Home » Blog » Kesehatan » Pijat Prenatal dan Manfaatnya untuk Ibu Hamil

Pijat Prenatal dan Manfaatnya untuk Ibu Hamil

Loading...
Pijat Prenatal

Pijat Prenatal dan Manfaatnya untuk Ibu Hamil – Siapapun yang telah menjalani pemijatan yang dilakukan oleh tenaga ahli, akan merasakan bahwa tubuh mereka akan terasa nyaman dan bugar setelah menjalaninya.

Hal itu pula yang berlaku pada pijat prenatal, di mana ketika postur tubuh berubah, memicu terjadinya rasa sakit dan juga nyeri bahu.

Berikut semua hal yang perlu ibu hamil ketahui tentang pijat semasa kehamilan.

Apa Itu Pijat Prenatal?

Pijat prenatal disesuaikan dengan perubahan anatomis yang Anda alami selama kehamilan. Jika pada kondisi biasa orang bisa dipijat dalam kondisi telungkup, hal itu tidak dapat dilakukan oleh ibu hamil.

Saat kondisi tubuh berubah di masa kehamilan, terapis pijat terlatih akan membuat akomodasi dengan sistem bantalan khusus atau lubang yang memungkinkan ibu hamil untuk berbaring telungkup dengan aman, sambil memberikan ruang untuk perut dan payudara.

Loading...

Bisakah Ibu Hamil Mendapatkan Pijatan?

Pijat prenatal umumnya dianggap aman setelah trimester pertama, selama bumil mendapat izin dari dokter dan memberi tahu terapis pijat bahwa Anda sedang hamil.

Tetapi, sebaiknya bumil menghindari pijatan selama tiga bulan pertama kehamilan, karena dapat memicu pusing dan menambah mual di pagi hari.

Pijat prenatal dapat dilakukan oleh tenaga profesional yang berpengalaman, di mana mereka hanya akan memijat titik-titik tertentu saja yang tidak berdampak pada kandungan.

Misalnya, mereka akan menghindari memijat perut bumil, karena tekanan pada area tersebut dapat membuat bumil merasa tidak nyaman.

Jika bumil berada di paruh kedua kehamilan (setelah bulan keempat), jangan berbaring telentang selama pemijatan. Itu karena berat bayi dan rahim dapat menekan pembuluh darah dan mengurangi sirkulasi ke plasenta, yang pada akhirnya dapat menciptakan lebih banyak masalah daripada manfaat dari pemijatan.

Loading...

Intinya, jika bumil ingin melakukan pijat prenatal, ada baiknya berkonsultasi dahulu kepada dokter, dan memiliki tempat pijat prenatal yang sudah berpengalaman.

Manfaat Pijat Prenatal untuk Ibu Hamil

Penelitian menunjukkan bahwa pijatan dapat mengurangi hormon stres dalam tubuh, serta dapat mengendurkan dan membuat rileks otot-otot Anda.

Selain itu, pemijatan juga dapat meningkatkan aliran darah, di mana hal itu sangat penting di masa kehamilan.

yang sangat penting saat Anda hamil, dan menjaga sistem limfatik Anda bekerja pada efisiensi puncak.

Lalu apa saja manfaat lain yang bisa ibu hamil dapatkan dari pijat prenatal ini?

Loading...
  • Meredakan Insomnia
  • Meredakan Nyeri sendi
  • Meredakan Sakit leher dan punggung
  • Meredakan Kram kaki
  • Meredakan Linu panggul
  • Meredakan Sakit kepala dan hidung tersumbat

Itulah sekilas mengenai pijat prenatal untuk ibu hamil, serta beberapa manfaat positifnya.

Baca Juga:

Selain pijat prenatal, ada juga pijat kebugaran bagi Anda yang tidak dalam masa kehamilan. Tentu manfaatnya juga tak kalah hebat, asalkan dilakukan oleh terapis profesional dan berpengalaman, seperti Kensei Massage yang ada di Surabaya. Keunggulannya, Anda tinggal telepon dan terapis handal akan langsung meluncur ke tempat Anda. Silahkan langsung hubungi 0812-1777-066 untuk info lebih detail.