Home » Blog » Teknologi » 8 Aplikasi VPN Terbaik untuk Android (Gratis dan Berbayar)

8 Aplikasi VPN Terbaik untuk Android (Gratis dan Berbayar)

Aplikasi VPN terbaik untuk android

8 Aplikasi VPN Terbaik untuk Android (Gratis dan Berbayar) – Menggunakan VPN menjadi kebutuhan yang lumayan penting untuk melindungi privasi Anda, maupun mengakses beberapa situs yang diblokir.

Tapi jangan berpikir aneh-aneh dulu, misalnya Saya menggunakan layanan VPN untuk mengakses forum Reddit yang diblokir. Atau jika Saya ingin masuk ke Google Singapura maupun negara lain.

Memang tidak semua orang di luar sana memiliki niat buruk, tetapi apakah Anda ingin meninggalkan semua informasi pribadi, kata sandi, dan lebih banyak lagi tanpa jaminan?

Atau Anda ingin orang lain dapat melacak IP Anda sesungguhnya untuk berbagai alasan?

Oleh karena itu, banyak orang lebih memilih untuk menggunakan VPN dengan alasan privasi dan melindungi data mereka.

Kita tidak perlu membahas lebih jauh mengenai apa itu VPN dan apa fungsinya, karena Saya yakin kalau sudah sampai pada artikel aplikasi VPN terbaik untuk Android ini, Anda sudah paham dan bagaimana konsekuensinya.

So, inilah aplikasi VPN terbaik untuk Android, baik yang gratis maupun berbayar. Cek daftarnya!

1. ExpressVPN

ExpressVPN memiliki lebih dari 3.000 server di 94 negara. Aplikasi ini menjadikannya sebagaai salah satu app VPN dengan server dan lokasi terbanyak dibanding yang lain.

Dari segi kecepatan, ketika Anda mulai terhubung, VPN ini memiliki kecepatan download sampai 100Mbps. Bisa dibilang aplikasi ini memiliki kecepatan lebih baik 40% dari lainnya. So, saat Anda streaming YouTube atau video lainnya, kemungkinan Anda tak akan mengalami buffering.

Selain menjamin anonimitas Anda, ExpressVPN juga memastikan teks dan pesan instan Anda tetap aman dari penyadapan dengan mengenkripsi semua informasi keluar dari perangkat Anda.

Anda pun dapat melakukan tunnel layanan VPN untuk menentukan aplikasi mana yang menggunakan VPN, dan mana yang tidak perlu VPN.

Dengan segudang fitur dan keamanan yang diberikan, rasanya VPN ini bisa menjadi salah satu andalan Anda, meskipun harus dibayar dengan harga lebih mahal.

Namun, dengan bandwidth tidak terbatas dan tidak ada batasan berapa banyak perangkat yang dapat dihubungkan sekaligus, biayanya mungkin sepadan.

2. Surfshark

Aplikasi VPN terbaik untuk android selanjutnya adalah Surfshark.

Salah satu alasan pengguna malas menggunakan VPN ialah karena membuat akses lebih lambat. Tapi jika Anda menggunakan Surfshark, Anda dapat mengunduh sampai 70Mbps. Lumayan cepat buat VPN.

Ditambah, Anda bisa menautkan banyak perangkat meski hanya menggunakan satu akun saja. So, siapapun yang berada di sekitar Anda dapat menikmati layanan Surfshark ini.

Kelemahannya, VPN ini tidak berfungsi dengan baik pada aplikasi streaming.

3. NordVPN

Sementara setiap layanan VPN mengenkripsi data Anda, NordVPN mengirimkannya melalui server kedua dan mengenkripsinya lagi, hanya untuk memastikan jika dicegat, informasi Anda tidak dapat dicuri. Itulah mengapa banyak orang yang menganggap NordVPN merupakan salah satu aplikasi VPN terbaik untuk android yang paling aman.

Tetapi sayangnya, karena enkripsi ganda tersebut koneksi jadi lebih lambat. Apalagi saat start dan download file-file besar.

Meskipun jadi lebih lambat, tetapi sebenarnya dengan kecepatan unduh rata-rata berkisar di 70Mbps, itu masih terbilang cepat!

NordVPN memiliki 5.600 server di 54 negara. Walau bukan yang memiliki lokasi terbanyak, tapi aplikasi ini masuk ke dalam lima besar.

4. PureVPN

PureVPN juga menjadi salah satu yang masuk ke dalam daftar VPN terbaik untuk android. Secara keseluruhan, VPN ini mudah penggunaannya, aman dan koneksinya cukup cepat dan jarang lost connect.

Tapi, Anda tidak bisa menautkan banyak perangkat pada VPN ini. Anda hanya bisa menautkan perangkat sampai 5 device saja.

Dari sisi kecepatan, kecepatan unduh PureVPN berada di angka 60Mbps, dan berjalan dengan baik untuk streaming.

