Lompat ke konten
Home » Blog » Teknologi » Cara Memperbaiki Bluetooth HP Samsung yang Rusak

Cara Memperbaiki Bluetooth HP Samsung yang Rusak

Cara Memperbaiki Bluetooth HP Samsung yang Rusak

Cara Memperbaiki Bluetooth HP Samsung yang Rusak – Meskipun saat ini teknologi transfer data atau pemindahan data sudah semakin canggih, seperti menggunakan aplikasi yang memanfaatkan jaringan wifi, tapi peran bluetooth tidak hilang begitu saja.

Ternyata para pengguna smartphone masih banyak yang menggunakan bluetooth, misalnya saja untuk konektivitas earphone/headset bluetooth atau sound yang menggunakan fitur bluetooth.

Belum lagi, mereka yang lebih suka transfer data lewat bluetooth atau karena memang smartphone androidnya tidak bisa memasang aplikasi transfer data lewat wifi seperti share it. Mungkin karena berbagai alasan misalnya hp sudah penuh sehingga tidak bisa menginstal aplikasi lain lagi.

Biasanya, bluetooth yang tidak berfungsi menunjukkan gejala seperti tidak mau menyala atau bisa menyala namun tidak bisa digunakan sesuaikan fungsinya.

Kejadian tersebut kerap dialami pengguna smartphone, termasuk pada hp Samsung seperti yang akan kita bahas kali ini.

Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini tentang cara memperbaiki bluetooth hp Samsung yang rusak.

Cara Memperbaiki Bluetooth Hp Samsung yang Rusak

1. Clear Cache

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki bluetooth HP samsung yang rusak atau tidak berfungsi adalah melakukan clear cache yang tersimpan otomatis pada aplikasi.

Cache digunakan untuk mempercepat aplikasi terbuka dengan mudah, namun tak jarang cache ini juga bisa menumpuk dan membuat bluetooth jadi tidak mau menyala atau error.

Cache akan membuat aplikasi terbuka lebih cepat, di sisi lain cache juga akan memberikan beban pada ruang penyimpanan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda lakukan pembersihan cache secara berkala.

Silahkan clear cache dengan cara membaka pengaturan, lalu pilih kumpulan aplikasi, misalnya Setting > Apps > Bluetooth lalu tap clear cache. Dan coba gunakan bluetooth seperti biasa.

2. Clear data

Tak cukup dengan clear cache saja jika masalah bluetooth juga belum teratasi. Untuk memperbaiki bluetooth di HP Samsung yang rusak, Anda juga bisa melakukan clear data.

Caranya juga sama seperti clear cache. Clear data ini akan menghapus seluruh daftar bluetooth yang sudah terpairing. Bisa jadi kejadian error karena bluetooth sudah kepenuhan daftar.

3. Error setelah di Root

Jika bluetooth Anda error setelah melakukan Root, maka Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Bluetooth Fix Repair. Aplikasi ini akan memperbaiki sistem bluetooth yang error termasuk bluetooh yang tidak mau menyala.

Sebaiknya jangan coba-coba untuk melakukan root HP sendiri, kecuali dengan yang sudah berpengalaman. Sehingga jika terjadi masalah seperti kasus bluetooth yang tidak mau menyala ini, dapat segera diatasi.

Baca Juga: Aplikasi Pembersih Sampah Terbaik Android

4. Reboot

Lakukan reboot dengan mematikan smartphone Samsung, lalu lepas baterai, sim card dan juga memori card. Biarkan beberapa saat, setelah beberapa menit baru pasang kembali baterai sim card dan memori card dan nyalakan kembali hp Samsung Anda.

Mungkin pada langkah ini, bluetooth Anda akan kembali berfungsi. Karena banyak yang sudah mencoba cara ini dan akhirnya koneksi bluetooth kembali berfungsi normal.

FYI, banyak masalah yang terjadi pada gadget yang sebenarnya hanya perlu diatasi dengan cara reboot saja (restart).

5. Factory reset

Nah jika masih tidak menyala, mungkin Anda bisa mencoba factory reset. Memang cara memperbaiki bluetooth hp Samsung yang rusak ini belum Kami coba langsung, namun sudah banyak yang sukses memperbaiki bluetoothnya setelah menggunakan cara ini.

Mereset hp Samsung kesetelan awal pabrik akan membuat otomatis sistem juga direset seperti awal, termasuk bluetooth. Namun jangan asal langsung main reset saja, ada baiknya back-up dulu data-data penting yang ada di smartphone Anda.

Kalau kurang yakin dalam melakukan reset factory, Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan jasa service hp terdekat. Intinya, menyerahkan permasalahan pada ahlinya!

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki bluetooth hp Samsung yang rusak. Jika dalam langkah pertama atau kedua saja sudah berhasil, Anda tak perlu melakukan langkah-langkah selanjutnya. Tutorial smartphone ini pun bisa Anda gunakan untuk merk lainnya juga, yang penting permasalahannya sama, bluetooth tidak mau menyala atau mengalami masalah.