Home » Blog » Umum » 13 Cara Mendapatkan Ide Menulis untuk Apapun

13 Cara Mendapatkan Ide Menulis untuk Apapun

Cara Mendapatkan Ide Menulis

13 Cara Mendapatkan Ide Menulis untuk Apapun – Jika Anda seorang penulis, pastinya Anda harus memikirkan ide tulisan dulu kan sebelum menuangkannya ke buku atau blog?

Ide menulis ini sangat penting dalam memulai sebuah tulisan. Apapun tulisannya, baik puisi, cerpen, novel, lirik lagu, jurnal, skripsi, dan lain-lain, kalau tanpa ide, Anda tidak akan tahu akan menulis apa.

Ada yang dengan mudah menemukan ide, ada kalanya juga Anda tidak bisa menemukan ide apapun. Otak terasa buntu untuk menemukan ide.

Satu hal yang harus Anda perhatikan, ide itu harus dicari, bukan ditunggu. Kalau Anda terus berdiam diri dan menunggu, maka Anda tidak akan mendapatkan ide.

Jadi, kalau Anda hendak menulis, Anda mesti aktif mencari ide tersebut. Lalu, bagaimanakah cara mendapatkan ide menulis? Berikut tips dari Solahart Handal yang bisa Anda coba!

1. Pengalaman Pribadi atau Orang Lain

Hal-hal yang sudah Anda ataupun orang terdekat Anda alami, bisa menjadi ide tulisan yang menarik.

Contohnya saja lirik-lirik lagu dari para musisi, kebanyakan isinya berasal dari pengalaman pribadi, maupun teman-temannya. Tapi tak sebatas untuk lirik saja, jenis tulisan yang lain pun bisa.

Jadi, kalau Anda sedang buntu mencari ide, cobalah ingat-ingat pengalaman apa saja yang sudah Anda atau teman Anda alami. Semuanya bisa dijadikan ide kreatif untuk dirangkai menjadi kata-kata.

2. Banyak Membaca

Namanya juga Anda mau menulis, maka Anda harus rajin membaca demi memperkaya pengetahuan maupun perbendaharaan kata.

Akan sangat konyol kalau Anda mau menulis tapi malas membaca, sama saja seperti Anda mau jadi seorang chef tapi tidak tahu bagaimana rasa masakannya.

Saat Anda membaca, Anda bisa saja mendapatkan ide-ide atau pemikiran baru, sehingga bisa Anda kembangkan lagi menjadi tulisan unik yang sama sekali berbeda dari yang Anda baca.

Selain itu, dengan rajin membaca, apalagi tulisan populer, tulisan Anda pun akan semakin nyaman untuk dibaca. Inilah kunci untuk menggaet minat pembaca untuk membaca tulisan Anda sampai habis.

Kalau ide sudah nyantol di kepala, tulislah konsepnya di selembar kertas atau ponsel biar tidak lupa. Setelah itu, baru Anda lanjutkan membaca.

Tapi perlu Anda ingat, meskipun cara mendapatkan ide menulis ini dari hasil bacaan Anda, bukan berarti Anda harus menjiplak tulisannya juga ya.

3. Melakukan Riset

Riset dilakukan supaya hasil tulisannya lebih berbobot dan bermakna. Biasanya ini dilakukan oleh penulis-penulis buku nonfiksi atau pun mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsinya.

Mereka memang harus menjalani riset demi mendapatkan data yang konkret, lalu dirangkai menjadi sebuah kata-kata.

Tapi kalau Anda menulis fiksi, tak ada salahnya juga melakukan riset supaya hasil tulisannya lebih berbobot.

4. Kejadian di Sekitar Anda

Mungkin ini terlihat sepele, tapi siapa sangka kalau kejadian yang biasa Anda alami setiap hari itu bisa Anda jadikan cara mendapatkan ide menulis. Entah itu sedang berjalan, memasak, ngobrol bersama teman, dan lain-lain.

Kalau Anda cukup kreatif, Anda bisa membungkus kejadian yang terlihat biasa itu menjadi sebuah tulisan yang indah dan enak dibaca.

Apalagi kalau ada peristiwa penting yang terjadi di sekitar Anda, cocok banget tuh buat tulisan reportase atau berita.

5. Mencari Referensi Lewat Film Fiksi atau Dokumenter

Kalau Anda mau menulis cerita-cerita seperti cerpen, novel, atau novela, menonton film mungkin bisa dijadikan sebagai bahan referensi Anda untuk mencari ide.

Begitu banyak film yang bisa Anda tonton. Anda bisa kembangkan cerita film tersebut dengan versi Anda.

Jangan lupa, kalau sudah dapat ide, buru-buru ambil kertas atau tulis di notepad biar gak lupa!

6. Mengunjungi Tempat Favorit

Di saat Anda merasa suntuk karena belum mendapatkan ide tulisan satu pun, cobalah datangi tempat-tempat favorit Anda, seperti taman, pantai, dan lain-lain.

