Home » Blog » Umum » Cara Memilih Pasir Bangunan yang Berkualitas Baik

Cara Memilih Pasir Bangunan yang Berkualitas Baik

Cara Memilih Pasir Bangunan yang Berkualitas Baik

Cara Memilih Pasir Bangunan yang Berkualitas Baik – Selain semen dan bata, salah satu elemen penting yang bertanggung jawab atas kokohnya sebuah konstruksi adalah pasir.

Bisa dibilang pasir menjadi bahan utama untuk membuat sebuah bangunan atau rumah.

Namun, untuk menjadikan bangunan kokoh dan tahan lama, maka Anda harus memilih pasir berkualitas terbaik.

Meskipun harga pasir per kubik yang bagus lebih mahal, namun Anda harus menyadari bahwa bangunan itu akan digunakan seumur hidup alias permanen. Sehingga tak ada salahnya untuk memilih kualitas material yang terbaik.

Sekarang pasir tidak cuma berasal dari alam saja, tapi sudah ada yang dihasilkan oleh pabrikan. Mengenai mutu dan kegunaan, pastinya berbeda-beda sesuai kebutuhan.

Pasir yang dihasilkan dari alam berasal dari gunung, laut dan sungai. Sedangkan hasil fabrikasi, merupakan bebatuan yang dilebur sampai ukurannya seperti pasir alam, kemudian disaring sesuai kebutuhan.

Mengapa perlu memilih pasir yang berkualitas?

Pasir yang berkualitas akan mempengaruhi beton yang digunakan untuk konstruksi sebuah bangunan. Jadi, bisa lebih kokoh dan lebih baik jika menggunakan pasir yang bagus.

Ingat, bangunan itu dibuat untuk bertahan sepanjang masa, bukan hanya satu atau dua tahun saja!

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda tahu dalam cara memilih pasir bangunan yang berkualitas baik.

Menentukan Jenis Pasir yang Ingin Digunakan

Pasir memiliki jenis yang berbeda-beda, tergantung untuk apa Anda menggunakannya. Misalnya, pasir beton bisa Anda gunakan untuk mengecor, plester dinding, fondasi, serta pemasangan bata dan batu.

Sedangkan pasir merah bisa digunakan untuk pengecoran, karena teksturnya yang lebih kasar dan diameter batuan yang lebih besar.

Ada juga pasir pasang yang bisa Anda gunakan untuk campuran pasir beton kalau bertujuan untuk plester dinding. Pasir jenis ini akan membuat adukan semen menjadi agak halus.

Baca Juga: Keunggulan Menggunakan Dinding Roster

Sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI)

Bahan bangunan biasanya dilengkapi dengan standar kelayakan. Hal ini bertujuan agar bangunan kuat, dan layak untuk dihuni dalam jangka panjang.

Persyaratan standar pasir sesuai SNI (Standar Nasional Indonesia) adalah sebagai berikut:

  • Butiran pasir harus keras, dan di antaranya juga perlu tajam. Indeks kekerasannya harus lebih dari 2,2.
  • Kandungan pasir tidak memiliki kandungan lumpur lebih dari lima persen. Jika di dalam pasir terdapat lebih dari itu, maka pasir perlu dicuci terlebih dahulu.
  • Anda tidak boleh menggunakan pasir laut untuk konstruksi bangunan. Kecuali, memang sudah dapat petunjuk dan izin dari lembaga resmi pemerintahan.

Baca Juga: 4 Tips Penting dalam Memilih Lift untuk Rumah

Tes Secara Manual

Cara memilih pasir bangunan berkualitas ini tergolong sederhana, namun patut Anda lakukan. Yaitu dengan cara mengambil pasir segenggaman tangan, lalu menggosokannya di telapak tangan, dan buang. Pasir yang berkualitas bagus tidak akan menempel di tangan.

Cara ini bisa Anda coba ketika Anda sedang memilih pasir berkualitas untuk bahan bangunan.

Setelah mengetahui tiga cara di atas, kini Anda sudah tahu bagaimana cara memilih pasir yang bagus untuk bahan bangunan. Semoga membantu Anda!