kenaikan.

“Siklus tidur yang terganggu mempengaruhi hormon yang bekerja untuk mengatur metabolisme dan nafsu makan. Tubuh akan merespon dengan makan yang lebih banyak dari biasanya” ungkap Dr. Al Madani.

Tidur Setelah Sahur

Banyak dari Kita yang setelah selesai santap sahur langsung kembali tidur hal ini menyebabkan makanan yang telah Anda makan tidak dapat langsung dicerna oleh lambung Anda

Hal ini dapat diperparah apabila Anda memakan santap sahur Anda dengan tinggi karbohidrat dan lemak atau dengan kata lain makanan yang cara mengolahnya dengan digoreng.

Ingatlah, ketika Anda tidur tubuh Anda tidak perlu energi yang banyak hanya sedikit energi saja sudah cukup. Apabila Anda tidur setelah makan sudah dapat dipastikan makanan yang Anda makan tidak digunakan kembali alias hanya menjadi timbunan lemak didalam tubuh Anda.

Hal ini juga lah yang mampu meningkatkan obesitas.

Itulah beberapa alasan yang menjadi faktor kenaikan berat badan selama puasa ramadan.

Unutk mendapatkan informasi mengenai air panas untuk kebutuhan rumah tangga Anda silahkan kunjungi website Kami di https://solaharthandal.com/ atau jika Anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu Anda bisa klik disini dengan menekan tombol live chat yang tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *