Home » Blog » Sosial » 5 Cara Agar Disukai oleh Atasan yang Perlu Anda Lakukan

5 Cara Agar Disukai oleh Atasan yang Perlu Anda Lakukan

cara agar disukai atasan

5 Cara Agar Disukai oleh Atasan yang Perlu Anda Lakukan – Menyenangkan hati seseorang itu adalah perbuatan yang baik, termasuk menyenangkan atasan Anda. Lalu bagaimana cara agar disukai atasan?

Kerja keras saja kadang tidak cukup untuk menyenangkan atasan, butuh hal lain yang dapat menarik simpati atasan Anda. Tapi Anda perlu menyadari dulu ya, menyenangkan boss tidak berarti Anda menjilat. Bedakan kedua hal tersebut!

Meskipun disukai atasan bisa menjadi keuntungan tersendiri buat Anda, namun bukan itu tujuannya. Sebaiknya niatkan supaya kondisi lingkungan kerja Anda menjadi lebih menyenangkan, pada akhirnya Anda akan lebih semangat bekerja.

So, cara apa saja yang perlu dilakukan agar seorang karyawan lebih disukai oleh atasan?

Komitmen Terhadap Pekerjaan

Menjaga komitmen itu penting dalam hal apapun, termasuk pekerjaan yang sedang Anda lakukan. Atasan sangat suka dengan karyawan yang berkomitmen tinggi terhadap pekerjaannya.

Komitmen ini mencakup berbagai hal, misalnya waktu, Anda sebaiknya datang lebih pagi dan pulang jangan terlalu pas waktu. Selain itu, selama jam kerja Anda tidak membuang-buang waktu produktif dengan bergosip, atau sibuk dengan smartphone Anda.

Jika komitmen kerja ini Anda lakukan secara konsisten dari ke hari, Anda akan lihat perubahan sikap atasan terhadap Anda. Pasti penilaiannya akan jauh lebih positif kepada Anda.

Ikuti Perintah Atasan

Bos tidak suka dengan karyawan yang membangkang atau selalu melawan kebijakannya. Anda perlu ingat, atasan Anda adalah seseorang yang dipercaya perusahaan untuk memimpin karyawan lainnya. Sehingga, jika Anda menuruti atasan, itu sama saja dengan patuh terhadap kebijakan perusahaan.

Jika Anda selalu patuh perintah atasan Anda, nantinya Anda bakal dapat simpati dari atasan dalam hal apapun, bukan hanya soal pekerjaan saja.

Cuma Anda juga perlu selektif dalam hal ini, ada juga lho bos yang semena-mena memanfaatkan jabatan demi kepentingan pribadi. Jadi oknum ini memanfaatkan anak buahnya untuk sesuatu yang tak ada hubungannya dengan pekerjaan. Untuk hal ini mungkin Anda bisa sedikit memberontak, namun lakukan penolakan dengan cara yang elegan atau diplomatis.

Baca Juga: 10 Profesi Cowok yang Dianggap Keren di Mata Cewek

Jangan Terlalu Mengandalkan Bos

Anda perlu mengamati bagaimana cara bos Anda dalam bekerja, apakah ia suka untuk selalu terlibat (bahkan dalam hal sepele), atau ia tidak mau ribet dengan urusan yang sepele.

Jika bos Anda adalah tipe yang tidak suka menangani masalah sepele, maka Anda tidak bisa bergantung dengan bos Anda.

Lakukanlah apa yang bisa Anda lakukan, dan pecahkan sendiri masalah jika Anda mampu. Dengan begitu, atasan akan melihat bahwa semua seolah berjalan baik-baik saja. Namun Anda juga perlu selektif dalam melihat sebuah masalah, adakalanya sebuah masalah wajib melibatkan atasan.

Intinya dari poin ini, Anda tidak sedikit-sedikit minta bantuan ke atasan soal pekerjaan. Dan lagi, jika semua masalah bisa Anda atasi, maka pekerjaan atasan akan lebih ringan. Pada akhirnya Anda akan dapat kepercayaan penuh dari atasan Anda.

Selain itu, bos juga akan memandang Anda sebagai seorang yang mandiri dan problem solver. Biasanya karyawan seperti ini yang cepat naik jabatan.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Keluarga bagi Ibu Rumah Tangga

Tanggung Jawab Terhadap Pekerjaan

Tanggung jawab dalam pekerjaan merupakan salah satu cara agar disukai atasan. Untuk itu, jangan sampai Anda menghindar dari apa yang sudah menjadi tanggung jawab Anda.

Pekerjaan tidak selalu berjalan mulus, terkadang ada saja masalah yang terjadi, termasuk kesalahan kerja (human error). Tapi, kesalahan akan bertambah parah saat Anda melempar tanggung jawab.

Jika Anda salah dalam suatu pekerjaan, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah meminta maaf kepada atasan, dan berusaha untuk membereskan masalah tersebut.

Saat kesalahan tersebut bisa Anda handle, maka atasan akan melihat Anda sebagai sosok yang bertanggung jawab dan layak untuk memikul beban yang lebih berat lagi. Namun bukan berarti Anda terus-menerus boleh melakukan kesalahan lagi.

Baca Juga: 5 Jenis Bidang Pekerjaan yang Ada di Masyarakat

Jujur

Cara agar disukai atasan terakhir adalah dengan menerapkan prinsip kejujuran dalam setiap pekerjaan yang Anda lakukan.

Sudah pasti, semua atasan menyukai karyawan yang jujur. Tidak hanya itu, orang yang jujur juga akan disukai dimana pun ia berada.

Kejujuran adalah modal utama dalam bekerja. Bahkan, banyak atasan yang menilai poin ini begitu penting, sehingga mereka hanya butuh karyawan yang jujur meski tak begitu terampil, daripada pekerja terampil namun tidak memiliki kejujuran.

Contoh kecil dari ketidakjujuran adalah mark up harga peralatan kantor. Ini sering sekali terjadi, meskipun jumlahnya tidak seberapa. Namun, kegiatan negatif ini tetaplah bentuk korupsi yang akan ada konsekuensinya.

So, junjung tinggi kejujuran jika Anda mau disukai oleh atasan dan orang-orang disekeliling Anda.

Beberapa cara di atas perlu Anda terapkan agar karyawan disukai oleh atasan. Semoga bermanfaat!