Home » Blog » Umum » 5 Cara Agar Menjadi Guru yang Disukai Murid-muridnya

5 Cara Agar Menjadi Guru yang Disukai Murid-muridnya

Cara menjadi guru yang disukai murid-muridnya

5 Cara Agar Menjadi Guru yang Disukai Murid-muridnya – Menjadi seorang guru yang disukai oleh murid-muridnya bukanlah hal mudah. Diperlukan ilmu yang mumpuni dan juga cara-cara tertentu untuk mengambil perhatian murid.

Endingnya, jika murid sudah menyukai guru, maka apapun yang diucapkan dan diajarkan oleh guru akan cepat masuk ke murid-muridnya.

Nah, jika ingin menjadi seorang guru sukses yang disukai oleh murid-muridnya, Anda bisa coba beberapa cara berikut ini!

1. Tidak Berjarak

Sekarang tidak lagi seperti dulu, di mana sosok guru begitu berwibawa dan terkesan berjarak dengan murid. Memang wibawa tetap harus dijaga, namun Anda juga perlu dekat dengan murid dan menghapus jarak di antaranya.

Guru bisa bertindak sebagai pengajar, di sisi lain, mereka pun bisa menjadi teman yang baik bagi murid-murid. Itu artinya, seorang guru juga harus bisa masuk ke dalam ruang lingkup murid.

Mungkin guru perlu lebih up to date terhadap keadaan, paham betul bagaimana pergaulan anak murid, maupun antusias terhadap apa yang sedang murid-murid gandrungi.

Dengan tidak berjarak, maka biasanya seorang murid akan lebih terbuka terhadap gurunya. Tentu hal ini akan berdampak bagus buat sang guru, karena mereka dapat mengambil langkah tepat untuk menangani murid-muridnya.

2. Humoris

Sepertinya orang-orang yang humoris selalu disukai dan menjadi favorit di masyarakat. Sebagai seorang guru, tak ada salahnya untuk menjadi seorang yang humoris juga.

Melemparkan humor sesekali itu perlu untuk mencairkan suasana kelas. Bisa saja saat Anda menerangkan, murid mulai mengantuk karena topiknya begitu membosankan bagi murid.

Nah, candaan kecil dapat membuat murid tertawa dan membuat mereka segar kembali.

3. Kreatif

Murid menyukai guru yang kreatif. Itu berarti, Anda bisa mengubah metode mengajar menjadi lebih fun.

Misalnya, sesekali Anda mengajak murid-murid untuk belajar di luar ruang kelas, ataupun mengajak murid untuk membuat sesuatu yang ada hubungannya dengan pelajaran.

Dengan begitu, selain pelajaran yang diterangkan akan masuk ke otak murid, secara tidak langsung guru pun membuat murid untuk berpikir lebih kreatif.

4. Ramah

Selain beberapa hal di atas, agar guru disukai oleh murid bisa dengan selalu bersikap ramah. Pada dasarnya, bersikap ramah harus ditujukan pada siapa pun, tidak hanya kepada murid saja.

Saat seorang guru sudah terkenal dengan keramahannya, maka murid tidak akan segan-segan untuk berbincang-bincang dengan guru, bahkan di luar mata pelajaran sekalipun!

Baca Juga:

5. Mengutamakan Kasih Sayang

Dalam hal mendidik, kasih sayang mutlak diperlukan. Murid akan tahu mana guru yang mengajar dengan setulus hati, mana yang hanya meninggalkan soal saja lalu pergi!

Jika guru selalu mengutamakan kasih sayang terhadap murid-muridnya, maka secara tidak langsung Anda sudah mengajarkan kasih sayang pada mereka juga.

Ini adalah sebuah cara mendidik dengan mencontohkan, bukan dengan teori. Karena memang berkasih sayang itu tidak ada teorinya!

Well, di atas merupakan berbagai cara agar menjadi guru yang disukai oleh murid-muridnya. Semoga menginspirasi!

Referensi: Perangkat Guru