Penulis-penulis besar pun biasanya melakukan hal ini di saat suntuk memikirkan ide. Jadi, daripada Anda pusing memikirkan ide di rumah, cobalah refreshing dulu dan datangi tempat favorit Anda. Siapa tahu ide akan lewat.

7. The Power of ‘Kepepet’

Kalau Anda seorang penulis yang sedang dikejar deadline, entah darimana datangnya, ide akan muncul secara tiba-tiba saat deadline sudah mepet.

Bahkan tak hanya penulis saja, mahasiswa yang sedang menjalani skripsi pun akan mendapat ide mendadak di saat kepepet.

Nah, inilah yang dinamakan the power of ‘kepepet’. Di saat deadline masih lama, Anda mungkin terlihat santai-santai saja. Namun, di saat mendekati deadline, otak Anda diperas semaksimal mungkin demi menemukan ide. Hingga akhirnya, munculah ide tersebut.

Sebenarnya ide yang muncul menjelang deadline ini bagus juga. Namun, terkadang hasilnya kurang maksimal karena terlalu buru-buru.

Jadi, untuk mengatasinya Anda bisa buat deadline Anda sendiri, misal seminggu sebelum deadline sebenarnya, supaya Anda bisa mengoreksi kembali tulisan Anda dan tidak terburu-buru.

8. Mendengarkan Musik

Beberapa orang bisa lebih berkonsentrasi saat mendengarkan musik. Nah, kalau Anda termasuk dalam tipe ini, cobalah dengarkan lagu-lagu favorit Anda. Pahami makna liriknya dan ikuti alunan nadanya.

Dengan begitu, ide sewaktu-waktu akan melintas. Dan jangan lupa, catat dahulu di kertas atau smartphone supaya tidak hilang begitu saja.

9. Bergaul dengan Sesama Penulis

Namanya juga penulis dengan cerita yang berbeda, pasti mendapatkan idenya juga berbeda. Nah, cobalah Anda berteman dengan para penulis tersebut. Bisa dari sosial media, ataupun bertemu langsung.

Anda juga bisa mengikuti seminar-seminar yang diadakan oleh salah satu penulis. Di situ, Anda bisa meminta atau mendapatkan tips-tips dari si penulis tentang bagaimana cara mendapatkan ide menulis, apa yang dia lakukan, ilmu menulis, dan lain-lain.

So, kalau Anda mengikuti sarannya, Anda akan dengan mudah mendapatkan ide, karena Anda belajar dari master ide!

10. Paksa Menulis

Meskipun sesuatu yang dipaksakan hasilnya akan kurang bagus, tidak masalah. Di sini Anda belajar untuk mengeluarkan ide sebanyak mungkin dan sesering mungkin.

Jika Anda sudah terbiasa menciptakan ide-ide baru yang brilian, bukan tidak mungkin saat dibutuhkan ide itu akan muncul dengan mudahnya. Sudah pasti, karena Anda terbiasa.

Prinsipnya, bisa karena biasa!

11. Peristiwa yang Lagi Viral

Peristiwa-peristiwa yang sedang hangat diperbincangkan atau viral, bisa juga dijadikan sebagai ide menulis. Biasanya ini dilakukan oleh wartawan-wartawan yang sedang mengejar berita.

Untuk menulis sebuah berita, mereka tentunya harus bisa mengetahui peristiwa yang sedang terjadi.

Tetapi tak hanya wartawan saja, kalau Anda seorang penulis cerita, baik itu cerpen atau novel, peristiwa yang sedang terjadi ini bisa Anda masukkan dalam ide cerita Anda, lalu bisa Anda kombinasikan dengan imajinasi Anda.

12. Mimpi

Mungkin ini terdengar aneh, tapi percayalah, mimpi bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan ide menulis.

Seperti novel Twilight karya Stephenie Meyer, dia mendapatkan ide ceritanya berdasarkan mimpi yang dialaminya.

Dunia mimpi itu tidak terbatas, jadi Anda bisa mendapatkan ide secara tidak sengaja. Atau bahkan ide dari mimpi tersebut adalah hal yang belum pernah Anda bayangkan sebelumnya.

13. Minta Pendapat

Kalau Anda sudah mentok banget dan belum menemukan cara mendapatkan ide menulis sama sekali, tak ada salahnya untuk meminta pendapat ke orang lain, seperti teman, keluarga, bahkan kekasih. Siapa tahu saja, mereka memiliki sebuah ide yang belum terpikirkan oleh Anda sebelumnya

Itulah beberapa cara mendapatkan ide menulis yang bisa Anda gunakan untuk jenis tulisan apapun. Sebenarnya tidak sulit mencari ide, karena ide bisa datang darimana saja. Karena itu, Anda harus pintar-pintar memanfaatkan momen di saat menemukan ide menulis.