Home » Blog » Musik » 5 Cara Bermain Gitar untuk Pemula Agar Cepat Bisa

5 Cara Bermain Gitar untuk Pemula Agar Cepat Bisa

cara bermain gitar

5 Cara Bermain Gitar untuk Pemula Agar Cepat Bisa – Saat ini, orang-orang berusaha untuk bisa banyak hal, termasuk bermain gitar. Bahkan, mereka rela mengeluarkan uang banyak hanya untuk les gitar atau membeli buku-buku tentang pelajaran gitar.

Memang tidak ada salahnya untuk mampu atau upgrade kemampuan, tapi rasanya kalau mengeluarkan terlalu banyak budget dan tiada hasil, sangat disayangkan bukan?

Nah, sebelum Anda mulai belajar gitar, cobalah pertimbangkan beberapa cara bermain gitar berikut ini, agar nantinya Sahabat Sola lebih mudah dalam belajar dan tak terlalu banyak mengeluarkan biaya.

1. Memilih Gitar

Gitar ada banyak pilihan dan variasi, dari segi harga pun bervariasi. Sebenarnya, gitar yang berharga lebih mahal biasanya memang memiliki kualitas yang lebih baik daripada gitar murah.

Namun, tetap pikirkan kondisi keuangan Anda, jangan karena ambisi untuk mampu main gitar, tetapi hal penting lain justru tak tercukupi.

Untuk pemula, sebaiknya pilihlah gitar akustik yang memiliki senar nilon. Selain tidak menyakitkan untuk jari, senar nilon juga memiliki karakter suara lebih lembut.

Lebih lanjut, Kami sudah menulis hal ini dalam cara memilih gitar.

2. Tutorial Gitar

Sekarang sudah zaman modern, dahulu untuk mendapatkan tutorial gitar, seseorang harus mengeluarkan biaya yang tidak murah.

Tetapi, saat ini Anda hanya bermodalkan kuota smartphone, maka ribuan tutorial bermain gitar dengan mudah Anda akses.

Anda bisa melihat tutorial gitar di YouTube, artikel-artikel, maupun portal berita seputar musik.

3. Memilih Mentor

Jika Anda lebih percaya dengan mentor, maka tidak ada salahnya untuk memilih mentor yang tepat.

Mentor, tidak hanya hebat dalam bermain gitar, tetapi mereka bertindak layaknya guru yang sabar dalam menghadapi muridnya.

Selain hebat dalam praktek, seorang mentor juga harus menguasai teori-teori dalam bermain gitar. Walaupun, sebenarnya menguasai teori bermusik tidak ada hubungannya dengan kehebatan seseorang bermain gitar.

4. Mendengarkan

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah mendengarkan. Praktek itu penting, tetapi mendengarkan terlebih dahulu, itu lebih baik.

Ketika Anda mendengarkan orang lain bermain gitar, imajinasi Anda dan musikalitas Anda akan bangkit.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk memahami bagaimana itu bermain gitar, bagaimana ritme dan irama yang sesuai dan masih banyak lagi.

5. Berlatih

Yups, untuk hebat dalam bermain gitar yang terutama diperlukan latihan yang konsisten.

Terkadang, orang akan semangat bermain gitar di awal. Kemudian, menjadi malas-malasan setelah beberapa bulan.

Jika Anda ingin hebat bermain gitar, berlatihlah dan tetap konsisten seperti itu.

Pada dasarnya, Anda tak perlu hebat, tetapi jika rutin belatih, kemampuan Anda akan meningkat dengan sendirinya.

Semoga panduan di atas tentang bagaimana cara bermain gitar untuk pemula bermanfaat. Silahkan Sahabat Sola coba tips-tips dari Kami yang lain!