Home » Blog » World's Topic » 5 Gunung Tertinggi di Dunia yang Menjadi Destinasi Favorit Pendaki

5 Gunung Tertinggi di Dunia yang Menjadi Destinasi Favorit Pendaki

Loading...
Gunung Everest tertinggi di dunia
Gunung Everest (8.850 mdpl)

5 Gunung Tertinggi di Dunia yang Menjadi Destinasi Favorit Pendaki – Bagi pecinta alam, melakukan pendakian gunung menjadi tantangan terendiri. Apalagi jika gunung tersebut dinobatkan sebagai yang paling tinggi di dunia.

Lalu, apa saja gunung tertinggi di dunia yang menjadi destinasi favorit para pendaki?

5. Gunung Elbrus

Gunung tertinggi ke-lima adalah gunung Elbrus yang terletak di Rusia Selatan. Tingginya mencapai 5.642 mdpl dan merupakan gunung tertinggi di Eropa.

Gunung ini bertengger di pegunungan Caucasus yang membagi benua Asia dan Eropa. Statusnya kini sudah tidak aktif lagi.

Jika ingin mendaki gunung ini, paling enak saat musim panas, sekitar bulan Juni hingga Agustus.

Loading...

Jalur paling bersahabat adalah lewat gunung bagian Selatan, karena ada kereta gantung yang bisa membawa pengunjung naik ke atas sampai setengah pendakian menuju puncak.

Meskipun bisa membawa sampai setengah pendakian, namun dari situ pendaki masih butuh waktu sampai 9 jam lagi untuk sampai ke puncaknya.

Pegunungan ini terkenal dengan cuaca ekstrim yang selalu diselimuti salju sepanjang tahun. Jadi, jangan heran kalau ada hujan salju di musim panas.

Walaupun jalur dan suhunya ekstrim, tapi semuanya terbayar dengan pemandangannya yang indah.

4. Kilimanjaro

Afrika juga memiliki gunung yang masuk dalam deretan gunung tertinggi di dunia. Tertinggi keempat di dunia adalah gunung Kilimanjaro yang tingginya mencapai 5.895 mdpl.

Loading...

Terletak di Tanzania, gunung berbentuk kerucut ini adalah salah satu yang paling unik. Gunung ini termasuk seven summit paling favorit, angka pendaki tahunannya bisa mencxapai 50.000 orang. Tapi, cuma ada 30 persen pendaki yang berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian perjalanannya.

3. Denali

Di benua Amerika, ada gunung Denali di posisi tertinggi ketiga di dunia. Gunung tertinggi di Amerika ini tingginya mencapai 6.190 mdpl.

Berada di Alaska Tengah Selatan, gunung ini tadinya bernama gunung McKinley tapi diganti menjadi Denali untuk mempertahankan budaya lokal Alaska.

Uniknya, para ilmuwan menyatakan gunung ini masih terus meningkat ketinggiannya. Menurut perhitungan, gunung ini akab bertambah tingginya 1,6 km dalam 4 juta tahun ke depan.

2. Aconcagua

Gunung Aconcagua merupakan yang tertinggi kedua di dunia. Terletak di perbatasan Chili dan Argentina, dengan ketinggian sampai 6.962 mdpl. Gunung ini awalnya adalah gunung api di era dinosaurus.

Loading...

Kalau dibandingkan sama gunung lain, kesulitan medannya tidak terlalu parah, karena tidak harus memanjat tebing es. Tetapi. Aconcagua terletak di jajaran pegunungan Andes yang terkenal memiliki cuaca ekstrim.

Pendaki mesti menghadapi badai angin berbahaya yang terkenal dengan sebutan el viento blanco. Para pendaki juga akan diuji dengan tipisnya kadar oksigen yang rendahnya mencapai 40 persen.

Base camp Aconcagua adalah salah satu yang tersibuk di dunia. Kalau mau kesini, paling pas di pertengahan bulan Desember sampai akhir Januari.

1. Gunung Everest

Dan gunung tertinggi di dunia adalah gunung Everest. Terletak di perbatasan antara Nepal dan Tibet. Gunung ini tingginya mencapai 8.850 mdpl.

Saking tingginya, everest dijuluki “atap dunia”. Gunung Everest dinyatakan sebagai puncak tertinggi di dunia pada tahun 1852 melalui perhitungan trigonometri.

Loading...

Uniknya, gunung Everest tingginya bertambah 1/4 inchi tiap tahunnya. Gunung ini terbentuk karena kekuatan yang dihasilkan saat lempeng tektonik Hinda dan Eurasia bertabrakan yang mendorong bebatuan sehingga jadilah gunung everest. Kekuatan dorongan itu masih bekerja mendorong sampai sekarang, jadi makin lama makin bertambah tinggi.

Manusia pertama yang berhasil mencapai puncak Everest adalah Edmund Hillary asal Selandia Baru pada tahun 1953 silam.

Everest dikenal sering makan banyak korban. Banyak yang meninggal di dalam perjalanan menuju puncak, biasanya karena frostbite.

Karena oksigen everest tipis sekali dan manusia tidak akan mampu bertahan sampai puncak, makanya setiap pendaki akan membawa tabung oksigen untuk bertahan hidup sampai puncak.

Gunung ini adalah impian setiap pendaki dan pecinta alam. Untuk bisa mencapai puncak, biayanya lumayan mahal, bisa mencapai 100.000 USD atau hampir 1,5 Milyar Rupiah.

Loading...

Saking tinggi dan medannya yang sulit, butuh waktu 45 hari untuk bisa sampai ke puncak.

Baca Juga:

Well, itulah daftar gunung tertinggi di dunia yang menjadi destinasi favorit pendaki. Mana yang menjadi favorit Anda?