Keunggulan lainnya, PureVPN adalah salah satu dari sedikit layanan yang akan memberi Anda alamat IP khusus. Ini berguna saat streaming beberapa layanan TV langsung, seperti Hulu, yang mengandalkan alamat IP statis.

Terdapat lebih dari 2.000 server PureVPN di seluruh dunia, sehingga memberi Anda banyak pilihan lokasi akses. Dan lagi, terdapat lebih dari 300.000 alamat IP yang membuat sangat sulit bagi web, cookie, pelacak, dan lainnya untuk memantau aktivitas online Anda.

Plus, aplikasi VPN terbaik ini memiliki tombol pemutus otomatis yang akan memblokir informasi pribadi, termasuk alamat IP fisik Anda, jika koneksi terputus.

5. TunnelBear

Kebanyakan aplikasi VPN berbayar memerlukan informasi kartu kredit dan info pribadi lainnya, tapi tidak dengan aplikasi VPN terbaik TunnelBear ini.

Versi gratisnya membatasi akses sampai 500MB per bulan, tetapi tetap cepat. Sehingga Anda diberi kesempatan untuk uji coba jika ingin beralih ke versi berbayar.

Dengan menggunakan versi premium, Anda akan selalu terhubung ke VPN TunnelBear saat smartphone Anda aktif.

Jika mendeteksi jaringan tidak aman yang mencoba menyambung ke smartphone Anda, atau jika terjadi sesuatu pada koneksi internet Anda, TunnelBear secara otomatis memblokir file dan informasi sensitif di perangkat Anda.

Kelemahan aplikasi ini ialah tidak memiliki banyak server dan lokasi ketimbang VPN lainnya. Ia hanya punya servier di 20 negara totalnya. Dan lagi, TunnelBear tidak mendukung torrent.

Untuk streaming, TunnelBear juga bukan aplikasi yang baik dibanding lainnya.

Baca Juga: 7 Aplikasi Pembersih Sampah Terbaik untuk Android

6. Hotspot Shield

Jika Anda menjelajah PlayStore untuk mencari VPN, pasti Anda akan menemukan Hotspot Shield. Tapi bagaimana dengan kinerjanya?

Hotspot Shield mengenkripsi semua informasi keluar Anda menggunakan enkripsi AES 256-bit. Termasuk tingkat keamanan yang sama yang digunakan oleh organisasi militer dan lembaga keuangan untuk mengamankan data mereka.

Hotspot Shield memiliki lebih dari 3.200 server di 80 negara untuk memastikan Anda dapat terhubung dengan cepat dan mudah ke layanannya.

Anda dapat mengatur VPN ini untuk terhubung secara otomatis setiap kali membuka browser, atau ketika Anda memulai koneksi, sehingga Anda tidak perlu repot untuk menghidupkannya secara manual.

Sayangnya, VPN ini tidak berfungsi dengan baik untuk mengamankan aplikasi individual.

7. ProtonVPN

Mungkin Anda pernah mendengar tentang ProtonMail sebelumnya, layanan email super aman yang menawarkan enkripsi penuh.

Nah, perusahaan yang sama menawarkan layanan VPN yang memberikan tingkat fokus keamanan yang sama ke perangkat Android Anda.

Terdapat versi gratis dan premium pada aplikasi ini. Pada versi yang gratis, Anda tidak memerlukan metode pembayaran, tetapi memiliki beberapa batasan seperti hanya dapat menggunakannya pada satu perangkat pada satu waktu, dan Anda akan mengalami kecepatan yang lebih lambat selama jam sibuk.

Silahkan langsung menuju ke halaman ProtonVPN untuk lebih detail.

8. Private Internet Access

Terakhir dalam daftar aplikasi VPN terbaik untuk android adalah Private Internet Access.

Private Internet Access terhubung dengan 3.300 server yang tersebar di 29 negara. VPN ini pun mengenkripsi semua informasi keluar dan masuk untuk menjaga identitas online Anda tetap pribadi dan aman.

Jika berbicara kecepatan, mungkin VPN ini bukan salah satu yang tercepat, kecepatan unduhannya hanya berkisar di rata-rata 25Mbps. Tapi tetap berjalan baik untuk layanan streaming.

Dalam satu akun, Anda dapat menghubungkan sampai 10 device secara bersamaan. Bagusnya, tidak ada batas bandwidth bulanan, sehingga Anda tak perlu khawatir koneksi melambat saat jatah bulanan habis.

Private Internet Access dilengkapi dengan firewall untuk memantau dan memblokir komunikasi internet yang tidak diinginkan dengan komputer dan koneksi internet Anda. Ini sangat membantu ketika terhubung ke WiFi publik.

Namun, layanan VPN ini yang berbasis di AS akan menyimpan log aktivitas Anda dan beberapa informasi pribadi lainnya. Tapi data Anda hanya akan disimpan sampai 30 hari. Setidaknya itu kebijakan mereka.

Itulah beberapa aplikasi VPN terbaik untuk android gratis dan berbayar yang bisa Sahabat Sola gunakan. Silahkan pergunakan dengan bijak!