Home » Blog » Umum » Cara Latihan Berenang untuk Pemula: 4 Teknik Dasar yang Perlu Dipelajari

Cara Latihan Berenang untuk Pemula: 4 Teknik Dasar yang Perlu Dipelajari

Loading...
Cara Latihan Berenang untuk Pemula

Cara Latihan Berenang untuk Pemula: 4 Teknik Dasar yang Perlu Dipelajari – Berenang adalah hobi yang sangat bermanfaat dan menyehatkan. Selain olahraga ini dapat membuat tubuh lebih sehat, berenang juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Bahkan, banyak yang percaya bahwa berenang dapat menambah tinggi badan.

Apapun itu, yang pasti Anda akan dapat banyak manfaat positif dari olahraga air ini. Sahabat Sola bisa membaca beragam manfaat berenang di sini.

Sayangnya, tidak semua orang bisa berenang. Tapi, bisa dipelajari kok!

Nah, buat Sahabat Sola yang mau belajar berenang, berikut adalah beberapa teknik dasar cara berenang untuk pemula yang perlu Anda pelajari!

Pernapasan

Sebelum melakukan pernapasan di dalam air, cobalah latihan pernapasan di darat terlebih dahulu. Latih ritmenya dengan menarik napas melalui mulut, lalu mengeluarkannya melalui hidung. Lakukan terus sampai ritme seperti itu bisa Anda lakukan secara otomatis.

Loading...

Kemudian, setelah Anda bisa melakukannya di darat, coba naik satu level lagi dengan melakukan ritme tadi di kolam dangkal atau kolam yang memungkinkan seseorang untuk bisa berdiri.

Ambil udara melalui mulut Anda, dan kemudian tutup mulut Anda. Setelah itu, letakkan wajah Anda ke permukaan air, setelah beberapa saat, perlahan-lahan buang udara melalui hidung.

Lakukan secara berulang-ulang dan jika memungkinkan hingga 50-100 repetisi. Dengan jumlah tersebut, diharapkan nantinya gerakan dapat dilakukan secara otomatis dan Anda menjadi terbiasa.

Bagi yang merasa kesulitan untuk mengambil udara melalui mulut dan membuangnya melalui hidung, untuk sementara bisa dilakukan dengan bantuan hidung terlebih dahulu

Namun cara yang tersebut hanya untuk permulaan saja, jika sudah menguasai ritme pernapasan yang sebenarnya, sebaiknya tinggalkan, karena cara tersebut sering mengakibatkan kita menyedot air melalui hidung.

Loading...

Pada dasarnya, cara latihan berenang untuk pemula adalah dengan tidak menahan napas, melainkan mengatur timing yang tepat di mana harus mengambil napas dan membuangnya. Menahan napas biasanya berguna untuk yang sudah mahir dan pada waktu-waktu tertentu saja.

Pada praktik berenang yang sesungguhnya, saat kepala berada di luar air, itu waktunya mengambil napas. Setelah kepala masuk ke dalam air, itu waktunya menghembuskan napas. Jadi bukan menahan napas!

Meluncur

Tahap cara latihan berenang untuk pemula selanjutnya setelah Anda menguasai teknik pernapasan adalah latihan meluncur. Latihan ini sangat diperlukan untuk dapat melatih keseimbangan tubuh di dalam air.

Tidak sedikit orang yang belajar berenang sulit menguasai keseimbangan tubuhnya. Pada akhirnya mereka mudah tenggelam dan sulit berdiri di dalam kolam. Meskipun kolamnya dangkal.

Teknik latihan meluncur dapat Anda lakukan seperti berikut:

Loading...
  • Berdiri di atas atau di tepi kolam dengan punggung menghadap ke dinding kolam, dan salah satu kaki atau telapak tangan menempel ke dinding karena siap untuk melawan.
  • Ketika meluncur, luruskan lengan Anda di atas kepala dengan ibu jari yang saling berhubungan.
  • Saat itu, hembuskanlah napas saat kepala berada di dalam air, sama seperti poin pertama.

Mengapung

Posisi terapung sebenarnya tidak hanya bisa Anda lakukan dengan satu sikap saja, tetapi bisa beberapa posisi. Tujuannya agar tubuh dapat mengapung di permukaan air.

Misalnya, mengambang dengan posisi wajah menghadap langit, atau mengambang dengan posisi wajah menghadap air.

Sikap ini pada prinsipnya dapat dengan mudah Anda lakukan, berdasarkan perwujudan pusat gravitasi serta pusat titik apung saat benda mengapung.

Baik itu di darat atau di udara, seseorang dapat membaliknya atau memutarnya menggunakan pusat gravitasi. Di dalam air, dada adalah titik mengambang.

Baca Juga:

Loading...

Kordinasi Seluruh Tubuh

Agar dapat berenang dengan baik, pada akhirnya Anda harus membuat kordinasi yang baik di seluruh tubuh. Tangan, kaki, kepala maupun badan, semuanya harus bergerak seirama sesuai gaya renang tertentu.

Ada empat gaya resmi yang diketahui dalam olahraga renang, yaitu gaya dada, gaya bebas, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu.

Bagi pemula, sebaiknya cukup pelajari gaya bebas dan gaya dada saja dulu.

Nah, itu tadi bagaimana cara latihan berenang untuk pemula ketahui. Dengan mengetahui dasar-dasarnya, Sahabat Sola akan lebih mudah untuk melanjutkan ke tahap yang lebih mahir. Jika masih takut, sebaiknya Anda meminta bimbingan kepada profesional untuk membantu Anda berenang.

Loading...