Home » Blog » Umum » Cara Menghafal dengan Cepat: 8 Metode Sederhana

Cara Menghafal dengan Cepat: 8 Metode Sederhana

cara menghafal dengan cepat

Cara Menghafal dengan Cepat: 8 Metode Sederhana – Kemampuan menghafal merupakan salah satu skill yang sangat berguna. Selain untuk para pelajar, hafalan yang kuat juga dibutuhkan siapa pun untuk menguasai suatu bidang dengan cepat.

Jika Sahabat Sola punya masalah kesulitan dalam menghafal, coba deh beberapa cara menghafal dengan cepat berikut yang bisa kalian coba!

1. Mengulang Hafalan

Cara menghafal yang satu ini sih sudah terbukti efektif dan selalu digunakan dari waktu ke waktu.

Menghafal dengan metode pengulangan, itu akan membuat otak selalu menerima informasi yang sama dalam waktu singkat. Jika dilakukan terus-menerus, maka informasi baru yang masuk ke otak akan menancap secara kuat.

Selain itu, dengan selalu mengulang hafalan, itu akan meningkatkan kemampuan ingatan dalam jangka pendek.

Kamu bisa mengulang hafalan dengan cara membaca berulang kali sesuatu yang mau dihafal. Atau, setiap beberapa jam sekali Kamu ulangi lagi apa yang sudah Kamu hafalkan.

2. Membaca Dengan Keras

Kalau mau menerapkan metode ini, Sahabat Sola harus cari tempat khusus dulu yes!

Membaca sesuatu dengan suara keras dan lantang, dipercaya dapat membuat seseorang menghafal dengan cepat. Metode ini pun pernah diteliti pada tahun 2017 silam.

Nah, kalau Kamu mau menerapkan cara menghafal dengan cepat ini, Kamu bisa coba membaca di lapangan atau tempat yang sekiranya tak mengganggu orang lain. Jangan di tempat umum yes!

3. Menghafal dengan Gambar

Tahukah Kamu bahwa otak kita lebih cepat merekam sesuatu yang berwujud visual?

Ya, memang otak akan lebih mudah mengingat sesuatu yang berwujud visual atau gambar. Dengan begitu, Kamu bisa coba cara menghafal dengan memakai gambar.

Contohnya, saat Kamu mau mengingat nama-nama negara, Kamu bisa cari gambar bendera yang mau dihafal, lalu tuliskan nama negaranya di bawah. Kamu bisa cetak gambar-gambar bendera tersebut lalu tempel di dinding.

4. Menghafal dengan Nada

Perhatikan deh, Kamu bisa menghafal lirik lagu dalam sehari, tetapi tidak dengan tulisan tiga paragraf! Padahal, jumlah kata dan karakternya sama.

Mengapa? Itu karena otak lebih mudah untuk mengingat rangkaian nada! Terlebih nada-nada atau musik yang Kamu sukai.

Kesempatan ini bisa Kamu manfaatkan untuk menghafalkan sesuatu. Misalnya, mengubah lirik lagu tertentu dengan nama-nama buah yang mau Kamu hafal dan sebagainya.

5. Memilih Tempat yang Tepat

Sebagian orang hanya bisa menghafal atau berkonsentrasi pada tempat yang sunyi dan jauh dari gangguan. Sedangkan sebagian orang justru sebaliknya, bisa konsentrasi dengan iringan musik, atau sedikit kegaduhan.

Nah, Kamu tipe yang bagaimana?

Ketahui dulu bagaimana cara Kamu berkonsentrasi, apakah suka kesunyian atau keramaian.

Jika Kamu menyukai tempat atau suasana sunyi, Kamu bisa menghafal saat tengah malam atau di waktu subuh. Namun kalau suka sedikit ramai, Kamu bisa coba siang hari, atau ke tempat umum.

Baca Juga:

6. Menghafal di Waktu Subuh

Ketika waktu subuh, suasana masih hening, dan Kamu baru saja bangun. Ketika bangun, tubuh Kamu masih dalam keadaan fresh, karena belum terbeban pikiran-pikiran yang datang di hari itu.

So, cara menghafal dengan cepat pada waktu subuh merupakan trik yang tepat dan efektif kalau mau menghafal atau belajar. Karena, otak Kamu masih dalam keadaan fresh, dan itu berarti Kamu bisa menggunakan kemampuan otak dengan full-power.

7. Menyederhanakan Kata

Objek yang ingin Kamu hafal, tidak melulu kalimat singkat atau yang mudah dibaca saja, terkadang ada kata-kata rumit yang belum pernah Kamu dengar sebelumnya.

Kalau menemui kasus seperti ini, Kamu bisa coba hafalkan dengan cara menyingkat kata-kata tersebut.

Otak lebih mudah merekam sesuatu yang singkat atau sederhana, daripada kata-kata rumit yang bikin otak mumet. Intinya, semakin pendek kata, semakin mudah otak menyerap informasi tersebut.

8. Olahraga

Selain bagus untuk kesehatan secara keseluruhan, ternyata berolah raga juga terbukti mampu untuk meningkatkan kemampuan kognitif.

Menurut sebuah studi yang pada tahun 2013, setelah berolah raga ringan selama 15 menit, seseorang menjadi lebih baik ingatannya, serta dapat memproses informasi dengan sempurna. Sebaliknya, yang tidak berolahraga tidak mengalami peningkatan apapun.

Nah, bagaimana Sahabat Sola, cukup simpel kan cara menghafal dengan cepat di atas? Silahkan Kamu pilih mana metode terbaik yang sesuai dengan keadaan Kamu.