Home » Blog » Ikan Hias » Bucephalandra Aquascape: Si Cantik yang Tangguh

Bucephalandra Aquascape: Si Cantik yang Tangguh

Bucephalandra aquascape

Bucephalandra Aquascape: Si Cantik yang Tangguh – Bucephalandra adalah tanaman yang relatif baru di dunia aquascape. Tanaman air ini termasuk tanaman cahaya rendah dan sangat mudah perawatannya.

Ada lebih dari 30 spesies tanaman buce (singkatan dari bucephalandra).

Bucephalandra aquascape adalah bagian dari Araceae yang merupakan keluarga tanaman berbunga monokotil. Tanaman ini asli perairan tropis dan mudah dijumpai di sungai dan aliran air Kalimantan.

Sistem akar mereka kuat dan cukup untuk menahan arus air yang deras. Buce mengunci diri dengan erat ke dalam hardscape dan dapat menjadi spesies yang sangat tangguh untuk aquascape.

Mengenal Tanaman Aquascape Bucephalandra

Tanaman aquascape ini memiliki banyak spesies, masing-masing dengan warna, ukuran, dan bentuknya sendiri. Mereka cukup beragam dan dapat tumbuh di dalam dan di luar air.

Mereka terlihat sangat eksotis dengan daun hijau kebiruan dan bagian bawah dengan bintik-bintik putih, merah atau kuning.

Baca Juga: Tanaman Aquascape Warna Merah

Tanaman Buce memiliki akar yang cukup kuat, cocok untuk ditanam pada bagian bawah aquascape. Mereka bisa tumbuh sampai 25 cm atau lebih.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa bucephalandra aquascape adalah tanaman yang tumbuh sangat lambat, sehingga mencapai ukuran maksimum 25 cm bisa memakan waktu cukup lama.

Bucephalandra tidak hanya terkenal sebagai salah satu tanaman air yang paling indah karena daunnya, tetapi juga bunganya.

Sebagian besar spesies bucephalandra memiliki daun hijau, meskipun beberapa memiliki warna lain yang tercampur.

Tergantung pada jenis yang Anda beli, banyak spesies tanaman ini yang warnanya tidak terlalu cerah.

Biasanya, daun baru muncul dengan warna cerah tetapi mulai memudar seiring bertambahnya usia daun. Trik untuk memastikan daun tampak selalu cerah adalah dengan menumbuhkannya dalam rumpun.

Untuk melakukannya, Anda membutuhkan nutrisi, pencahayaan, dan CO2 yang cukup.

Apa yang menakjubkan tentang warna tanaman ini adalah mereka tampak berwarna-warni. Itu berarti mereka berkilau dan memantulkan warna pelangi pada sudut yang berbeda.

Mereka dapat dicelupkan atau ditenggelamkan, dan dapat beralih di antara keduanya sepanjang tahun. Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa tanaman yang terendam cenderung berwarna lebih cerah.

Beberapa jenis bucephalandra yang terkenal antara lain: Brownie Brown, Wavy Green, Titan, Godzilla, Hades, Theia green, Deep blue, Red min, Velvet, Dark wave, Brownie Purple, Super Blue, dan Brownie firebird.

Baca Juga:

Habitat Alami

Bucephalandra adalah tanaman hardy yang cukup mudah perawatannya, itu karena tanaman ini dapat mentolerir iklim ekstrim.

Perairan tropis sepanjang hutan hujan Kalimantan adalah lokasi banyak ditemukannya Bucephalandra. Tapi di seluruh Indonesia juga kerap ditemukan si buce ini, terutama di sungai-sungai.

Well, itulah sekilas tentang Bucephalandra yang cocok untuk menjadi penghias aquascape Anda. Selain tumbuhan air ini cantik, mereka juga tergorolong tanaman yang cukup kuat.