Home » Blog » Musik » 7 Software Produksi Musik Terbaik untuk Recording, Mixing dan Mastering

7 Software Produksi Musik Terbaik untuk Recording, Mixing dan Mastering

Software Produksi Musik

7 Software Produksi Musik Terbaik untuk Recording, Mixing dan Mastering – Sekarang eranya digital, di mana segala sesuatunya sudah banyak yang menggunakan format digital. Termasuk membuat musik dengan sistem rekaman digital.

Membuat musik yang hasilnya profesional dan layak dijual, kini Anda bisa buat di kamar dengan peralatan sederhana dan mengandalkan software pembuat musik saja.

Berbeda dengan zaman dulu, di mana jika ingin merekam sebuah lagu secara profesional, maka musisi harus mengeluarkan budget yang cukup tinggi untuk membeli pita (analog), sekaligus membayar studio rekaman.

Kemajuan inilah yang kemudian memunculkan ide bisnis untuk membuat Home Recording alias studio rekaman ala rumahan, yang mengandalkan software PC sebagai media perekaman dan pengganti instrumen.

Well, jika ingin membuat rekaman lagu dengan format digital (digital recording), berikut adalah beberapa software produksi musik terbaik yang cocok buat pemula.

1. Nuendo

Software musik keluaran Steinberg ini sangat populer di kalangan musisi. Mulai dari musisi amatir hingga profesional kerap menggunakan perangkat lunak ini untuk keperluan mixing dan merekam musik.

Fiturnya yang kaya serta mudah cara pengoperasiannya, menjadi keunggulan Nuendo daripada kompetitornya.

Selain itu, tidak perlu komputer super canggih untuk mengoperasikan DAW (Digital Audio Workstation) ini.

Dari segi hasil, semuanya sebenarnya tergantung pada engineer serta kualitas alat musik yang digunakan.

Namun, karena fiturnya yang kaya, memungkinkan input audio yang masuk bisa disulap sedemikian rupa menjadi kualitas yang pro.

Jika ingin membeli softwarenya, Anda bisa langsung ke laman penjualannya di situs Steinberg.

2. Reason

Untuk membuat aransemen lagu dengan format midi, bisa dibilang Reason jagonya.

Software produksi musik keluaran Propellerhead ini mempunyai sample sound yang cukup lengkap, mulai dari drum sampai orkestra. Mungkin yang tidak ada hanya vokal saja!

Selain beragam instrumen midi, Reason juga dilengkapi dengan fitur pengeditan serta bermacam gear yang akan membuat suara instrumen semakin customizable.

3. Fruity Loops

Fruity Loops

Tak kalah populer, bahkan mungkin lebih populer Fruity Loops ketimbang Reason. Secara fungsi, Fruity Loops hampir sama seperti Reason, yaitu menitikberatkan pada pembutan musik berbasis midi.

Yang membuat Fruity Loops begitu populer, mungkin karena kemudahan penggunaannya daripada Reason.

Cuma kalau dari kualitas suara, keduanya sama-sama bagus dan memiliki fitur yang sama lengkapnya.

Well, ini bukan membanding-bandingkan ya, karena masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya.

Software musik rilisan Image-Line ini tidak hanya digunakan oleh pemula saja, bahkan banyak DJ proefesional kelas dunia juga menggunakan software ini untuk memproduksi musik mereka.

Keunggulan lainnya adalah, Anda bisa menghubungkan Fruity Loops dengan DAW lain, seperti Nuendo atau Cubase.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Gitar yang Bagus untuk Pemula

4. Cubase

Cubase

Steinberg Cubase adalah software musik yang cukup powerful keluaran Steinberg. Tidak cuma musisi pemula yang menggunakannya, tetapi produser, maupun sound engineer handal di seluruh dunia juga mengandalkan Cubase sebagai DAW mereka.

Pada dasarnya, cara pengoperasian serta fitur-fitur Cubase tak jauh beda dengan Nuendo, bahkan mungkin sebelas dua belas (maklum saja. sama-sama keluaran Steinberg). Tentunya para pengguna Nuendo tidak akan canggung lagi saat menggunakan DAW ini.

Cubase juga support dengan plugin DirectX dan VST, sama seperti Nuendo. Dan lagi, sama ramahnya untuk PC Anda!

5. WaveLab

Wavelab

Kalau sebelumnya kita membahas software untuk produksi dan mixing, selanjutnya adalah WaveLab yang sangat powerful untuk kebutuhan mastering musik.

WaveLab adalah software mastering besutan Steinberg. Fitur-fitur yang disediakan lebih spesifik untuk kebutuhan mastering, meski bisa juga untuk keperluan multi-track recording.

Walaupun punya segudang fitur memukau, namun penggunaan WaveLab tidak begitu sulit, sehingga banyak yang memilih software musik ini sebagai pilihan untuk mastering lagu.

Baca Juga: 5 Cara Bermain Gitar untuk Pemula Agar Cepat Bisa

6. Ableton Live

Ableton Live

Ableton Live punya reputasi yang sangat baik di bidang industri musik, yaitu sebagai salah satu software produksi musik terbaik.

Sebenarnya kegunaannya mirip dengan Reason dan Fruity Loops, sama-sama fokus pada pembuatan musik midi.

Selain bagus untuk memproduksi midi, Ableton Live juga kerap digunakan untuk pertunjukan live para DJ tekno. Tak heran kalau software musik ini menjadi favorit para DJ kawakan.

7. Pro Tools

Pro Tools software produksi musik terbaik

Inilah raja terakhir dalam dunia digital recording, Pro Tools. Pro Tools merupakan software produksi musik untuk multi-track recording, editing serta mixing terbaik yang pernah ada.

Sayangnya, penggunaan pro tools tidak semudah mengoperasikan Nuendo atau Cubase. Tetapi, fiturnya yang kaya menjadikan software ini kerap menjadi andalan studio-studio rekaman besar bertaraf Internasional.

Dari segi harga pun Pro Tools cukup menguras kantong. Namun sebenarnya investasi pada Pro Tools cukup sepadan, menimbang kualitas audio terbaik yang akan Anda dapatkan.

Meskipun banyak software DAW dengan interface modern bermunculan, namun masih banyak sound engineer idealis yang enggan meninggalkan Pro Tools. Sepertinya saingan terberatnya hanya Nuendo saja!

Baca Juga: Macam-Macam Genre Musik Beserta Tokoh Terkenalnya

Itulah sedikit ringkasan mengenai software produksi musik terbaik untuk pemula. Anda lebih suka yang mana?